Authors:

Putu Teguh Krisna Putra, Ni Kadek Ayu Wirdiani

Abstract:

“Pengolahan citra digital merupakan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan kualitas citra dan proses identifikasi citra untuk memperkaya informasi yang bersumber pada citra tersebut. Penulisan ini bertujuan untuk membandingkan metode deteksi tepi pada pengolahan citra digital. Deteksi tepi merupakan sebuah proses di mana proses tersebut berfungsi untukmendeteksi garis tepi yang membatasi dua wilayah citra. Deteksi tepiitu sendiri bertujuan untuk menandai bagian yang menjadi detail citra, dan memperbaikiserta mengubah citra. Penulisan ini membahas tentang perbandingan hasil deteksi tepi dengan metode Canny, Sobel dan Robert dengan menggunakan aplikasi Delphi 7. Perangkat lunak yang digunakan adalah Borland Delphi 7Enterprise sebagai bahasa pemrogramannya. Hasil dari perbandingan ketiga metode tersebut adalah metode Canny lebih baik dalam melakukan pengolahan kualitas citra untuk penghitungan deteksi tepi karena output dari metode Canny memiliki batas dan tepi yang lebih jelas. Kata Kunci: Pengolahan Citra, Deteksi Tepi, Canny, Sobel, Robert, Delphi 7”

Keywords

Pengolahan Citra, Deteksi Tepi, Canny, Sobel, Robert, Delphi 7

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/merpati/full-17893

Published

2016-01-15

How To Cite

TEGUH KRISNA PUTRA, Putu; AYU WIRDIANI, Ni Kadek. Pengolahan Citra Digital Deteksi Tepi Untuk Membandingkan Metode Sobel, Robert dan Canny.Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: https://jurnal.harianregional.com/merpati/id-17893. Date accessed: 08 Jul. 2024.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

Vol. 2, No. 2, Agustus 2014

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License