Authors:

Putu Eka Trisna Yanti, I Wayan Gede Supartha

Abstract:

“Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasional dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (OCB) pada guru SMAN 2 Semarapura. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru tetap, tidak termasuk kepala sekolah yang bekerja di SMAN 2 Semarapura berjumlah 50 orang, dan diteliti keseluruhannya (sampling jenuh). Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert 5 poin untuk mengukur 13 item pertanyaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan program SPSS 13.00 for windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior. Pihak sekolah harus selalu memperhatikan komitmen organisasional dan tingkat kepuasan kerja yang dirasakan oleh guru. Hal ini bertujuan agar guru memiliki rasa nyaman dan akan lebih meningkatkan organizational citizenship behavior.”

Keywords

Keyword Not Available

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/manajemen/full-27105

Published

2017-02-09

How To Cite

YANTI, Putu Eka Trisna; SUPARTHA, I Wayan Gede. PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB).E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 721 - 747, feb. 2017. ISSN 2302-8912. Available at: https://jurnal.harianregional.com/manajemen/id-27105. Date accessed: 08 Jul. 2024.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

Vol 6 No 2 (2017)

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License