Authors:

Devi Puspitawati, Ni Wayan Mujiati

Abstract:

“Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya keterlibatan sumber daya manusia pada Kantor Camat Kecamatan Mengwi dalam pencapaian tujuan. Untuk mencapai tujuan organisasi dapat diwujudkan dengan mengelola sumber daya manusia melalui upaya peningkatan kepuasan kerja. Kepuasan dapat dipengaruhi oleh work-life balance dan motivasi kerja dalam diri karyawan. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis motivasi kerja dalam memediasi pengaruh work-life balance terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan di Kantor Camat Kecamatan Mengwi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan negeri sipil di Kantor Camat Kecamatan Mengwi sebanyak 51 orang karyawan negeri sipil, pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh. Pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data adalah teknik analisis path. Hasil analisis menunjukkan bahwa Work-life balance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, Work-life balance berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, Motivasi kerja berperan positif dan signifikan dalam memediasi work-life balance terhadap kepuasan kerja. Saran penelitian ini sebaiknya Kantor Camat Kecamatan Mengwi mengevaluasi kembali beban kerja yang diberikan kepada karyawannya, memberikan jam kerja yang sesuai dengan peraturan pemerintah dengan ketentuan 8 jam kerja dan memberikan pelatihan atau diklat secara berkala dan efektif. Kata kunci: Motivasi Kerja; Work-Life Balance; Kepuasan Kerja”

Keywords

Motivasi Kerja; Work-Life Balance; Kepuasan Kerja

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/manajemen/full-101258

Published

2023-06-15

How To Cite

PUSPITAWATI, Devi; MUJIATI, Ni Wayan. MOTIVASI KERJA MEMEDIASI PENGARUH WORK-LIFE BALANCE TERHADAP KEPUASAN KERJA DI KANTOR CAMAT KECAMATAN MENGWI.E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 5, p. 460 - 480, june 2023. ISSN 2302-8912. Available at: https://jurnal.harianregional.com/manajemen/id-101258. Date accessed: 22 May. 2024. doi:https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i05.p02.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

Vol 12 No 5 (2023)

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License