JITTER- iJurnal iIlmiah iTeknologi idan iKomputer iVol.4, iNo.1, April 2023.

Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) Pada Bidang Distributor Menggunakan Odoo 14 (Studi Kasus Janar Vp)

Anak Agung Ketut Krishna Dwipayanaa1, Gusti Made Arya Sasmitaa2, Dwi Putra Githaa3 aProgram Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Indonesia e-mail: 1 [email protected], 2 [email protected], 3 [email protected]

Abstrak

Perkembangan teknologi sangat mempengaruhi dunia bisnis, salah satunya adalah perusahaan Janar Vp. Janar Vp perusahaan yang bergerak dibidang dibidang penjualan alat vape. Sistem pencatatan penjualan perusahaan Janar Vp masih manual dicatat menggunakan Excel, sehingga menimbulkan masalah efisiensi dan masalah keamanan data. Odoo merupakan software berbasis Enterprise Resource Planning yang mampu mengatasi permasalahan dalam perusahaan Janar Vp. Implementasi Odoo sebagai sistem perusahaan bertujuan untuk meningkatkan keamanan data dan memudahkan perusahaan dalam berbagai kegiatan bisnis. Modul yang dikembangkan pada perusahaan Janar Vp diantaranya Sales, Inventory, Invoicing, Purchase dan Website. Berdasarkan hasil analisis, implementasi Odoo ERP dapat dengan mudah mengintegrasikan data dari setiap modul yang diterapkan sehingga sistem Odoo mampu mengatasi permasalahan efisiensi dan permasalahan efektivitas yang terdapat pada perusahaan.

Kata kunci: Teknologi, Penjualan, Odoo, ERP, Implementasi

Abstract

Technological developments greatly affect the development of business processes, one of which is Janar Vp. Janar Vp is a company engaged in the field of selling vape equipment. The Janar Vp company's sales recording system is still manually recorded using Excel, causing efficiency problems and data security problems. Odoo is a software based on Enterprise Resource Planning that is able to solve problems within the company Janar Vp. Implementation of Odoo as an enterprise system aims to improve data security and facilitate companies in various business activities. The modules developed at the Janar Vp company include Sales, Inventory, Invoicing, Purchase and Website. Based on the results of the analysis, the implementation of Odoo ERP can easily integrate data from each applied module so that the Odoo system is able to overcome efficiency and effectiveness problems that exist within the company.

Keywords : Technology, Sales, Odoo, ERP, Implementation

ipermasalahan iefisiensi idan iefektivitas idalam ipencatatan idata. iPenelitian idengan ijudul i“Implementasi iERP iPada iModul iSales iManagement iMenggunakan iOdoo i11 i(studi ikasus: iFlowride_SC) imerupakan ipenelitian imengenai isistem iERP iOdoo isebagai isolusi imengatasi imasalah idan ipenelitian iini imenghasilkan isistem iyang imampu imembantu iperusahaan imengelola ibagian ipenjualan, ipembelian, idan imanagement ibarang iGudang idengan ibaik[4]. iPenerapan isoftware iaplikasi ibisnis iberbasis iERP idapat imenjadi isolusi idalam imengatasi ipermasalahan iperusahaan iJanar iVp. iImplementasian iaplikasi iEnterprise iResouce iPlanning i(ERP) imenggunakan iOdoo i14 imerupakan isolusi itepat idalam imengatasi ipermasalahan idalam iperusahaan iyang iterjadi isaat iini. iOdoo imerupakan isalah isatu iperangkat ilunak iERP iyang isifatnya imerupakan iaplikasi iopen isource isehingga isangat ibaik iapabila iditerapkan idengan isituasi iperusahaan isaat iini, isehingga idapat imengurangi ibiaya iyang idikeluarkan idalam ipengembangan isistemnya[5]. iModul iyang iakan iditerapkan ipada iperusahaan iJanar iVp iadalah iModul iWebsite, iModul iInventory, iModul iInvoicing, iModul iPurchase idan iModul iSales. iImplementasi iERP iOdoo iversi i14 idapat idengan imudah imengintegrasikan idata isecara ikeseluruhan idari isetiap imodul iyang iditerapkan isehingga isistem iOdoo imampu imengatasi ipermasalahan iefisiensi idan iefektivitas iyang iterdapat ipada iperusahaan.

  • 2.    Research Method / Proposed Method

Metodologi penelitian merupakan panduan dasar untuk melakukan sebuah penelitian dimana metodologi penelitian menjadi tahapan awal sebuah penelitian. Penelitian yang dilaksanakan yaitu penelitian pengimplementasian Enterprise Resource Planning (ERP) pada perusahaan Janar Vp menggunakan software Odoo 14.

Gambar 1. Tahapan Alur Penelitian

Tahapan alur penelitian ini dimulai dengan melakukan identifikasi masalah, studi literatur, pengumpulan data dengan metode wawancara dan observasi lapangan, pengolahan

data dengan melakukan perancangan sistem, melakukan pengujian sistem dan implementasi sistem, serta menarik simpulan dan saran pada penelitian yang telah dilakukan.

  • 2.1.    Gambaran Umum

Gambaran umum merupakan gambaran keseluruhan dari sistem ERP yang akan diimplementasikan pada Janar Vp Ditributor menggunakan software Odoo 14.

Pengiriman Barang

Form Purchase Order.

FormBukti Pembakaran


Form Bukti Psmbayarati

Form Delivery Order Supplier, Form Tagihan Supplier

FormDeliveiyOrder Supplier. Form Tagihan Supplier

Validasi Purchase Order, Regi strasi Pembayaran.

Draft Receive Order


DraftPurchase Order. Data Stok Ptoduk



odoo

VaHdasi Pemesanan (Quotation), Pembuatan Invoice Customer, Melakukan Registrar Pembavaran

Data Prcduk.

DraftReceive Order. Draft Delivery Order

Confirm Delivery' Order. Validasi Delivery Order, Validasi Receive Order, DraftPurchase Order.

Create Update Delete Data Produk

Gambar 2. Gambaran Umum Sistem


Bill Customer, Invoice Customer. S talus Pemesanan

Login, Data Pemesanan Barang (Draft Quotation). Pengecekan StatusPemesanan

Alur proses dimulai dari customer melakukan interaksi dengan sistem untuk melakukan transaksi pembelian, admin sales berinteraksi dengan sistem untuk melanjutkan tahapan proses transaksi customer, admin purchase berinteraksi dengan sistem untuk melakukan pembelian barang ke supplier, admin inventory melakukan interaksi dengan sistem untuk proses pengiriman barang dan penerimaan barang, dan owner dapat mengakses semua laporan transaksi melalui sistem.

  • 2.2.    Diagram Konteks

Diagram konteks merupakan gambaran alur data aplikasi secara garis besar atau secara keseluruhan. Diagram konteks dibuat untuk menghasilkan sumber informasi alur data yang dibutuhkan dan tujuan yang ingin dihasilkan[8]. Berikut ini merupakan diagram konteks untuk sistem informasi pada Janar Vp Distributor.

Gambar 3. Diagram Konteks

Terdapat enam entitas yang terlibat yaitu Customer, Sales, Purchase, Inventory Supplier dan Owner. Customer akan melakukan inputan berupa data pemesanan barang dan data customer. Sales menerima data pemesanan berupa draft quotation untuk selanjutnya dilakukan validasi dan pembuatan invoice. Sales melakukan input data pembayaran ke sistem dan invoice customer diterima bagian inventory sebagai draft delivery order. Admin inventory bertugas untuk melakukan pengelolaan data produk pada sistem, pembuatan draft purchase order, menerima draft delivery order, menerima draft receive order, melakukan validasi delivery order, validasi receive order dan mengirimkan update data produk. Purchase menerima pengajuan pembelian barang dari Inventory berupa data draft purchase order untuk selanjutnya form delivery order Supplier sebagai bukti pembelian barang ke supplier. Owner akan menerima laporan keseluruhan dari transaksi dari setiap modul.

  • 2.3.    Data Flow Diagram

Data Flow Diagram merupakan diagram alur data yang menggambarkan lingkup sistem secara umum pada ditributor. Berikut merupakan Data Flow Diagram untuk sistem ERP pada Janar Vp Distributor.

DraftQuotation

Invoice. Data Bembayarati


Invoice, Data Pembayaran

Invoice, Data Petnbayaran

Sales'

DO, Receive

Data Stok, Da ta product Delivery Order, Receive Order, Draft Purcha se Order

Data Eroduc t

DO. Receive

Data Barang

Data Sales

Gambar 4. Data Flow Diagram


Data Produk Γerse<ħa

DataCustomers, DraftQuotation


Data Stock, Data Product Draft Delivety Order, DraftReceive Order


Purchase Order, Data Pembayaran


Draft Purchase Order


DraftQuotation


Draft Quotation


Data Customet


Data Stok.

Data EVoduk


Data Produc t


Data Customer


Data Stok, Data ProducL Draft Purcha se Order


Purchase Order, Data Pembayatan


Purchase Order, Data Pembavaian


Terdapat enam proses yaitu proses Website, proses Sales, proses Invoice, proses Purchase, proses Inventory dan proses Laporan. Proses pertama adalah proses Website proses ini akan menerima data inputan customer berupa data customer dan draft quotation. Invoice akan menerima data sales order, bagian inventory akan menerima data stok, data produk, draft delivery order dan draft receive order. Inventory dapat melakukan input data berupa data stok, data produk, form delivery order, form receive order dan draft purchase order. Purchase akan menerima draft purchse order dan melakukan inputan berupa data purchase order dan data pembayaran.

  • 3.    Literature Study

Studi literatur merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan data untuk selanjutnya data diolah sebagai bahan penelitian. Data yang diolah dalam penelitian ini berkaitan dengan ERP menggunakan software Odoo, studi literatur dapat diperoleh melalui banyak Jurnal, makalah, buku, atau publikasi ilmiah merupakan tempat yang baik untuk mendapatkan dukungan landasan teori suatu penelitian [6]. Tinjauan literatur untuk penelitian ini didasarkan pada karya Aries Munandar AM DKK yang dipublikasikan dalam jurnal Application of Mobile Sales and Inventory Information Systems and Accessories Using Enterprise Resource Planning (Erp) Resource Planning (Studi Kasus: Nahda Cell Store) [7]. Tujuan dari penelitian selanjutnya, “Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) pada Modul Manajemen Penjualan Menggunakan Odoo 11 (studi kasus: Flowride SC),” adalah untuk membuat sistem untuk mengelola sistem penjualan, pembelian, dan inventaris gudang secara efisien [ 4].

  • 4.    Result and Discussion

Hasil dan pembahasan mengenai implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) yang terdiri dari konfigurasi database, pemaparan proses yang terjadi pada setiap modul dan tampilan user interface.

  • 4.1.    Konfigurasi Database

Basis data adalah kumpulan potongan informasi yang terhubung yang digunakan untuk

menyimpan dan mengelola data [9]. Buat database sebagai bagian dari proses penyiapan awal untuk mengaktifkan penggunaan aplikasi Odoo. Pengaturan basis data mencakup pembuatan

pemulihan, pencadangan, duplikasi, penghapusan, dan perubahan kata sandi untuk basis data.

Create Database


Gambar 5. Membuat Database Baru

Gambar 5 merupakan pembuatan database yang dimulai dengan memasukkan master password sebagai kata sandi untama untuk mengakses keseluruhan database yang telah dibuat, nama database yang ingin dibuat, kemudian memasukkan alamat email beserta password sebagai kata sandi untuk login ke aplikasi odoo yang terhubung dengan database tersebut. Langkah selanjutnya adalah memasukkan nomor handphone dan memilih bahasa yang akan digunakan beserta negara.

Gambar 6. Login Odoo

Gambar 6 merupakan tampilan form login untuk masuk ke dalam sistem Odoo. Pilihan email merupakan perintah untuk memasukkan email yang telah didaftarkan pada Odoo, dan password yang telah dibuat sebelumnya.

  • 4.2.    Modul Sales

Modul iSales imerupakan imodul iyang idigunakan iuntuk ipengelolaan idan ipengklasifikasian ipesanan ipenjualan iseperti imembuat ipesanan ibaru idan imeninjau ipesanan iyang isudah iada. iPembuatan ipesanan ipenjualan i(Sales iOrder) isecara ilengkap imulai idari iQuatation ipelanggan, ipesanan ipenjualan, ipembuatan iinvoice iuntuk

ipembayaran idown ipayment i(DP), ipembuatan iinvoice iuntuk ipembayaran isecara ipenuh idan ireport ipenjualan. iBerikut imerupakan itahapan iyang iterdapat ipada imodul isales.

Invoice Address

Aegis Legend ZUUw - Blue

[Delivery_007] Free delivery charges

jo to Settingstc

Gambar 7. Pembuatan Quotation Sales


Vape X Singaraja, Vape X Singaraja jl Singaraja kota

Singaraja BA 80119

Vape X Singaraja, Vape X Singaraja

Delivery Address


Vape X Sinqaraja1 Vape X Sinqaraia

Gambar 7 merupakan tampilan Quotation pemesanan produk dimana pemesanan produk dilakukan secara online melalui website Janar Vp Distributor, Quotation secara otomatis masuk ke menu Quotation pada modul Sales. Quotation terdiri dari nama pelanggan, alamat pemesan, alamat pengiriman, dan data produk yang dipesan.

Gambar 8. Pembuatan Invoice

Gambar 8 merupakan tampilan Tiga kemungkinan invoice adalah Down Payment (Persentase), Down Payment, dan Regular Invoice (Fixed Amount). Regular Invoice merupakan pembayaran yang dilakukan secara penuh, Down Payment (Persentase) merupakan pembayaran yang dilakukan secara proporsional dengan jumlah yang harus dibayar, dan Down Payment (Fixed) merupakan pembayaran yang dilakukan dalam jumlah nominal yang telah dibulatkan ke atas atau ke bawah berdasarkan preferensi pelanggan untuk jumlah total yang harus dibayar.

Gambar 9. Register Payment

Gambar 9 merupakan menu Register Payment digunakan untuk melakukan registrasi pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan. Register Payment terdiri dari jumlah pembayaran metode pembayaran, tanggal pembayaran, dan memo yang berisi nomor invoice transaksi pelanggan.

Sales Orders Tolnvoice Products Reporting Configuration                                                                   ⅛β O ^BAnakAgungKtKrishnaDwipayana

Sales Orders f S00014 ∕ WH/OUT/00013

WH/OUT/00013

DeliveryAddress VapeXSingarajalVapeXSingaraja                         ScheduEedDate         05/15/2021 15:00:00

Deadline               05/15/2021 15:00:00

Source Document      S00014

Operations Additional Info Note

Product                                              Demand              Reserved                     Done UnitofMeasure

AegisLegendZOOw-BIue                                         10.00                  10.00 ⅛t                     0.00 Units

Gambar 10. Pengiriman Barang

Gambar 10 adalah form dari proses pengiriman barang, pada form tersebut terdapat produk-produk yang akan dikirim dari Janar Vp Distributor ke tempat tujuan pengiriman. Produk-produk yang akan dikirimkan dapat dicek oleh sales admin dan dibuatkan surat jalan pengiriman produk.

Gambar 11. Surat Jalan

Gambar 11 merupakan tampilan surat jalan pengiriman produk, dimana terdapat data berupa kode transaksi, barang yang dipesan, jumlah pemesanan barang, nama pemesan alamat pemesanan, nomor telepon pemesan dan tanggal pengiriman.

  • 4.3.    Modul Purchase

Modul Purchase adalah modul untuk melakukan pembelian barang ke supplier. Pengelolaan pesanan pembelian dikelola dengan lengkap melalui sistem Odoo pada modul Purchase. Proses dimulai dari tahap request for quotation.

Gambar 12. Pembuatan Quotation Purchase


05/10/2021 12:15:5C

05/10/2021 12:00:00

∏ Ask confirmation


•f Aegis Legend 200w - Blue Aegis Legend 2OOw - Blue

⅛ Aegis Legend 200w - Brown Aegis Legend 2 00w - Brown

Add a product Add a section Add a note

Gambar 12 merupakan tampilan form untuk pembuatan Request for Quotations yang terdiri dari nama produk yang dipesan, jumlah pesanan, tanggal, harga, dan total harga keseluruhan pembelian. Pilihan Confirm Order digunakan untuk mengkonfirmasi pesanan sehingga status berubah menjadi Purchase Order.

Purchase Orders ∕ PO0009

  • □ Create                                                       θ Print β Action

Send po ⅛ Ernail Create Bill Cancel Lock

r                                                    I

Receipt

Purchase Order

√⅛ P00009

Vendor                 GeeKVapeIndonesia                                     ConfirmationDate 05/10/2021 12:18:45

VendorReference                                                               ReceiptDate           05/10/2021 12:00:00

I □ Askconflrmation

Products Other Information

Product                     Description                      Quantity Received          Billed UoM UnItPrice Taxes Subtotal i

Aegis Legend 200w-Blue      Aegis Legend 200w-Blue               20.00           0.00           0.00 Units        280,000.00 CEED       Rp 5,600,000     ∖

Aegis Legend 200w-Brown    Aegis Legend 200w-Brown              20.00           0.00           0.00 Units        280,000.00 CESD       Rp 5,600,000     ∖

Untaxed Amount:       Rp 11,200,000

Taxes:        Rp 1,120,000

Total: Rp 12,320,000

Gambar 13. Purchase Order

Gambar 13 merupakan tampilan form Purchase Order setelah form Request for Quotations dikonfirmasi. Pilihan Send PO by Email digunakan untuk mengirimkan Purchase Order via email ke supplier. Pilihan Receive Products digunakan untuk melakukan input jumalh barang yang telah diterima dari supplier dan pilihan Cancel digunakan untuk membatalkan pesanan.

  • 4.4.    Modul Inventory

Modul Inventory digunakan untuk mengelola barang ke pelanggan, penerimaan barang

dari supplier, persediaan barang, dan mengelola penyimpanan produk. Modul Inventory dapat

mengelola ketersediaan suatu barang berdasarkan minimun quantity dan maximun quantity

agar menghindari terjadinya kelebihan atau kekurangan stok produk.

Inventory Overview ∕ Janar Vape Distributor: Receipts ∕ WH/IN/00010

« Inventory

Ovetview Operations Products Reporting

RUA bead Rabbit Ni (RUA Uead Rabbrt V2 - black Mate;

RDA Dead Rabbit V2 (RDA Dead Rabbit V2 - Gold)

RDA Dead Rabbit V2 (RDA Dead Rabbit V2 - Stainless Stell)

RDA Dead Rabbit V2 (RDA Dead Rabbit V2 - Gun Metal)

Gambar 14. Penerimaan Barang

Gambar 14 merupakan itampilan iproses ivalidasi ipenerimaan ipesanan idapat idilakukan imelalui imodul iInventory, imasuk imenu iReceipts idan ipilih ikode itransaksi iyang iakan idiproses iuntuk imendapatkan idaftar iproduk iyang iakan iditerima idari isupplier. iTombol ivalidate idigunakan iuntuk imenyetujui ipenerimaan iproduk idari isupplier.

  • 4.5.    iModul iInvoice

Modul iInvoice imerupakan imodul iyang iberfungsi isebagai ipencatatan isecara iotomatis idari iseluruh itransaksi iyang idilakukan idi imodul iSales. iInformasi iyang iditampilkan ipada imodul iInvoice idapat idikelompokan imelalui iopsi igroup iby idan iopsi ifilter.

□ Number         Customer                                         InvoiceDate DueDate TaxNumber NextActivity TaxExcIuded           Total Status PaymentStatus


INV/2021/05/0013 RumahNoirRetaiI                                        05/10/2021                                                         Rp 300,000      Rp 330,000 (Posted Paid

INV/2021/05/0012 RumahNoirRetaiI                                        05/10/2021                                                        Rp 1,750,000 Rp 1,925,000 (Posted Paid

INV/2021/05/0011 RumahNoir1RumahNoir                                  05/10/2021                                                        Rp 1,500,000 Rp 1,500,000 Posted Paid

INV/2021/05/0010 VapeXSingaraja1VapeXSingaraja                        05/09/2021                                                         Rp 200,000      Rp 200,000 (Posted Paid

INV/2021/05/0009 VapeXSingarajalVapeXSingaraja                        05/09/2021                                                         Rp 200,000      Rp 200,000 Posted Paid

INV/2021/05/0005 VapeXSingaraja1VapeXSingaraja                        05/09/2021                                                        Rp3,500,000 Rp 3,500,000 (Posted Paid

INV/2021/05/0004 JanarvapeDistributorlAnakAgungKtKrishnaDwipayana 05/07/2021                                                        Rp4,000,000 Rp 4,000,000 (Posted Paid

INV/2021/05/0003 JanarvapeDistributorlAnakAgungKtKrishnaDwipayana 05/07/2021                                                        Rp3,000,000 Rp 3,000,000 (Posted Paid

INV/2021/0 5/00 02 JanarvapeDistributorlAnakAgungKtKrishnaDwipayana 05/07/2021                                                        Rp3,000,000 Rp 3,000,000 (Posted Paid

INV/2021/05/0001 RumahNoirRetaiI                                        05/07/2021                                                        Rp7,000,000 Rp 7,000,000 (Posted Paid

INV/2021/03/0001 RumahNoirlRumahNoir                                  03/10/2021                                                        Rp8,800,000 Rp 8,800,000 (Posted Paid

INV/2021/02/0006 JanarvapeDistributorlAnakAgungKtKrishnaDwipayana 02/22/2021                                                        Rp3,000,000 Rp 3,000,000 (Posted Paid

INV/2021/02/0005 VapeXSingarajalVapeXSingaraja                        02/14/2021                                                       Rp 14,000,000 Rp 15,400,000 (Posted Paid

INV/2021/02/0004 VapeXSingaraja1VapeXSingaraja                        02/14/2021                                                        Rp3,500,000 Rp 3,850,000 (Posted Paid

INV/2021/02/0003 VapeXSingaraja1VapeXSingaraja                        02/14/2021                                                        Rp2,000,000 Rp 2,000,000 (Posted Paid

INV/2021/02/0002 JanarRetaiI                                              02/13/2021                                                        Rp7,000,000     Rp 7,700,000 (Posted Paid

INV/2021/02/0001 JanarvapeDistributor1AnakAgungKtKrishnaDwipayana 02/13/2021                                                        Rp3,500,000     Rp 3,850,000 (Posted Paid

66,250,000.00    69,255,000.00

Gambar 15. Tampilan Modul Invoice

Gambar 15 merupakan tampilan modul invoice yang berisi informasi mengenai seluruh transaksi pada modul Sales, dimana pada modul invoice dapat mengelompokan informasi berdasarkan kondisi tertentu melalui opsi Group by dan opsi Filter. Untuk memuat invoice baru admin dapat menggunakan opsi Create pada bagian kiri halaman.

  • 4.6.    Modul Website

Modul website merupakan modul penjualan online yang dilakukan melalui website Janar Vp Distributor. Sistem website memiliki menu shop sebagai halaman customer untuk melakukan transaksi.

Gambar 16. Tampilan Menu Shop

Gambar 16 merupakan itampilan idari imenu ishop, ipada imenu itersebut ipelanggan idapat imelihat idan imemilih iproduk iyang iakan idibeli. iMenu ishop iterdapat idua ipilihan iyaitu iadd ito icart idan ibuy inow idan isetiap ibarang ijuga imenampilkan iinformasi imengenai iketersediaan istok ibarang.

Gambar 17. Tampilan Menu Pembayaran


Gambar 17 merupakan tampilan menu pembayaran pada website Janar Vp Distributor pembayaran dapat dilakukan dengan metode transfer bank dan terdapat pilihan pengiriman ke

daerah yang sudah ditentukan yaitu, Gianyar, Tabanan, Singaraja, dan Denpasar. Konfirmasi pembayaran dengan metode transfer bank dapat dilakukan di website Janar Vp.

  • 5.    Conclusion

Implementasi Enterprise Resource Planning pada modul yang menggunakan Odoo dilakukan melalui analisis proses bisnis perusahaan. Implementasi juga dilakukan dengan memperbaharui iproses ibisnis iperusahaan iyang ikemudian idisesuaikan idengan imodul iyang iterdapat ipada iOdoo. iModul iyang idigunakan iuntuk iproses iimplementasi iEnterprise iResource iPlanning iadalah iModul iSales, iModul iPurchase, iModul iInventory, iModul iInvoice, idan iModul iWebsite iuntuk ipenjualan iproduk isecara ionline. iModul itersebut itelah ikonfigurasi idengan iproses ibinis iperusahaan iyang itelah idianalisis isebelumnya. iPermasalahan iyang iterjadi ipada iJanar iVp iDistributor idapat iditangani idengan imenggunakan iOdoo i14 idan idapat iberjalan idengan ibaik idan iterkonfigurasi idengan iproses ibisnis iperusahaan isehingga imenghasilkan ioutput iatau ikeluaran iyang idibutuhkan iperusahaan.

References

  • [1]    Dewi Irmawati, Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis, Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis. 2011; 4:95-97

  • [2]    Ricky Akbar, Juliaztrioza, Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) untuk Sistem Informasi Pembelian, Persediaan dan Penjualan Barang pada Toko Emi Grosir dan Eceran, TEKNOSI. 2015, 1(1), 7-17.

  • [3]    Ni Kadek Yuni Ristyawati, I Ketut Adi Purnawan, The Implementation of Enterprise Resource Planning (ERP) on Sales Management Module using Odoo 11, IJTSRD. 2020; 4(4):1-4.

  • [4]    Sintya Sukarta, Lusi Melian, Rancang Bangun Enterprise Resource Planning (Modul Keuangan, Logistik dan Sumber Daya Manusia) Pada Sentra Industri Kaos di Bandung Jawa Barat, Majalah Ilmiah UNIKOM. 2015; 13(2):249-262.

  • [5]    Muhammad Ilham Zakky Mubarrak, Rohmat Saedudin, Implementasi Aplikasi ERP Modul Purchase Management Menggunakan Odoo 10 (Studi Kasus PT. Albasia Nusa Karya), e-Prosceeding of Engineering. 2018; 5(2):3209-3213.

  • [6]    Kadek Adhitya Dwi Pratama, Gusti Made Arya Sasmita, Implementation of Laboratory Services and Online Consultation at Taksu Laboratory Clinic by Using Odoo ERP, IJTSRD. 2021; 6(1):660-667.

  • [7]    Aries Munandar AM, Ricky Akbar, Penerapan Sistem Informasi Penjualan dan Inventori Handphone Serta Aksesorisnya Menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP) (Studi Kasus Toko Nahda Cell), TEKNOSI. 2016; 2(2):63-75.

  • [8]    Ahmad Sahi, Aplikasi Test Potensi Akademik Seleksi Saringan Masuk LP3I Berbasis Web Online Menggunakan Framework Codeigniter, TEMATIK-Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi. 2020; 7(1):120-129.

  • [9]    R. Y. Marshieleno, A. Susanty, Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) dan ECommerce pada Packing House, Industrial Engineering Online Journal. 2017; 6(1).