JITTER- Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer Vol. 2, No. 3 Desember 2021

Pengujian Performa Sistem Single Sign On SRUTI pada Universitas Hindu Indonesia Menggunakan Tools GTmetrix

Maria Br Purbaa1, I Made Suwija Putraa2, Anak Agung Kompiang Oka Sudanaa3 aProgram Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana Bukit Jimbaran, Bali, Indonesia

e-mail: 1 [email protected], 2[email protected] , 3 [email protected]

Abstrak

SRUTI merupakan sebuah sistem Single Sign On yang dimiliki oleh Universitas Hindu Indonesia dalam mengelola kebutuhan data dan informasi akademiknya. SRUTI memungkinkan pengguna untuk mengakses seluruh aplikasi yang ada dan melakukan manajemen pada aplikasi tersebut hanya dengan satu kali login pada alamat URL https://sruti.unhi.ac.id/login Pemanfaatan sistem informasi pada perguruan tinggi sangat penting dan menentukan kemajuan organisasi sebuah institusi pendidikan. Perguruan tinggi yang baik tentunya harus memiliki performa sistem yang baik juga. Demi memberikan pelayanan sistem yang baik bagi seluruh civitas akademika Universitas Hindu Indonesia, maka dibutuhkan pengujian performa sistem Single Sign On SRUTI dengan menggunakan Tools GTmetrix. Pengujian ini bertujuan untuk menguji kinerja kecepatan loading dari setiap halaman interface sistem Single Sign On SRUTI agar dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengakses halaman website yang lebih cepat. Hasil pengujian performa terhadap 9 halaman yang terdapat pada sistem Single Sign On SRUTI secara keseluruhan halaman memiliki performance yang cukup rendah sehingga dibutuhkan perbaikan. Rekomendasi perbaikan yang diberikan oleh tools GTmetrix meliputi aspek Enable keep-Alive,Eliminate render-blocking resource, Enable text compression,Serve static assets with an efficient cache policy, Use HTTP /2 for all resources, Properly size image, dan Avoid chaining critical requests.

Kata kunci: Performance System, Sistem Single Sign On, GTmetrix.

Abstract

SRUTI is a Single Sign On system owned by the Hindu University of Indonesia inits data needs and academic informas. SRUTI allows users to access all existing applications and manage the application with just one login to the URL address https://sruti.unhi.ac.id/login. Utilization of information systems in universities is very important and determines the organizational progress of an educational institution. A good college must have a good system performance as well. To provides good system services for all academic community of Hindu University of Indonesia, so it takes testing the performance of Single Sign On SRUTI system using GTmetrix Tools. This test aims to test the loading speed performance of each page interface of the Single Sign On SRUTI system in order to improve the user experience in accessing website pages faster. The results of performance tests on 9 pages contained in the Single Sign On SRUTI system as a whole page has a low enough performance so that improvements are needed. Improvement recommendations provided by GTmetrix tools include enable keep-alive aspects,Eliminate render-blocking resources, Enable text compression, Serve static assets with an efficient cache policy, Use HTTP /2 for all resources, Properly size image, and Avoid chaining critical requests.

Keywords : Performance System, Single Sign On System, GTmetrix.

  • 1.    Pendahuluan

Era globalisasi modern sekarang ini, perkembangan teknologi informasi mengalami kemajuan yang sangat pesat, hal tersebut tentunya akan sangat memudahkan masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya [1]. Kegiatan bisnis suatu organisasi atau institusi tidak terlepas dari peran sistem informasi. Sistem informasi merupakan komponen yang saling berhubungan yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi [2]. Pembuatan sistem informasi pada perguruan tinggi dimaksudkan untuk menjamin kenyamanan seluruh civitas akademika dalam segala kegiatan administrasi di kampus, seperti penerimaan mahasiswa baru, pengisian KRS, pengelolaan data dosen & pegawai, serta pengelolaan data keuangan,dll.

Universitas Hindu Indonesia (UNHI) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Bali yang telah menerapkan sistem informasi terintegrasi dalam memperkuat tata kelola Universitas. Sistem informasi tersebut bernama SRUTI. SRUTI merupakan sebuah Sistem Single Sign On yang dimiliki oleh Universitas Hindu Indonesia dalam mengelola kebutuhan data dan informasi akademiknya. SRUTI memungkinkan pengguna untuk mengakses seluruh aplikasi yang ada dan melakukan manajemen pada aplikasi tersebut hanya dengan satu kali login pada alamat URL https://sruti.unhi.ac.id/login .

Pemanfaatan sistem informasi pada perguruan tinggi sangat penting dan menentukan kemajuan organisasi sebuah institusi pendidikan. Perguruan tinggi yang baik tentunya harus memiliki performa sistem yang baik juga. Performa dalam membuka sebuah sistem merupakan salah satu faktor yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan layanan sistem informasi dengan nyaman [3]. Demi memberikan pelayanan sistem yang baik bagi seluruh civitas akademika maka dibutuhkan pengujian performa Sistem Single Sign On SRUTI dengan menggunakan Tools GTmetrix. Pengujian ini bertujuan untuk menguji kinerja dari setiap halaman interface sistem Single Sign On SRUTI UNHI agar dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengakses halaman website yang lebih cepat. Tools yang digunakan dalam melakukan pengujian ini yaitu GTmetrix, dimana tools pengujian ini dapat mengukur kecepatan loading suatu halaman website serta memberikan rekomendasi yang harus dilakukan untuk mempercepat loading website.

  • 2.    Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan Automated Usability Testing Tools, dimana pengukuran kinerja situs web didasarkan pada beberapa metrik diantaranya Page Load Time yaitu waktu yang dibutuhkan setiap halaman untuk memuat, Largest Contentful Paint merupakan metrik yang mengukur seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan elemen konten terbesar, Total Blocking Time yang merupakan metrik yang mengukur responsivitas pemuatan halaman terhadap input-an pengguna, serta Cumulative Layout Shift yang merupakan metrik yang mengukur seberapa banyak perubahan tata letak yang dialami oleh pengguna. Pengujian dilakukan dengan memasukkan url halaman yang akan diuji pada tools GTmetrix. Adapun alur penelitian pengujian performa Sistem Single Sign On SRUTI dengan menggunakan tools GTmetrix dapat dilihat pada Gambar 1.

Gambar 1. Alur Penelitian

Alur penelitian pengujian performa sistem Single Sign On SRUTI diawali dengan observasi langsung pada objek penelitian yaitu sistem single sign on SRUTI. Kemudian melakukan studi literatur dari jurnal-jurnal penelitian sebelumnya, kemudian dilanjutkan dengan

penentuan tools yang akan digunakan. Setelah itu dilakukan pengujian performa website menggunakan tools GTmetrix untuk menghasilkan analisa pengujian pengujian performa website berdasarkan hasil uji pada tools GTmetrix. Kemudian memberikan rekomendasi yang didaptkan dari tools GTmetrix ,setelah itu penelitian selesai dilakukan.

  • 3.    Kajian Pustaka

Kajian pustaka merupakan landasan teori yang menjadi dasar dilakukannya penelitian Sumber kajian pustaka didapatkan dari jurnal ilmiah serta sumber lainnya yang berhubungan dengan penelitian. Berikut merupakan kajian pustaka pada penelitian ini.

  • 3.1    Sistem Informasi

Sistem informasi merupakan komponen yang saling berhubungan yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi Informasi yang dimaksudkan adalah sekumpulan data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang nantinya dapat berguna bagi manusia dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan [2].

  • 3.2    SRUTI

SRUTI merupakan sebuah sistem Single Sign On yang dimiliki oleh Universitas Hindu Indonesia dalam mengelola kebutuhan data dan informasi akademiknya. SRUTI memiliki beberapa aplikasi yang telah terintegrasi didalamnya diantaranya yaitu aplikasi SMRTI (Sistem Informasi Registrasi Terintegrasi), ASTA BAYU (Aplikasi Terintegrasi Bayar Uang Kuliah), ASTA MANIK (Aplikasi Terintegrasi Manajemen Akademik), SIMDOS (Sistem Informasi Manajemen Dosen), SIMPEG (Sistem Informasi Manajemen Pegawai), dan ASTA KALI (Aplikasi Terintegrasi Perpustakaan Online). SRUTI memungkinkan pengguna untuk mengakses seluruh aplikasi yang ada dan melakukan manajemen pada aplikasi tersebut hanya dengan satu kali login pada alamat URL https://sruti.unhi.ac.id/login . Keuntungan menggunakan Sistem Single Sign On SRUTI UNHI adalah pengguna tidak harus mengingat semua credentials untuk aplikasi yang berbeda dan terpisah karena user hanya perlu melakukan login sekali saja untuk dapat mengakses semua sistem dan aplikasi yang memiliki autentikasi yang sama.

  • 3.3    Tools GTmetrix

GTmetrix merupakan salah satu automation testing tools yang dapat digunakan untuk mengukur kecepatan suatu website. GTmetrix dibangun dan dikembangkan oleh GT.net, sebuah perusahaan Kanada, yang bertujuan untuk membantu pelanggan hosting mereka agar dapat dengan mudah melihat kinerja situs web mereka[4].GTmetrix didukung dengan sistem penilaian lighthouse. Lighthouse merupakan standar industri dalam kinerja web.

Hasil analisa GTmetrix disertai dengan GTmetrix Grade, skor performance, skor stucture, page load time, serta skor web vitals. Gtmetrix Grade merupakan nilai berbobot yang memadukan penilaian dari performance Score dan Structure Score. Gtmetrix Grade ini mencerminkan nilai performa halaman web secara keseluruhan karena memperhitungkan nilai dari struktur front-end halaman web serta performance aktual yang dialami oleh pengguna Performance Score pada dasarnya adalah skor performa lighthouse yang memberi tahu seberapa baik kinerja halaman website yang dinilai dari perspektif pengguna. Structure Score merupakan penilaian dari tools GTmetrix pada struktur front end halaman website dimana dengan meningkatkan Skor structure ini maka secara umum dapat meningkatkan kinerja halaman website secara keseluruhan, hal ini berarti akan meningkatkan performance serta meningkatkan Grade GTmetrix pada halaman website. Page Load Time merupakan waktu yang dibutuhkan setiap halaman untuk memuat, serta webvitals yang merupakan bagian yang dianggap oleh google paling mempengaruhi page experience atau pengalaman pengguna dalam mengakses suatu halaman website.

  • 4.    Hasil dan Pembahasan

Berikut akan dipaparkan hasil dan pembahasan pada pengujian performa sistem Single Sign On SRUTI dengan menggunakan tools GTmetrix sebagai berikut.

  • 4.1 . Pengujian Interface

Pengujian dilakukan dengan meng-input-kan alamat website kedalam tools GTmetrix Setelah pengujian dijalankan maka akan diperoleh hasil pengujian yang terdiri dari GTmetrix Grade, Performance Score, Structure Score, serta 3 metrik web vital lainnya. Gambar dibawah merupakan hasil pengujian kinerja website pada halaman dashboard SRUTI.

Latest Performance Report for:

Reportgenerated: Ri, Jul 9,202111.44 PM +0700

12 i           Test Server Lccaticn: l*l Van couver, Canada

Using: O Chrcme (Desktop) 9O.O.4430.212, Lighlhcuse 7.4 O

GTmetrixGradei                                  VlfebVitaIs

FRarformance *        Structure ?              LargestContentfdPaint * TotaIBIockingTime ? CumdaIiveLayoutShift t

48%  49%   3.5s 58ms 0.02

Summary Performance Structure Waterfall Video History


Tφ Issues

These audits are Ideritiliecl ss the top issues impacting your performance.

IllMCT AUDIT


Potential savings of 4.8s


40 requests found


Potential savings of 694KB


Potential savings of 682KB


Poteritial savings of 1.62MB


Focusonlheseauditsfirst

Theseauditslikelyliavethe Iargestiinpactonyourpage performance.

Structure audits do not directly affect your Performance Score, but Improvingtheaudls seen here can help as a starting point for overall performance gains.

SeeallStructureaudits


Gambar 2 Hasil Pengujian Halaman Dashboard SRUTI

Gambar 2 merupakan hasil pengujian performa website pada halaman dashboard Single Sign On SRUTI. Hasil pengujian menunjukkan halaman dashboard Single Sign On SRUTI mendapatkan GTmetrix Grade C dengan nilai performance sebesar 48%, nilai structure sebesar 49%, serta page load sebesar 5,7s. Setelah mengukur kecepatan halaman sistem, tools GTmetrix memberikan beberapa analisa serta rekomendasi mengenai apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan kecepatan loading sistem yang baik. Berikut merupakan hasil audit/ rekomendasi perbaikan pada halaman dashboard SRUTI UNHI.

Tabel 1 Analisa Pengujian Interface dengan GTmetrix

Aspek

Rekomendasi

Eliminate render-blocking resources

Rekomendasi ini meminta website untuk menghilangkan resource yang memblokir perenderan, dengan menghilangkan resource tersebut maka website mendapatkan potensi penghematan waktu sebesar 4,8s.

Enable keep alive

Rekomendasi ini meminta website untuk mengaktifkan HTTP keep alive pada url yang

ditemukan. Terdapat 40 url yang direkomendasikan untuk mengaktifkan HTTP keep alive. Mengaktifkan HTTP keep alive berguna untuk memastikan semua permintaan file dari server dan membuat situs web dapat memuat lebih cepat.

Properly size image

Rekomendasi ini meminta website untuk mengoptimalkan ukuran gambar sesuai kebutuhan. Mengoptimalkan ukuran gambar pada resource yang ditemukan akan mendapatkan potensi penghematan pengaksesan sebesar 694 KB.

Enable text compression

Rekomendasi ini meminta website untuk mengaktifkan text compression seperti gzip, deflate, atau brotil pada resources yang ditemukan. Mengaktifkan text compression pada resources yang ditemukan akan mendapatkan potensi penghematan pengaksesan sebesar 682 KB.

Serve static assets with an efficient cache policy

Rekomendasi ini meminta website untuk menyimpan file static assets seperti CSS, Javascript, gambar lainnya dalam bentuk cache. Menyimpan file dalam bentuk cache tersebut akan mendapatkan potensi penghematan sebesar 1,62 MB.

  • 4.2    Analisa Hasil Pengujian Interface

Analisa hasil pengujian Interface merupakan suatu proses yang dilakukan untuk menganalisa hasil uji kinerja 9 halaman sistem Single Sign On SRUTI UNHI. Tools yang digunakan dalam pengujian Interface ini yakni GTMetrix. Berikut merupakan analisa hasil pengujian interface yang telah dilakukan pada Sistem Single Sign On SRUTI UNHI.

Tabel 2 Hasil Analisa Pengujian Interface

Web Vitals

N o

Halaman Uji

GTmet rix Grade

Perfor mance Score

Struc ture score

Page load time

Largest Contentf ul Paint

Total Blocking Time

Cumulative Layout Shift

1.

Halaman Login

C

73%

68%

3.2 s

2.4 s

0 s

0

2.

Halaman Lupa Password

E

52%

58%

4.6 s

3.2 s

0 ms

0

3.

Halaman

Dashboard

F

48%

49%

5.7 s

3.5 s

58 ms

0.02

4.

Halaman Knowledge Center

E

51%

52%

4.8 s

3.3 s

0 ms

0.01

5.

Halaman Profil

F

47%

54%

4.8 s

4.2 s

0 ms

0.01

6.

Halaman Manajemen Aplikasi

E

48%

54%

4.8 s

3.3 s

0 ms

0.03

7.

Halaman Tambah Aplikasi

E

48%

54%

4.8 s

3.3 s

0 ms

0.06

8.

Halaman Manajemen Akun

F

44%

47%

6.0 s

4.3 s

0 ms

0.01

9.

Halaman

F

46%

50%

4.9 s

4.1 s

0 ms

0

Tambah Akun

Rata-rata Performance dan Structure

50,7%

54%

Tabel 1 merupakan hasil analisa pengujian Interface pada Sistem Single Sign On SRUTI UNHI dengan menggunakan tools GTmetrix. Gtmetrix Grade merupakan nilai berbobot yang memadukan penilaian dari performance Score dan Structure Score. Gtmetrix Grade ini mencerminkan nilai performa halaman web secara keseluruhan karena memperhitungkan nilai dari struktur front-end halaman web serta performance aktual yang dialami oleh pengguna.

Performance Score pada dasarnya adalah skor performa lighthouse yang memberi tahu seberapa baik kinerja halaman website yang dinilai dari perspektif pengguna. Structure Score merupakan penilaian dari tools GTmetrix pada struktur front end halaman website dimana dengan meningkatkan Skor structure ini maka secara umum dapat meningkatkan kinerja halaman website secara keseluruhan, hal ini berarti akan meningkatkan performance serta meningkatkan Grade GTmetrix pada halaman website. Page Load Time yaitu waktu yang dibutuhkan setiap halaman untuk memuat.

Terdapat 3 metrik web vitals yang dianggap oleh google paling penting dan mempengaruhi page experience atau pengalaman pengguna dalam mengakses suatu halaman website metrik tersebut yaitu Largest Contentful Page yang merupakan metrik kinerja yang mengukur seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan elemen konten terbesar Total Blocking Time merupakan metrik yang mengukur responsivitas pemuatan halaman terhadap input-an pengguna. Cumulative Layout Shift merupakan metrik yang mengukur pergeseran tata letak yang dialami pengguna selama pemuatan halaman website. GTmetrix memiliki penilaian dalam bentuk huruf dimana jika skor penilaian pada GTmetrix mencapai C maka website harus berbenah mungkin dari pemilihan, pemilihan gambar, CSS, dan lain sebagainya [5]. Berdasarkan pemaparan diatas maka secara keseluruhan halaman yang terdapat pada sistem Single Sign On SRUTI UNHI memiliki performance yang cukup rendah sehingga dibutuhkan perbaikan.

  • 4.3    Rekomendasi Perbaikan Halaman Interface

Setelah mengukur kecepatan pada setiap halaman sistem Single Sign On SRUTI UNHI, tools Gtmetrix memberikan beberapa rekomendasi mengenai apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan kecepatan loading halaman sistem yang lebih baik. Rekomendasi yang diberikan meliputi 7 aspek yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • 1.    Enable keep-Alive, rekomendasi ini tools GTmetrix meminta website untuk mengaktifkan HTTP keep alive, hal ini berguna untuk mempercepat loading website dengan memastikan semua permintaan file dari server.

  • 2.    Eliminate render-blocking resources, rekomendasi ini tools GTmetrix meminta website untuk menghilangkan resource yang memblokir perenderan, resource yang dapat memblokir perenderan yang dimaksud yaitu scripts,stylesheets,dan HTML imports ketiga resources ini dapat memblokir serta menunda browser untuk merender konten halaman ke layar, menghilangkan resource yang memblokir perenderan dapat membantu halaman web memuat lebih cepat secara signifikan dan meningkatkan pengalaman pengunjung situs web.

  • 3.    Enable text compression, rekomendasi ini tools GTmetrix meminta website untuk mengaktifkan kompresi teks seperti gzip, deflate, atau brotil. Hal ini dilakukan untuk memperkecil ukuran file, semakin besar file, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat dan semakin lama juga pengunjung web menunggu untuk melihat konten pada halaman tersebut.

  • 4.    Serve static assets with an efficient cache policy, rekomendasi ini tools GTmetrix meminta website untuk menyimpan file seperti CSS, JavaScript, gambar dan lainnya dalam bentuk cache, hal ini dilakukan untuk mempercepat pengaksesan suatu website Jika suatu halaman sebelumnya pernah diakses dan kemudian diakses kembali oleh pengguna maka pengaksesan akan menjadi lebih ringan kerena telah disimpan dalam bentuk cache.

  • 5.    Use HTTP /2 for all resources, rekomendasi ini tools GTmetrix meminta website untuk menggunakan HTTP/2 untuk semua resources. Penggunaan HTTP/2 ini memiliki

keunggulan jika dibandingkan dengan HTTP/1.1 diantaranya terletak pada batas koneksi, batas koneksi pada HTTP/1.1 lebih rendah jika dibandingkan HTTP/2, batas koneksi ini dapat mempengaruhi pemuatan halaman karena batas koneksi yang lebih rendah akan menyebabkan kemacetan jaringan saat permintaan pemuatan halaman besar. Sedangkan HTTP/2 mengatasi keterbatasan HTTP/1.1 dengan mengaktifkan permintaan penuh dan multiplexing sumberdaya, ini berarti lebih banyak permintaan yang dapat dibuat dalam satu koneksi dibandingkan dengan HTTP/1.1.

  • 6.    Properly size image, rekomendasi ini tools GTmetrix meminta website untuk mengoptimalkan ukuran gambar sesuai kebutuhan, semakin besar ukuran file gambar maka akan memperlambat kinerja dari halaman website, sebaliknya semakin kecil ukuran file gambar maka akan mempercepat kinerja dari halaman website.

  • 7.    Avoid chaining critical requests, pada rekomendasi ini website diminta untuk menghindari rantai permintaan yang panjang, rantai permintaan berarti serangkaian urutan permintaan yang bergantung satu sama lain yang penting untuk rendering halaman. Saat rantai permintaan panjang serta memiliki resources yang besar maka dapat memperlambat pemuatan halaman karena dianggap memblokir perenderan Mengurangi jumlah rantai permintaan penting karena akan mengurangi waktu tunda dan mempercepat pemuatan halaman

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan yang telah dipaparkan sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa hasil pengujian performa terhadap 9 halaman interface yang terdapat pada sistem Single Sign On SRUTI UNHI secara keseluruhan halaman memiliki performance yang cukup rendah sehingga dibutuhkan perbaikan. Rekomendasi perbaikan yang dapat diberikan oleh tools GTmetrix meliputi beberapa aspek diantaranya aspek Enable keep-Alive, Eliminate render-blocking resource, Enable text compression,Serve static assets with an efficient cache policy, Use HTTP /2 for all resources, Properly size image, Avoid chaining critical requests.

Daftar Pustaka

  • [1]    M. G. Arsawiguna, A. A. K. Agung, C. Wiranatha, and K. S. Wibawa, “Rancang Bangun Aplikasi Game Tajen Berbasis Android Menggunakan Artificial Intelligence,” Lontar Komput., vol. 6, no. 2, pp. 84–95, 2015, doi: 10.24843/LKJITI.

  • [2]    N. P. R. G. Dewi, O. Sudana, and M. Sukarsa, “Implementasi Diagram Tree pada Rancang Bangun Sistem Informasi Bebayuhan Oton Berbasis Web,” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 8, no. 3, p. 178, 2017, doi: 10.24843/lkjiti.2017.v08.i03.p04.

  • [3]    I. M. E. Listartha, “Pengujian Performa dan Tingkat Stress pada Website Legalisir Ijasah Online Universitas Pendidikan Ganesha,” Electro Luceat, vol. 6, no. 1, pp. 66–73, 2020, doi: 10.32531/jelekn.v6i1.182.

  • [4]    W. Lestari and A. Susanto, “Analisis Performa Website ISI Surakarta dan Universitas Diponegoro Menggunakan Automated Software Testing GTmetrix,” Simkom, vol. 2, no. 3, pp. 1–8, 2017, doi: 10.51717/simkom.v2i3.22.

  • [5]    H. Fryonanda and T. Ahmad, “Analisis Website Perguruan Tinggi Berdasarkan Keinginan Search Engine Menggunakan Automated Software Testing GTmetrix,” Anal. Website Perguru. Tinggi Berdasarkan, vol. 4, no. 2, pp. 179–183, 2017.