Authors:

I Made Dwi Ariawan, Nyoman Ratep, Wayan Westa

Abstract:

“Gangguan waham menetap merupakan suatu gangguan psikiatri yang ditandai dengan adanyawaham yang berlangsung lama sebagai satu-satunya gejala yang mencolok.Gangguan inipaling banyak ditemukan pada kelompok umur 40 tahun dengan angka prevalensi tercatat 2430kasus per 100.000 penduduk.Sebagaimana gangguan psikotik lainnya, gangguan wahammenetap dapat terjadi tanpa penyebab yang jelas ataupun didahului dengan gangguan organikatau riwayat penyalahgunaan zat sebelumnya.Pada laporan kasus ini dipaparkan mengenairiwayat dari seorang laki-laki 27 tahun penderita gangguan waham menetap yang telahmenjalani perawatan. Pemeriksaan psikiatri pasien ini hanya menunjukkan mood/afek curiga,labil/inadekuat serta pada proses pikir didapatkan isi pikir waham curiga. Pasien denganriwayat penggunaan ganja beberapa tahun sebelumnya dan diakui sudah tidak menggunakanlagi.Walaupun tidak mempengaruhi penatalaksanaan bagi pasien, hubungan antara riwayatpenyalahgunaan zat dengan kejadian gangguan psikiatrik masih perlu lebih banyak dikajiuntuk melengkapi berbagai penelitian sebelumnya.”

Keywords

Keyword Not Available

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/eum/full-9635

Published

2021-11-09

How To Cite

DWI ARIAWAN, I Made; RATEP, Nyoman; WESTA, Wayan. GANGGUAN WAHAM MENETAP PADA PASIEN DENGAN RIWAYAT PENYALAHGUNAAN GANJA: SEBUAH LAPORAN KASUS.E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], aug. 2014. ISSN 2303-1395. Available at: https://jurnal.harianregional.com/eum/id-9635. Date accessed: 22 May. 2024.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

vol 3 no 6 (2014):e-jurnal medika udayana

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License