Community of Publishing in Nursing (COPING), p-ISSN 2303-1298, e-ISSN 2715-1980

PENGARUH TEKNIK PERAWATAN PAYUDARA TERHADAP KELANCARAN PENGELUARAN ASI PADA IBU NIFAS: STUDI KASUS

Cica Fikrotun Aeni1, Endah Sari Purbaningsih*1, Khoerunissa1, Dhiya Ulhaq1, Triyani1, Siti Komalasari1

1Program Studi Profesi Ners STIKes Mahardika Cirebon *korespondensi penulis, email: [email protected]

ABSTRAK

Persiapan untuk menyusui bayi dan kelancarannya dapat dilakukan dengan perawatan payudara atau breast care. Payudara merupakan organ tubuh pada wanita yang berfungsi sebagai penghasil ASI, yaitu makanan pokok bagi bayi baru lahir. Dengan demikian perawatan payudara pada ibu harus dilakukan sejak awal, yaitu sejak masa kehamilan. Studi kasus ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektifitas penerapan teknik perawatan payudara terhadap kelancaran pengeluaran ASI pada ibu nifas di RS Sumber Kasih Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan studi kasus dan literatur review melalui google scholar. Artikel mengulas mengenai penerapan teknik breast care terhadap kelancaran ASI pada ibu post partum. Kata kunci yang digunakan untuk penelusuran literatur adalah perawatan payudara, breast care, ibu post partum, ibu nifas, dan kelancaran produksi ASI dengan rentang waktu 10 tahun terakhir, yaitu 2012-2022. Kriteria inklusi yang ditetapkan adalah pelaporan hasil penelitian mengenai penerapan teknik breast care. Kriteria eksklusi berhubungan dengan terapi medis. Dalam penelusuran, total literatur yang dipilih adalah 13 artikel. Berdasarkan 13 artikel yang ditelusuri, terdapat efektifitas penerapan teknik perawatan payudara terhadap kelancaran pengeluaran ASI pada ibu nifas. Dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik perawatan payudara pada ibu nifas efektif untuk kelancaran pengeluaran ASI sehingga ibu post partum dapat memproduksi dan memberikan ASI pada bayinya.

Kata kunci: breast care, ibu nifas, kelancaran pengeluaran ASI, perawatan payudara, produksi ASI

ABSTRACT

Preparation for breastfeeding a baby and its smoothness can be done with breast care or breast care, the breast is an organ in women that functions as a producer of breast milk, which is the staple food for newborns. Thus, breast care in the mother must be carried out from the beginning, namely from the time of pregnancy. This case study aims to identify the effectiveness of the application of breast care techniques on the smooth release of breast milk in postpartum mothers at Sumber Kasih Hospital, Cirebon City. This study uses case studies and literature reviews through Google Scholar. An article that reviews the application of breast care techniques to the smooth running of breast milk in post partum mothers. The keywords used to search the literature are breast care, breast care, postpartum mothers, postpartum mothers and the smooth production of breast milk with a span of the last 10 years, namely 2012-2022. The inclusion criteria set were: reporting research results regarding the application of breast care techniques. The exclusion criteria were related to medical therapy. In a total literature search, 13 articles were selected. Based on the 13 articles that were traced, there was an effectiveness in the application of breast care techniques to the smooth discharge of breast milk in postpartum mothers. It can be concluded that the application of breast care techniques to postpartum mothers is effective for smooth milk production so that post partum mothers can produce and provide breast milk to their babies.

Keywords: breast care, breast milk production, postpartum mothers, smooth milk production

PENDAHULUAN

Post partum atau masa nifas adalah waktu saat ibu melahirkan bayi dan plasenta keluar lepas dari rahim, dalam waktu enam minggu berikutnya, yang disertai dengan kembalinya organ tubuh yang berhubungan dengan masa kehamilan dam melahirkan, yang dapat mengakibatkan perubahan seperti perlukaan dan lain sebagainya yang berkaitan saat melahirkan (Tulas, Kundre, & Bataha, 2017).

Pada masa post partum, ibu nifas akan melewati fase menyusui, yaitu masa dimana seorang ibu memberikan asupan gizi guna memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayinya hingga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan dengan baik. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi seorang ibu dalam pemberian ASI, diantaranya adalah adanya pembengkakan payudara akibat dari ASI yang tidak dikeluarkan, sehingga terjadi penumpukan ASI dan atau karena tidak adanya hisapan dari bayi kepada puting ibunya atau daya hisap bayi yang kurang atau lemah yang berakibat penumpukan ASI hingga terjadi pembengkakan dan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi ibu oleh karena nyeri. Dengan demikian kebutuhan pemenuhan ASI bagi bayi menjadi terganggu (Yanti, 2017).

Hasil penelitian Wicak dkk (2020) terdapat 57,14% ibu post SC yang mengalami bendungan ASI. Menurut data Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), Indonesia merupakan negara tertinggi di Asia Tenggara yang memiliki cakupan dengan ibu yang mengalami bendungan ASI (37,12%) (Depkes RI, 2017).

Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memberikan pengarahan tentang perawatan payudara kepada ibu nifas yang melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini), dengan melakukan health education melalui penyuluhan - penyuluhan pada ibu nifas yang disertai demonstrasi cara perawatan payudara setelah melahirkan dengan benar, serta mempraktekkan tentang perawatan payudara pada saat kunjungan masa nifas, dimana penyuluhan tepat pada saat ibu

mengembangkan kemampuan dalam mengambil keputusan yang merupakan informasi keterpaduan yang ilmiah dan sistematis (Nur, 2012).

Persiapan untuk menyusui bayi dan kelancarannya dapat dilakukan dengan teknik perawatan payudara, karena payudara merupakan organ tubuh pada wanita, selain berfungsi sebagai keindahan dan estetika sebagai perempuan juga berperan penting dalam produksi ASI yang sangat dibutuhkan bayinya. Upaya dalam meningkatkan pemberian ASI atau makanan pokok pada bayi, permasalahan yang utama serta prinsip adalah ibu nifas membutuhkan bantuan dan informasi serta dukungan agar dapat merawat payudara dengan baik dan benar pada saat menyusui bayinya, sehingga dapat menambah keyakinan bahwa ibu nifas mampu menyusui bayinya dengan baik dengan mengetahui fungsi dan manfaat perawatan payudara pada saat menyusui (Nur, 2012).

Penjelasan Astuti dan Kurniawati (2011) terdapat kebermaknaan yang signifikan bahwa perawatan payudara pada ibu post partum di Desa Karang Duren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang sebanyak 16 responden (51,6%) mengalami kelancaran dalam pengeluaran ASInya dengan hasil p = 0,007. Sedangkan menurut Sholichah (2011), pada kejadian payudara penuh sebanyak 11 responden (33%). Hal ini mengindikasikan bahwa kondisi payudara penuh akibat dari haluaran yang tidak maksimal menyebabkan kemampuan bayi dalam menyusu menjadi tidak efektif.

Responden yang dilakukan perawatan payudara menunjukkan pengaruh secara signifikan pada peningkatan volume ASI dengan rerata 4,50 sebelum dilakukan perawatan payudara menjadi 6,44 (p value 0,021). Hal ini berarti ada pengaruh yang terjadi secara signifikan terhadap volume ASI pada ibu masa nifas sebelum dan sesudah diberikan perawatan payudara (Wulan & Gurusinga, 2017).

Berdasarkan kenyataan yang didapat di lapangan, pada ibu dengan masa nifas hari pertama hingga hari kedua merupakan

fase taking, dimana di fase ini ibu lebih banyak fokus terhadap dirinya sendiri akibat dari rasa lelah setelah bersalin dan ketidaknyamanan terhadap rasa nyeri. Pada fase ini banyak menimbulkan kecemasan yang berdampak pada keadaan psikologis ibu hingga kecemasan ini berdampak pada pengeluaran ASI. Perawatan payudara merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh ibu guna kelancaran

METODE PENELITIAN

Studi kasus ini didukung dengan literatur review menggunakan Google Scholar, didapatkan 25 artikel tahun 2016 -2021. Kata kunci yang digunakan untuk penelusuran literatur adalah breast care, perawatan payudara, ibu nifas, ibu post partum, dan kelancaran produksi ASI. Dalam penelusuran total literatur yang dipilih adalah 13 artikel.

HASIL PENELITIAN

Hasil penelusuran 13 artikel literatur yang dipilih dapat disimpulkan sebagai berikut:

  • a)    Pada artikel penelitian didapatkan adanya perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan perawatan payudara terhadap kelancaran dan produksi ASI pada ibu nifas.

produksi dan pengeluaran ASI. Sama halnya yang dijelaskan dari hasil penelitian Kawano & Emori (2015), ibu post partum yang mengalami gangguan emosi, kecemasan, atau psikologis yang terganggu akan mengalami penurunan kadar IgA ASI dan juga produksi ASI. Untuk itu dianjurkan ibu post partum untuk melakukan perawatan payudara secara teratur.

Beberapa kriteria yang dijadikan ketetapan dalam literatur review ini adalah penerapan teknik breast care. Responden dalam studi kasus ini adalah ibu post partum yang dirawat di RS Sumber Kasih Cirebon. Sebelum melakukan penelitian, responden diberikan informed concent sebagai tahapan dalam etik penelitian.

  • b)    Terdapat pengaruh pada perawatan payudara terhadap pengeluaran ASI pada ibu nifas.

  • c)    Perawatan payudara pada ibu nifas efektif dalam meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

  • d)    Terdapat kebermaknaan secara baik pada ibu post partum yang dilakukan perawatan payudara terhadap haluaran ASI.

Tabel 1. Hasil Literatur Review

Sumber Artikel

Peneliti dan Judul Penelitian

Tujuan Penelitian

Design

Sampling

Hasil Penelitian

Google Scholar (2020) Universitas Muhamma diyah Ponorogo

Judul           :

Keefektifan Teknik Perawatan Payudara Terhadap Kecepatan Produksi    Air

Susu Ibu Pada Ibu      Pasca

Melahirkan dengan   Sectio

Caesaria

Peneliti : Setyaningsih, R., Ernawati, H., & Rahayu, Y. D.

Untuk mengidentifikasi keefektifan teknik perawatan payudara pada kecepatan produksi   air

susu ibu pada ibu     pasca

melahirkan dengan sectio caesaria di Ruang Fatimah Rumah  Sakit

Islam      Siti

One group pre test dan post test design

Sampel sebanyak   17

ibu      post

partum dengan teknik purposive sampling

Hasil penelitian ini didapatkan   dari   17

responden,    sebelum

dilakukan breast care sebagian         besar

responden pengeluaran ASInya lancar sejumlah 6 ibu (35%), tidak lancar sejumlah 11 ibu (65%).       Sesudah

dilakukan breast care sebagian         besar

responden mengalami pengeluaran ASI yang lancar sejumlah 17 ibu (100%). Uji statistik Wilcoxon menunjukkan  bahwa

Sumber Artikel

Peneliti dan Judul Penelitian

Tujuan Penelitian

Design

Sampling

Hasil Penelitian

Aisyah Madiun

nilai p = 0,000 < a

(0,05).

Google Scholar, Jurnal Penelitian

Volume 11

No 1 Juni 2019

Judul           :

Pelaksanaan

Breast    Care

Pada Pasien Post Partum Terhadap Keberhasilan Menyusui

Peneliti :

Lestari,      A.,

Atoy,   L.,   &

Taamu, T.

Untuk mengetahui penerapan perawatan payudara terhadap keberhasilan menyusui maternal pada   pasien

Post    Natal

Care (PNC)

Deskriptif studi kasus

Responden dalam  kasus

ini     adalah

seorang pasien post partum

Hasil yang didapat dalam studi kasus ini adalah ditemukannya penerapan perawatan payudara yang efektif dalam meningkatkan pengeluaran produksi ASI.

Google Scholar, Volume

10, No 02, November 2019

Judul : Pengaruh Perawatan Payudara Terhadap Pengeluaran

ASI  Ibu Post

Partum

Peneliti :

Fatmawati,  L.,

Syaiful, Y.,  &

Wulansari, N. A.

Untuk menjelaskan pengaruh perawatan payudara terhadap pengeluaran ASI pada ibu post partum

Pra eksperimental berdasarkan rancangan one group pre-post test design

Purposive sampling

Rerata sebelum dilakukan intervensi pengeluaran ASI 40,89 sedangkan rerata sesudah dilakukan intervensi produksi ASI

77,50 dengan nilai signifikan = 0,000 (< 0,05).

Google Scholar, Jurnal Kebidanan, Volume

VIII,   No

02, Desember 2016

Judul           :

Efektifitas

Breast    Care

Post    Partum

Terhadap Produksi

ASI

Peneliti :

Wijayanti, T., & Setiyaningsih, A.

Untuk mengetahui keefektifitasan breast    care

post   partum

terhadap produksi ASI

Quasi eksperimen dengan pendekatan non equivalent control group design

Purposive sampling, terdiri dari 36 responden ibu nifas  dengan

18 responden sebagai kelompok perlakuan dan 18 responden sebagai kelompok kontrol

Hasil dari

produksi ASI pada ibu post partum

dengan     kelompok

perlakuan,    sebagian

besar lancar

sebanyak 14 responden (77,8%),    sedangkan

produksi  ASI  pada

kelompok     kontrol,

sebagian besar tidak lancar sebanyak 11 responden    (61,1%).

Breast   care   efektif

dalam

meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui, dengan hasil independent t- test yaitu nilai t hitung

(16,40) > t tabel (1,691)

Google Scholar, Jurnal Kesehatan Almuslim, Volume V

No     9,

Agustus 2019

Judul           :

Efektifitas Breastcare

Terhadap Produksi   ASI

Ibu Nifas di     Wilayah

Kerja

Puskesmas Perumnas

Untuk mengetahui efektifitas breastcare terhadap produksi ASI ibu nifas

Rancangan kohort atau prospektif

Purposive sampling dengan kriteria inklusi     ibu

post partum   hari

pertama sampai   hari

ketiga

Sebagian besar

(14 atau 77,8%) responden dengan breastcare post partum produksi ASInya lancar.

Rata-rata produksi ASI pada kelompok breastcare

Sumber Artikel

Peneliti dan Judul Penelitian

Tujuan Penelitian

Design

Sampling

Hasil Penelitian

Rejang Lebong Bengkulu

Peneliti :

Puspita, Y.

post partum lebih lancar dibandingkan dengan kelompok tanpa breast care post partum yaitu 6,73 > 3,86.

Google Scholar, Jurnal Buletin Media Informasi Kesehatan, Volume 14, No 2, Tahun 2018

Judul : Metode

Breast    Care

Meningkatkan

Volume ASI Pada Ibu Nifas

Peneliti :

Yuniarti, Y.

Untuk mengetahui pengaruh breast    care

terhadap pengeluaran volume  ASI

pada ibu nifas di     Praktik

Mandiri Bidan (PMB) di Kota Palangkaraya

Pre eksperimental dengan rancangan one group pre-test post-test

Purposive sampling

Hasil        penelitian

menunjukkan    pada

responden    sebelum

dilakukan    intervensi

memiliki rerata volume ASI sebesar 0,18 ml sedangkan     setelah

dilakukan    intervensi

didapatkan   memiliki

rerata  volume  ASI

sebesar 14,36 ml, dapat disimpulkan   terdapat

efektivitas breast care terhadap pengeluaran   volume

ASI dengan nilai p = 0,000 (<0,05).

Google Scholar, Journal of Midwifery and Nursing Studies, Volume 2, No     5,

November 2019

Judul           :

Efektifitas Treatment

Breast    Care

untuk Memperlancar Produksi ASI di Wilayah Kerja Puskesmas Baruga

Peneliti : Khatimah,   H.,

Sulastri, A., &

Oktavia, A. N. D.

Untuk mengetahui efektifitas Treatment Breast

Care   untuk

memperlancar produksi ASI di    Wilayah

Kerja Puskesmas Baruga

Survei analitik dengan pendekatan cross sectional

.

Total sampling (jumlah sampel sebanyak  40

responden)

Hasil penelitian dengan uji statistik Chi-Square menunjukkan p value 0,004 (p < 0,05). Hal ini berarti treatment breast care   efektif   dalam

meningkatkan produksi ASI.

Google Scholar, INTEREST :     Jurnal

Ilmu Kesehatan, Volume 10, No 1, May 2021

Judul : Breast Massage Using Lavender Oil to Increase Breast Milk

Production   of

Breastfeeding Mothers

Peneliti : Tampubolon, C. E.,   Margono,

M.,         &

Retnaningsih, Y.

Untuk mengetahui efektifitas tindakan breast    care

menggunakan minyak lavender dalam meningkatkan produksi   air

susu ibu

Quasi eksperimen (kelompok perlakuan menggunakan minyak lavender, dan kelompok kontrol menggunakan minyak kelapa)

Purposive sampling

Breast care dengan menggunakan minyak lavender efektif dalam meningkatkan produksi air susu ibu dengan p-value 0,000.

Google Scholar, Jurnal Keperawa-tan Karya

Judul : Breast

Care    Untuk

Mengatasi

Menyusui

Untuk mengetahui gambaran penerapan breast    care

Deskriptif studi kasus

Responden seorang   ibu

post partum

Setelah dilakukan breast care selama 3 hari, ASI dapat keluar dan produksi ASI meningkat.

Sumber Artikel

Peneliti dan Judul Penelitian

Tujuan Penelitian

Design

Sampling

Hasil Penelitian

Bhakti,

Volume 5,

No      1,

Januari 2019

Inefektif   Post

Partum

Peneliti :

Nisak, M.,  &

Susanti, E. T.

untuk mengatasi menyusui inefektif post partum  pada

Ny. S

Google Scholar, Journal of

Nursing and Health (JNH), Volume 4, No     2,

September 2019

Judul           :

Perawatan

Payudara Pada Ibu Post Partum Guna Kelancaran Produksi ASI di RSUD Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga

Peneliti : Khoeriyah,   H.

F., Sulistyowati, P., & Oktavia,

Y. (2019).

Untuk mengidentifikasi    breast

care   dalam

kelancaran produksi ASI

Desain studi kasus, dimana peneliti memilih    2

responden sesuai dengan kriteria inklusi dan memberikan lembar persetujuan kepada responden. Kemudian peneliti melakukan pengkajian guna mendapatkan data   objektif

dan      data

subjektif tentang responden dan melakukan observasi sebelum dilakukan tindakan perawatan payudara.

Studi kasus

Setelah      dilakukan

perawatan   payudara

pada   2   responden

tersebut maka produksi ASI terbukti menjadi lancar. Dari hasil studi kasus      didapatkan

responden    pertama

produksi ASInya lancar di hari ke-3, sedangkan responden      kedua

produksi ASInya lancar pada hari ke-2. Hal ini dikarenakan responden kedua  lebih  tenang

ketika    menghadapi

bayinya         yang

menangis. Hal ini juga membuktikan  bahwa

faktor       psikologis

mempengaruhi kelancaran   produksi

ASI.

Google Scholar, ZONA KEDOKTERAN, Volume 11, No 1, Januari 2021

Judul           :

Postpartum’s Knowledge about   Breast

Care        as

Exclusive Efforts at RS St. Elisabeth, Batam City

Peneliti : Miguna, S., &

Alâ, M.

Determine the knowledge of postpartum mothers about breast care

The research method used is descriptive

Total sampling technique

The results showed that the majority of good knowledge as many as 24 people (72,7%) and less

knowledge as many as 9 people (27,3%).

Google Scholar, Journal of

Nursing and Midwifery,

Volume 2,

No      1,

Judul : Influence Breast    Care

Massage

Methods     to

Increase Production Oketani mother's   Milk

Untuk mengetahui efektifitas breast    care

dengan metode oketani dalam meningkatkan

Quasi eksperimental dengan  grup

perlakuan dan kontrol

41 responden ibu dan bayi

Consecutive sampling

Setelah dilakukan intervensi oketani massage, terjadi peningkatan rerata berat badan bayi 3,35% berat badan lahir dengan p = 0,000.

Sumber Artikel

Peneliti dan Judul Penelitian

Tujuan Penelitian

Design

Sampling

Hasil Penelitian

Desember 2019jyja;D ecember 2019

Journal Of Nursing And Midwifery Vol 2, No. 1

(ASI) on Mother Post Partum in Puskesmas Gunungsitoli-Nias

Peneliti :

Harefa,  J.  K.,

Anwar, A. D., Novi,        T.,

Wijayanegara, H., Septiani, L.,

& Garna, H.

produksi ASI pada ibu post partum

sebagai kelompok perlakuan dan 41 responden ibu dan bayi sebagai kelompok kontrol

Google Scholar, Menara Ilmu, Volume XV, No 02, April 2021

Judul           :

Efektivitas Perawatan Payudara Terhadap Kelancaran

Produksi   ASI

Pada Ibu Post Partum di RS. PMC

Peneliti :

Utari, M. D., & Desriva, N.

Untuk mengetahui efektivitas perawatan payudara terhadap kelancaran produksi ASI

Eksperimen semu dengan desain pre dan post test tanpa kontrol

Kelompok intervensi 25

orang Kelompok

kontrol    25

orang

Hasil uji T-Test didapatkan nilai p = 0,00 < 0,05 dengan nilai mean sebesar 7,92. Terdapat efektivitas perawatan payudara terhadap kelancaran produksi ASI pada ibu post partum.

Tabel 2. Responden dengan Penerapan Breast Care

Identitas Pasien

Waktu Penerapan

Respon

Hasil

Sebelum Diberikan Tindakan

Setelah Diberikan Tindakan

Ny. S

10.00 - 10.15

Klien merasa nyeri pada area payudara

Klien merasa nyaman, klien juga telah mendapatkan informasi mengenai perawatan payudara ketika diberikan breast care

Terjadi peningkatan produksi pengeluaran ASI, sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi

Ny. R

13.00 - 13.15

Payudara klien mengalami pembengkakan dan terasa penuh

Klien mengatakan karena ASI keluar dengan lancar sehingga area payudara tidak terasa nyeri setelah diberikan breast care

Pengeluaran ASI menjadi banyak dan lancar

Hasil yang diperoleh pada ibu post partum yang diberikan tindakan breast care selama 15 menit, pada ibu post partum pertama (Ny. S) yang dilakukan di pagi hari pada pukul 10.00 - 10.15, kondisi klien sebelum diberikan tindakan breast care klien mengatakan merasa nyeri pada area payudara. Setelah 15 menit diberikan tindakan breast care klien mengatakan merasa nyaman dan klien juga telah mendapatkan informasi mengenai

perawatan payudara ketika diberikan breast care sehingga mengalami peningkatan produksi pengeluaran ASI yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

Sedangkan pada ibu post partum kedua (Ny. R) yang diberikan tindakan breast care pada siang hari pukul 13.00 -13.15, didapatkan sebelum diberikan tindakan breast care klien mengatakan mengalami pembengkakan payudara dan payudara terasa penuh. Kemudian setelah

diberikan tindakan breast care klien mengatakan karena ASI keluar dengan lancar sehingga area payudara tidak terasa nyeri lagi, sehingga hasil yang didapatkan setelah tindakan breast care adalah produksi ASI klien menjadi banyak dan lancar.

Hal ini sejalan dengan penelitian Setyaningsih, Ernawati, dan Rahayu (2020) dimana ada perbedaan produksi ASI dari sebelum dan setelah dilakukan perawatan payudara. Hal ini menunjukkan bahwa tindakan perawatan payudara penting untuk dilakukan pada ibu nifas. Perawatan payudara mempunyai banyak manfaat,

diantaranya adalah membantu dan meningkatkan produksi dan pengeluaran ASI, sehingga bayi mudah mendapatkan ASI sebagai makanan pokok yang banyak mengandung nutrient yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Selain itu, manfaat dari breast care adalah menjaga higienitas payudara, mencegah terjadinya sumbatan pada aliran produksi ASI, menjaga kelenturan puting payudara ibu hingga kejadian lecet pada puting payudara ibu saat menyusui dapat dicegah.

Tabel 3. Responden yang Tidak Mendapatkan Breast Care

Identitas Pasien

Waktu Penerapan

Respon

Hasil

Sebelum Diberikan Tindakan

Setelah Diberikan Tindakan

Ny. A

-

  • 1.    Pengeluaran    ASI

tidak lancar

  • 2.    Payudara     terasa

penuh     sebelum

menyusui

  • 3.    Pembengkakan pada area payudara

  • 4.    Puting     payudara

masuk    kedalam

sehingga belum siap menyusui

  • 5.    Kurangnya informasi mengenai perawatan payudara

-

Klien merasa tidak nyaman dan nyeri karena mengalami pembengkakan pada area payudara

Hasil yang diperoleh pada ibu post partum (Ny. A) yang tidak diberikan tindakan breast care adalah pengeluaran ASI tidak lancar, payudara terasa penuh sebelum menyusui, pembengkakan pada area payudara, puting payudara masuk ke dalam sehingga belum siap menyusui, dan kurangnya informasi mengenai perawatan payudara. Hasil yang didapatkan pada klien yang tidak diberikan tindakan breast care adalah klien merasa tidak nyaman dan nyeri karena mengalami pembengkakan pada area payudara. Hal ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Sumarni dkk (2019) yang menyatakan bahwa sebagian besar ibu post partum tanpa melakukan perawatan payudara, mengalami hambatan

dalam memberikan ASI kepada bayinya. Banyak faktor penyebab yang melatarbelakangi kejadian tersebut, diantaranya adalah payudara mengalami pembendungan ASI, karena bayi yang tidak mau menghisap dan atau karena ibu yang belum terbiasa dalam menyusui terutama pada ibu yang belum berpengalaman dalam menyusui bayinya sehingga ibu lebih banyak membiarkan payudaranya mengalami pembengkakan. Faktor lainnya adalah puting susu yang mengalami iritasi, puting susu masuk ke dalam sehingga produksi ASI sedikit dan tidak lancar. Jika ibu tidak melakukan perawatan payudara, maka akan mengakibatkan hal-hal tersebut.

PEMBAHASAN

Pada 13 jurnal yang ditemukan, didapatkan dari jurnal pertama oleh Setyaningsih, Ernawati, dan Rahayu (2020), mengemukakan bahwa saat sebelum dilakukan perawatan payudara sebagian besar responden ibu nifas mengalami produksi ASI yang kurang lancar, sedangkan setelah dilakukan perawatan payudara ASI yang dihasilkan menjadi lebih banyak dan pengeluaran relatif lebih lancar. Perawatan payudara menjadi salah satu intervensi yang dapat dilakukan untuk produksi ASI lebih banyak secara kuantitatif. Dengan demikian, bayi dapat dengan mudah mendapatkan haknya untuk mendapatkan makanan pokok yang sarat dengan nutrient, sehingga membantu dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya.

Perawatan payudara juga mempunyai tujuan lain, yaitu mencegah terjadinya sumbatan ASI, menjaga higienitas, menjaga kelenturan puting susu untuk mencegah terjadinya iritasi atau lecet pada puting susu ibu. Pernyataan ini sesuai dengan yang dinyatakan oleh Lestari dkk (2019) dalam penelitiannya bahwa setelah dilakukan intervensi perawatan payudara selama 3 hari berturut-turut secara teratur dengan frekuensi 2 kali perhari selama 30 menit terbukti efektif dalam meningkatkan produksi ASI secara kuantitatif.

Penerapan perawatan payudara yang dilakukan adalah dengan cara pemijatan (massage), perawatan puting susu, dan pengompresan pada daerah payudara. Penelitian ini juga sejalan dengan yang dilakukan oleh Fatmawati, Syaiful dan Wulansari (2019), mengemukakan dalam penelitiannya bahwa adanya peningkatan pengeluaran produksi ASI secara lancar setelah 3 hari dilakukan intervensi selama 2 kali pada pagi dan sore hari dengan durasi 30 menit, dan didapatkan bahwa kecemasan pada ibu nifas dapat menyebabkan stres dan mempengaruhi hormon oksitosin sehingga pengeluaran ASI pada ibu nifas tidak efektif atau lancar. Penelitian ini juga sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Wijayanti & Setiyaningsih (2016),

mengemukakan bahwa teknik breast care pada ibu post partum efektif meningkatkan produksi ASI pada ibu yang sedang menyusui. Faktor rangsangan dapat berupa hisapan pada bayi serta perawatan fisik yaitu perawatan payudara (breast care) dan melakukan pijat oksitosin. Perawatan payudara yang dilakukan sejak awal nifas bermanfaat dalam kelancaran sirkulasi darah sekitar mammae, dengan demikian tekanan introduktif akibat dari bendungan ASI di duktus laktiferus dapat berkurang. Bayi dapat lebih mudah untuk menghisap dan memperoleh ASI sesuai dengan hak dan kebutuhannya. Diharapkan pada ibu nifas dapat melakukan teknik breast care, serta dapat meningkatkan kecukupan ASI eksklusif melalui dukungan teknik breast care pada ibu post partum. Penelitian ini sejalan dengan penelitian Puspita (2019) mengemukakan bahwa, sebagian besar produksi ASInya lancar setelah dilakukan breast care sehingga disimpulkan bahwa breast care efektif meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Sejalan juga dengan penelitian yang dilakukan oleh Yuniarti (2018), yang mendapatkan hasil bahwa perlakuan atas perawatan payudara berkaitan erat dengan peningkatan ASI secara kuantitas. Perawatan payudara bisa menjadi sebuah saran penting bagi ibu hamil maupun ibu post partum sebagai perawatan yang rutin dilakukan dalam membantu keberhasilan ASI eksklusif. Sumarni (2019) mengemukakan bahwa treatment breast care efektif dalam memperlancar produksi ASI. Pada beberapa ibu masa nifas yang belum menerapkan breast care banyak mengalami kendala dalam menyusui bayinya akibat dari kondisi mastitis, iritasi pada puting, puting susu masuk ke dalam, volume ASI sedikit, dan kurang lancar.

Tampubulon dkk (2021) mengemukakan bahwa dalam penelitiannya didapatkan ada peningkatan jumlah produksi ASI setelah diberikan minyak lavender dan minyak kelapa pada pijat payudara. Namun pijat payudara menggunakan minyak lavender secara

signifikan lebih efektif daripada pijat payudara menggunakan minyak kelapa dalam meningkatkan produktivitas ASI ibu menyusui. Minyak lavender memiliki efek menenangkan dengan efek sedatif yang cukup baik dan dapat mengurangi aktivitas motorik hingga 78% sehingga dapat digunakan dalam manajemen stres. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Nisak dan Susanti (2019) didapatkan pada saat belum diberikan intervensi breast care tampak payudara terlihat penuh, sekitarnya berwarna kemerahan, bayi terlihat menolak untuk menyusu, dan ibu merasakan ketidaknyamanan akibat dari nyeri saat payudara ditekan. Setelah tindakan breast care tampak payudara mulai lembek karena terjadi pengosongan akibat bendungan ASI, kemerahan pada area mammae berkurang, bayi mau menyusu dengan kuat, ibu tampak nyaman karena nyeri berkurang. Penelitian yang dilakukan oleh Khoeriyah dkk (2019) mengemukakan bahwa indikasi dari kelancaran ASI yaitu keadaan payudara ibu tidak tegang setelah bayi menyusui, keadaan payudara ibu bersih setelah dilakukan perawatan payudara, sehingga dapat disimpulkan bahwa perawatan payudara terbukti dapat melancarkan produksi ASI. Penelitian yang dilakukan

SIMPULAN

Penerapan teknik perawatan payudara pada ibu masa nifas didapatkan hasil yang efektif untuk kelancaran pengeluaran ASI

DAFTAR PUSTAKA

Astuti. I. D. & Kurniawati, T. (Juni, 2011). Analisa Hubungan Pengaruh Cara Menyusui Dengan Kejadian Payudara Bengkak Pada Ibu Post Partum. Jurnal Kebidanan, 3 (1)

Depkes RI. (2017). Panduan Manajemen Laktasi:Diet Gizi Masyarakat. Jakarta: Depkes RI.

Fatmawati, L., Syaiful, Y., & Wulansari, N. A. (2019). Pengaruh Perawatan Payudara terhadap Pengeluaran Asi Ibu Post Partum. Journals of Ners Community, 10(2), 169-184.

Harefa, J. K., Anwar, A. D., Novi, T., Wijayanegara, H., Septiani, L.,  & Garna, H. (2019).

Influence Breast Care Massage Methods To Increase Production Oketani mother's milk (ASI) On Mother Post Partum In Puskesmas

Miguna & Alâ (2021) berasumsi bahwa semakin tinggi pendidikan seseorang, maka semakin banyak pengalaman dan informasi yang akan didapatkan. Jadi semakin banyak pengetahuan yang akan diperoleh seperti mencari tahu tentang pentingnya perawatan payudara selama masa nifas, dan sebagian besar pengetahuan ibu nifas tentang perawatan payudara baik. Harefa dkk (2019) mengemukakan bahwa dalam penelitiannya breast care oketani massage tidak menimbulkan rasa sakit, dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI, sehingga membantu mempercepat kenaikan berat badan bayi. Utari dan Desriva (2021) dalam penelitiannya mengemukakan bahwa ada keefektifan perawatan payudara terhadap kelancaran produksi ASI pada ibu post partum, diketahui bahwa manfaat perawatan payudara secara fisiologis berpengaruh pada hipofise untuk merilis hormon prolaktin yang berperan dalam jumlah produksi ASI dan hormon oksitosin yang berperan dalam haluaran ASI, sehingga dari 13 jurnal tersebut dapat disimpulkan bahwa perawatan payudara berupa breast care penting untuk dilakukan pada ibu post partum, dimana efektif meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

sehingga ibu masa nifas dapat memproduksi dan memberikan ASI pada bayinya dengan optimal.

Gunungsitoli-Nias: Influence Breast Care Massage Methods To Increase Production Oketani mother's milk (ASI) On Mother Post Partum In Puskesmas Gunungsitoli-Nias. Journal    of    Midwifery    and

Nursing, 2(1), 105-109.

Kawano, A., & Emori, Y. (2015). The relationship between maternal postpartum psychological state and breast milk secretory immunoglobulin A level. Journal of the American       Psychiatric       Nurses

Association, 21(1), 23-30.

Khatimah, H., Sulastri, A., & Oktavia, A. N. D. (2019). EFEKTIFITAS TREATMENT BRAST      CARE      UNTUK

MEMPERLANCAR PRODUKSI ASI DI

WILAYAH   KERJA   PUSKESMAS

BARUGA. JMNS, 1(2), 27-33.

Khoeriyah, H. F., Sulistyowati, P., & Oktavia, Y. (2019). Perawatan Payudara Pada Ibu Postpartum Guna Kelancaran Produksi ASI di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Journal of Nursing and Health, 4(2), 63-71.

Miguna, S., & Alâ, M. (2021). POSTPARTUM'S KNOWLEDGE ABOUT BREAST CARE AS EXCLUSIVE EFFORTS AT RS ST ELISABETH, BATAM CITY. Zona Kedokteran:  Program Studi Pendidikan

Dokter Universitas Batam, 11(1), 8-12.

Nisak, M., & Susanti, E. T. (2019). Breast Care Untuk Mengatasi Menyusui Inefektif Post Partum. Jurnal    Keperawatan    Karya

Bhakti, 5(1), 1-6.

Nur. F.A. (2012). Jurnal Hubungan Pengetahuan Ibu Nifas dengan Pelaksanaan Perawatan Payudara di Puskesmas Surakarta

Puspita, Y. (2019). EFEKTIVITAS BREASTCARE TERHADAP PRODUKSI ASI IBU NIFAS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PRUMNAS    REJANG   LEBONG

BENGKULU. Jurnal         Kesehatan

Almuslim, 5(9), 24-29.

Setyaningsih, R., Ernawati, H., & Rahayu, Y. D. (2020). EFEKTIFITAS TEHNIK BREAST CARE TERHADAP KELANCARAN PRODUKSI ASI PADA IBU POST PARTUM    DENGAN    SEKSIO

SESAREA. Health Sciences Journal, 4(1), 89.

Sholichah. (2011). Hubungan Perawatan Payudara Pada Ibu Post Partum dengan Kelancaran ASI. Jurnal Kesehatan.

Tampubolon, C. E., Margono, M., & Retnaningsih, Y. (2021). Breast Massage Using Lavender Oil To Increase Breast Milk Production Of Breastfeeding Mothers. Interest: Jurnal Ilmu Kesehatan, 84-91.

Tulas, V. D., Kundre , R., & Bataha, Y. (2017). Hubungan Perawatan Luka

Perineum Dengan Perilaku Personal Hygiene Ibu Post Partum Di Rumah

Sakit Pancaran Kasih GMIM Manado. e-Jurnal Keperawatan (e-Kp), Vol.

5, No. 1, 1-9.

Utari, M. D., & Desriva, N. (2021). EFEKTIVITAS PERAWATAN PAYUDARA TERHADAP KELANCARAN PRODUKSI ASI PADA IBU POSTPARTUM DI RS. PMC. Menara Ilmu, 15(2).

Wijayanti, T.,  & Setiyaningsih, A. (2016).

Efektifitas Breast Care Post Partum Terhadap Produksi Asi. Jurnal Kebidanan.

Wulan, S., Gurusinga R. (2017). Pengaruh Perawatan Payudara (Breast Care) Terhadap Volume ASI Pada Ibu Post Partum (Nifas) di RSUD Deli Serdang SUMUT. Jurnal Kebidanan. Vol. 1

Yanti, P. D. (2017). Hubungan Pengetahuan, Sikap Ibu Dengan Bendungan ASI di

Puskesmas    Sidomulyo    Pekanbaru,

2(February), 81–89

Yuniarti, Y. (2018). METODE BREAST CARE MENINGKATKAN VOLUME ASI PADA IBU NIFAS. Media Informasi, 14(2), 171

174.

Volume 10, Nomor 4, Agustus 2022

417