Authors:

PRATAMA I.G.W, I W. SUKANATA

Abstract:

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut-atribut yang menjadi preferensi konsumen, dan atribut-atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam membeli daging ayam broiler di pasar tradisional Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di empat pasar tradisional Kota Denpasar yaitu: Pasar Badung, Pasar Sanglah, Pasar Kreneng, dan Pasar Tamba, yang ditentukan secara purposive dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Responden adalah konsumen yang membeli daging ayam broiler pada empat pasar sampel tersebut diatas. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan bantuan kuisioner. Metode yang digunakan adalah analisis Chi-Square dan analisis sikap Multiatribute Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua atribut yang diteliti berbeda sangat nyata dalam taraf kepercayaan 99% yang berarti terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap atribut-atribut yang ada pada daging ayam broiler. Daging ayam broiler yang menjadi preferensi konsumen di pasar tradisional Kota Denpasar adalah daging ayam broiler yang memiliki warna karkas putih kekuningan, kulit yang bersih, bau daging segar, kodisi tulang utuh, daging yang segar, daging bagian dada, dan ukuran daging sedang dengan berat antara 1,1 sampai 1,5 kg. Berdasarkan analisis Multiatribut Fishbein diketahui atribut daging ayam broiler yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan membeli daging ayam broiler di pasar tradisional Kota Denpasar dari yang paling dipertimbangkan sampai dengan yang kurang dipertimbangkan berturut-turut adalah bagian karkas, warna karkas, bau daging, kesegaran daging, kebersihan kulit, kondisi tulang, dan ukuran karkas ayam broiler.”

Keywords

Keyword Not Available

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/tropika/full-18618

Published

2015-12-30

How To Cite

I.G.W, PRATAMA; SUKANATA, I W.. ANALISIS PREFRENSI KONSUMEN DALAM MEMBELI DAGING AYAM BROILER DI PASAR TRADISIONAL KOTA DENPASAR.Jurnal Peternakan Tropika, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 549-560, dec. 2015. ISSN 2722-7286. Available at: https://jurnal.harianregional.com/tropika/id-18618. Date accessed: 08 Jul. 2024.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

Vol 3 No 3 (2015)

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License