Authors:

Reza Arianto Sitanggang, Gede Kamajaya, Ni Luh Nyoman Kebayantini, Nyoman Ayu Sukma Pramestisari

Abstract:

“Penelitian ini berupaya mengkaji angkringan sebagai ruang publik yang dilihat dari alasan masyarakat tertarik untuk datang ke angkringan dan berbagai aktivitas yang biasa berlangsung di angkringan Kota Denpasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatif. Adapun teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah ruang publik dari Jurgen Habermas. Ruang publik menurut Jurgen Habermas merupakan suatu wadah bagi masyarakat untuk berkumpul dan mengomunikasikan ide, pandangan, dan informasi. Angkringan yang pada awalnya merupakan tempat untuk menikmati makanan dan minuman, kini berkembang menjadi ruang bagi pengunjung untuk berkumpul dan berinteraksi membahas ide, gagasan, dan informasi yang ada. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengunjung yang datang ke angkringan merasakan suatu kesederhanaan namun tetap dalam suasana nyaman dan santai. Angkringan juga dijadikan sebagai ruang bagi pengunjung untuk mengutarakan dan membicarakan pendapat atau aspirasi tentang sosial, politik, dan ekonomi. Selain itu, pembicaraan dan interaksi yang terjalin di angkringan bersifat bebas tanpa adanya institusi yang mengikat. Kata Kunci: Angkringan, Ruang Publik”

Keywords

Angkringan, Ruang Publik

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/sorot/full-91549

Published

2022-12-20

How To Cite

SITANGGANG, Reza Arianto et al. Membaca Sisi Lain Keberadaan Angkringan di Kota Denpasar.JURNAL ILMIAH SOSIOLOGI: SOROT, [S.l.], v. 2, n. 2, dec. 2022. ISSN 2827-914X. Available at: https://jurnal.harianregional.com/sorot/id-91549. Date accessed: 22 Jun. 2024.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

Vol 2 No 2 (2022): JISSOROT

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License