Authors:

Ni Made Wahyu Mustika Cahyaningsih

Abstract:

“Penelitian ini berjudul Aspek Psikologis dari Konflik Karakter Utama dalam Novel “The Guardian” oleh Nicholas Sparks. Novel ini adalah novel ketujuh yang ditulis oleh penulis Nicholas Sparks, yang diterbitkan pada bulan September 2013. Penelitian ini bertujuan meneliti dan menganalisis konflik yang dialami oleh tokoh utama di dalam novel dan aspek psikologis dari konflik tersebut yang dialami oleh tokoh utama. Data dikumpulkan melalui penelitian kepustakaan dan dianalisis dengan metode kualitatif. Teori yang digunakan didasarkan pada teori konflik yang diusulkan oleh Kenney, dan teori psikologi yang diusulkan oleh Bernhardt. Konflik Julie dapat dikategorikan menjadi konflik eksternal dan internal. Untuk konflik eksternal terjadi antara Richard Franklin dan Mike Harris. Karakter utama yang diwakili oleh Julie Barenson mendapat banyak perang antara benaknya dan dianalisis dalam konflik internal. Analisis aspek psikologis karakter utama terbagi atas keinginan, emosi, dan perasaan. Keinginan karakter utama yang digambarkan oleh narator cerita ini adalah ketika Julie ingin Richard berhenti mengikutinya lagi. Emosi adalah saat Julie sedih setelah mendapat konflik dengan Mike. Perasaannya adalah saat dia merasa kasihan kepada Richard karena dia tidak bisa pergi bersamanya lagi.”

Keywords

Keyword Not Available

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/sastra/full-35917

Published

2017-11-01

How To Cite

WAHYU MUSTIKA CAHYANINGSIH, Ni Made. The Psychological Aspects of Conflict of the Main Character in the Novel The Guardian by Nicholas Sparks.Humanis, [S.l.], v. 21, n. 1, p. 172-179, nov. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: https://jurnal.harianregional.com/sastra/id-35917. Date accessed: 08 Jul. 2024.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

Vol 21 No 1 (2017)

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License