Authors:

Sarah Novi Andriani

Abstract:

“Skripsi ini berjudul “Tindak Ilokusi dalam Naskah Film Steve Jobs” berfokus pada analisis tindak ilokusi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tipe-tipe tindak ilokusi beserta fungsinya serta menganalisis konteks situasi yang menentukan tindak ilokusi pada ucapan dalam naskah film Steve Jobs. Sumber data diambil dari ucapan karakter utama dalam naskah film Steve Jobs. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik mencatat serta menggunakan metode kualitatif dan deskriptif dalam menganalisis data. Penelitian ini menggunakan dua teori yaitu teori mengenai tipe tindak ilokusi oleh Searle dan teori konteks situasi yang diusulkan oleh Holmes. Terkait dengan analisis, ada lima tipe tindak ilokusi yaitu asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklarasi yang ditemukan dalam film. Fungsi dari masing-masing tipe yaitu menegaskan, mengeluh, menuduh, menginformasikan, memprediksi, membual, membujuk, menyimpulkan, menghina, meminta, menyarankan, memerintah, peringatan, menanyakan, mengundang, menolak, mengancam, berniat, menjanjikan, menyapa, berterima kasih, menyalahkan, memuji, meminta maaf, dan menyatakan.”

Keywords

Keyword Not Available

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/sastra/full-33121

Published

2017-08-01

How To Cite

NOVI ANDRIANI, Sarah. Illocutionary Acts in the Movie Script Steve Jobs.Humanis, [S.l.], v. 20, n. 1, p. 279-286, aug. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: https://jurnal.harianregional.com/sastra/id-33121. Date accessed: 08 Jul. 2024.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

Vol 20 No 1 (2017)

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License