Authors:

I Putu Bayu Krisnawan, I Ketut Gede Darma Putra, I Putu Agung Bayupati

Abstract:

“Penyakit kulit dan kelamin menjadi sangat marak di kalangan masyarakat di berbagai tingkatan di negara Indonesia. Puskesmas atau rumah sakit negeri jarang menyediakan fasilitas pengobatan penyakit kulit dan kelamin, mengakibatkan orang miskin harus berobat ke dokter spesialis yang memakan banyak sekali biaya. Sistem pakar yang di sajikan dengan Metode Certainty Factor dan Fuzzy Logic. Output dari program tersebut yaitu berupa hasil diagnosa penyakit kulit dan kelamin dan nilai persentase keyakinan dengan metode Certainty Factor dan Fuzzy Logic. Sistem Pakar Penyakit Kulit dan Kelamin dapat memberikan hasil diagnosa berupa nama penyakit yang di derita pasien beserta keterangan informasi penyakit dan langkah-langkah yang harus di lakukan dalam menyembuhkan penyakit yang di derita. Sistem Pakar Penyakit Kulit dan Kelamin dapat memberikan informasi persentase kemungkinan pasien mengidap suatu penyakit dengan tingkat rata-rata akurasi diagnosa menurut pakar sebesar 73%. Kata Kunci :Sistem Pakar, Certainty Factor, Fuzzy Logic, Kulit dan Kelamin.”

Keywords

:Sistem Pakar, Certainty Factor, Fuzzy Logic, Kulit dan Kelamin.

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/merpati/full-17906

Published

2016-01-15

How To Cite

BAYU KRISNAWAN, I Putu; GEDE DARMA PUTRA, I Ketut; AGUNG BAYUPATI, I Putu. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit dan Kelamin Dengan Metode Certainty Factor dan Fuzzy Logic.Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: https://jurnal.harianregional.com/merpati/id-17906. Date accessed: 08 Jul. 2024.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

Vol. 2 No. 3, Desember 2014

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License