Authors:

I Wayan Dharma Satriawan, I Gusti Made Arya Sasmita, I Putu Agung Bayupati

Abstract:

“Pertukaran informasi melalui SMS digunakan oleh banyak orang. Terkadang informasi yang bersifat rahasia juga dipertukarkan melalui layanan SMS. Pengiriman pesan melalui SMS tidak secara langsung sampai ke pemerima pesan, namun SMS terlebih dulu melewati Short Message Service Center (SMSC). SMS rahasia yang dikirimkan dapat diketahui oleh orang yang mempunyai hak akses ke SMSC ataupun oleh orang yang melakukan penyadapan, untuk melindungi pertukaran pesan rahasia melalui SMS perlu adanya aplikasi yang mampu melindungi kerahasiaan pesan yang dikirimkan, dalam hal tersebut ilmu kriptografi dapat digunakan untuk menjaga kerahasiaan pesan, dengan menggunakan algoritma RSA maka pesan dapat dienkripsi untuk keamanan pesan. Aplikasi SMS diterapkan pada platform android, karena platform android paling banyak digunakan oleh berbagai perangkat mobile. Aplikasi yang dibuat mampu melakukan enkripsi dan dekripsi terhadap alfabet, angka dan simbol-simbol. Aplikasi juga mampu melindungi pesan rahasia yang dikirimkan saat dilakukan penyadapan terhadap perangkat mobile yang digunakan. Kata Kunci: Android, Dekripsi, Enkripsi, SMS, Algoritma RSA”

Keywords

Android, Dekripsi, Enkripsi, SMS, Algoritma RSA

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/merpati/full-17876

Published

2016-01-15

How To Cite

DHARMA SATRIAWAN, I Wayan; MADE ARYA SASMITA, I Gusti; AGUNG BAYUPATI, I Putu. Aplikasi Enkripsi Sms Dengan Metode RSA Pada Smartphone Berbasis Android.Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: https://jurnal.harianregional.com/merpati/id-17876. Date accessed: 08 Jul. 2024.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

Vol. 2, No. 2, Agustus 2014

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License