Rancang Bangun Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Berbasis Android
on
MERPATI VOL. 4 NO. 1 APRIL 2016
ISSN: 2252-3006
Rancang Bangun Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Berbasis Android
Putut Rendra Wismawan, I Putu Agung Bayupati, I Ketut Adi Purnawan Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Bali, Indonesia e-mail: [email protected], [email protected], [email protected]
Abstrak
Gong kebyar merupakan jenis gamelan yang menghasilkan musik-musik keras dan dinamis di Bali. Gamelan Gong Kebyar tersusun atas beberapa instrumen. Gamelan Gong Kebyar dipakai untuk mengiringi tari-tarian atau memainkan tabuh-tabuhan instrumental. Tidak sedikit Masyarakat Bali yang kurang mengetahui barungan Gong Kebyar. Instrumen-instrumen penyusun barungan Gong Kebyar seperti Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong, dan Jublag mungkin kurang dikenal dan diketahui fungsinya dalam Gong Kebyar. Aplikasi Gamelan Gong Kebyar dirancang dengan memadukan seni budaya dan teknologi untuk menciptakan suatu media pengenalan berupa aplikasi berbasis Android. Hasilnya adalah sebuah aplikasi yang mampu dijadikan sebagai media pembelajaran tentang Gamelan Gong Kebyar dan instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong, dan Jublag pada khususnya, baik dari segi informasi maupun bagaimana cara memainkannya. Masyarakat di Bali diharapkan bisa lebih mengenal tentang gamelan melalui Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Berbasis Android.
Kata kunci: Gamelan, Gong Kebyar, Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong, Jublag, Android.
Abstract
Gong Kebyar is kind of gamelan that produce loud musics and dynamic in Bali. Gamelan Gong Kebyar composed of some instruments. Gamelan Gong Kebyar used to accompany dances or play instrumental percussion. Just a few of Balinese People who knows about the arrangement of Gong Kebyar. Instruments in Gong Kebyar like Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong, and Jublag perhaps less known about their functions in Gong Kebyar. Application of Gamelan Gong Kebyar designed with combine culture and technology to create an introduction media in form of application based on Android. The result is an application which as media of learning about Gamelan Gong Kebyar and instruments Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong, and Jublag in particular, both in terms of information and how to play it. Balinese people are expected to learn more about gamelan by mean of Gamelan Gong Kebyar in mobile based on Android.
Keywords: Gamelan, Gong Kebyar, Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong, Jublag, Android.
Teknologi dan perkembangan jaman yang merupakan dua unsur yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya memiliki hubungan yang sangat erat, dimana teknologi akan semakin berkembang yang berbanding lurus dengan perkembangan jaman. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh para aktivis dibidang teknologi untuk membantu para masyarakat sekitar agar lebih mengenal teknologi yang tengah berkembang.
Dewasa ini, perkembangan dunia IT tidak hanya dimanfaatkan dalam dunia bisnis, industri dan perfilman namun telah merambah ke dalam segala bidang. Hal yang paling menonjol dari perkembangan IT saat ini adalah aplikasi pada Platform Android. Smartphone
dengan Platform Android sudah banyak mulai dari harga yang terjangkau hingga harga yang mahal. Tidak menutup kemungkinan untuk semua kalangan memiliki Smartphone dengan Platform Android.
Smartphone Android juga menawarkan berbagai aplikasi yang tidak dapat terhitung lagi jumlahnya. Mulai dari aplikasi game, aplikasi olahraga, aplikasi pertukangan hingga aplikasi musik. Sudah tidak heran lagi jika sekarang melihat orang bermain gitar atau drum dengan Smartphone Android. Pembuatan Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag Berbasis Android bertujuan agar setiap orang dapat belajar bermain alat musik tradisional tanpa harus membeli alat musik yang diperlukan. Tentunya hal ini sangat membantu dalam proses belajar tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membeli alat musik yang harganya tergolong mahal dan langka peminatnya seperti halnya alat musik gamelan tradisional Bali khususnya instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag.
Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag biasanya di pergunakan bersama instrumen lain pada setiap upacara adat di Bali. Untuk dapat menumbuhkembangkan rasa kepedulian dan melestarikan gamelan tradisional Bali serta memahami lebih jauh mengenai gamelan tradisional maka timbulah ide untuk membuat sebuah aplikasi gamelan gong kebyar khususnya instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag yang berbasis Android.
Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag Berbasis Android diharapkan dapat digunakan sebagai pembelajaran awal cara memainkan instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag pada Platform Android. Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag Berbasis Android dibuat bukan untuk menggantikan keberadaan Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag sebagai warisan Budaya Bali, melainkan sebagai media pembelajaran dan pelestarian di era gobalisasi. Pembuatan Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag Berbasis Android bertujuan untuk melestarikan budaya daerah yang memungkinkan pengguna menggunakan gamelan tradisional Bali pada suatu aplikasi simulator gamelan tradisional Bali pada perangkat mobile berbasis Android.
Rancang Bangun Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag Berbasis Android terdapat beberapa tahapan penelitian yang dilakukan seperti pengumpulan data, desain UML, perancangan sistem, pengujian sistem dan sistem perbaikan.
Penelitian ini menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu metode wawancara dan metode kepustakaan. Metode wawancara dilakukan terhadap dosen pembimbing untuk mendapatkan bimbingan terkait dengan pendefinisian masalah dari sistem yang akan dibuat serta pengembangan sistem secara keseluruhan. Sedangkan metode kepustakaan dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari referensi buku, jurnal, serta artikel dari internet khususnya yang berkaitan dengan perancangan instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag dalam Aplikasi Gamelan Gong Kebyar.
Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag Berbasis Android merupakan sebuah aplikasi yang menyajikan seluruh bagian instrumen barungan Gamelan Gong Kebyar. User nantinya bisa memilih instrumen yang akan dimainkan dalam Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag Berbasis Android. Gambar 1 adalah gambaran umum sistem Aplikasi Gamelan Gong Kebyar.
Gambar 1. Gambaran Umum Sistem Aplikasi Gamelan Gong Kebyar.
Gambar 1 dijelaskan bahwa user akan memilih instrumen terlebih dahulu, kemudian jika ingin merekam suara gamelan maka bisa milih record, sedangkan load record merupakan tombol untuk memuat hasil rekaman yang telah direkam sebelumnya.
Beberapa teori penunjang digunakan sebagai dasar acuan dalam pembuatan Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag Berbasis Android. Teori penunjang tersebut yang disertakan antara lain teori tentang Gamelan Gong Kebyar, pengertian multitouch, Android, dan Corona SDK.
Gong Kebyar merupakan sebuah permainan gamelan yang menghasilkan musik-musik keras dan dinamis. Gamelan dipakai untuk mengiringi tari-tarian atau memainkan tabuh-tabuhan instrumental. Secara fisik gong kebyar adalah pengembangan dari gong gede dengan pengurangan beberapa instrumen. Peranan Trompong dalam gong kebyar dikurangi, bahkan pada tabuh-tabuh tertentu tidak dipakai sama sekali [1], Gangsa jongkoknya yang berbilah lima diubah menjadi Gangsa gantung berbilah sembilan atau sepuluh, Ceng-ceng Ricik yang terdiri dari empat sampai enam pasang diubah menjadi satu atau dua set Ceng-ceng Ricik kecil. Adapun beberapa jenis pukulannya adalah pukulan malpal, ngecek, ngelumbar dan lain-lain. Sedangkan fungsinya dalam barungan adalah untuk memperkaya ritme/angsel-angsel tanpa memakai teknik jalinan. Kendang yang semula dimainkan dengan memakai panggul diganti dengan pukulan tangan [2]. Gong kebyar berlaras pelog lima nada dan kebanyakan instrumennya memiliki sepuluh sampai dengan dua belas nada, karena konstruksi instrumennya yang lebih ringan jika dibandingkan dengan gong gede.
Android merupakan sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Google Inc. awalnya
membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Android sejak awal memiliki konsep sebagai software berbasis kode komputer yang didistribusikan secara terbuka (open source) dan gratis. Open source inilah sebenarnya kata kunci mengapa Android begitu seksi di mata para petualang gadget. Saat ini sudah terdapat beberapa versi Android yang telah diluncurkan [3].
-
3.3 Multitouch
Metode Multitouch adalah pengembangan dari touchpad dan touchscreen yang membuat pengguna lebih nyaman berinteraksi dengan komputer. Komponen dasar yang pasti dimiliki oleh alat input berbasis sentuh adalah Touch Sensor. Touch Sensor adalah sebuah lapisan penerima input dari luar monitor dimana sangat tanggap dengan sentuhan, maka dari itu sensornya juga merupakan sensor sentuh [4]. Touch sensor ini diletakkan di permukaan paling depan dari sebuah layar touchscreen, dengan demikian area yang responsif terhadap sentuhan menutupi area pandang dari layar monitor. Sensor pada layar sangat mempengaruhi jumlah sentuhan yg terdeteksi, ada yang bisa mendeteksi dua titik sentuh, bahkan sepuluh titik sentuh secara bersamaan. Hampir semua Smartphone Android sudah mendukung multitouch hingga sepuluh titik sentuh. Jenis sensor ini memiliki cara kerja sama, yaitu menangkap perubahan arus dan sinyal-sinyal listrik yang ada pada sensor tersebut, merekamnya dan mengubahnya menjadi titik-titik koordinat di atas layar, sehingga posisi dari sebuah sentuhan dapat diketahui dengan benar [5].
Corona adalah software development kit untuk membuat aplikasi di Platform seperti Android, iOS, amazon kindle dan Nook. Corona mendukung perangkat dengan processor minimal ARMv7 dan OS Android mulai dari versi 2.2 (Froyo) dan iOS mulai dari versi 4.3. Corona mengunakan ekstensi khusus bernama LUA [6]. Menggunakan bahasa pemrograman Lua, Corona SDK memiliki banyak API yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan aplikasi yang komplit. Corona dibuat oleh Ansca (http://www.anscamobile.com), sebuah perusahaan kecil di Palo Alto, California [7].
Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag Berbasis Android memiliki beberapa tampilan dalam penggunaanya.
Menu utama adalah tampilan awal ketika baru membuka aplikasi Gamelan Gong Kebyar berbasis Android.
Gambar 2. Tampilan Menu Utama.
Gambar 2 merupakan tampilan menu awal Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag Berbasis Android. Menu awal memiliki empat menu yaitu Menu Play merupakan menu untuk memainkan instrumen Gong Kebyar, tetapi sebelumnya user memilih instrumen yang akan dimainkan. Menu Setting merupakan menu untuk mengubah backsound dari aplikasi. Menu About merupakan menu untuk menampilkan informasi mengenai instrumen Gamelan Gong Kebyar, aplikasi dan pengembang aplikasi Gong Kebyar. Menu Exit merupakan menu untuk keluar dari aplikasi.
Gambar 3 merupakan tampilan memilih instrumen Gamelan Gong Kebyar pada Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag Berbasis Android.
-
Gambar 3. Tampilan Menu Memilih Instrumen
Gambar 3 diatas merupakan tampilan menu dalam memilih instrumen. User memilih instrumen yang akan dimainkan setelah memilih Play pada menu awal.
Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Berbasis Android memiliki beberapa instrumen.
Berikut dijelaskan khususnya instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag.
Memainkan instrumen reong dilakukan dengan menyentuh pencon yang dimainkan, sehingga mengeluarkan suara atau nada sesuai dengan pencon yang disentuh.
-
Gambar 4. Tampilan Memainkan Instrumen Reong
Gambar 4 merupakan tampilan instrumen reong yang dimainkan. Instrumen reong dapat dimainkan dengan Multitouch, baik dengan satu atau dua tangan sekaligus.
Memainkan instrumen jublag dapat dilakukan dengan cara menyentuh bilah yang dimainkan, sehingga mengeluarkan nada sesuai dengan bilah yang disentuh.
Gambar 5. Tampilan Memainkan Instrumen Jublag
Gambar 5 merupakan tampilan instrumen jublag yang dimainkan. Instrumen jublag hanya dapat dimainkan dengan satu tangan sesuai dengan cara permainan jublag sebenarnya.
Memainkan instrumen Ceng-ceng Ricik dapat dilakukan dengan cara menyentuh bilah-bilah tersebut, sehingga mengeluarkan nada sesuai dengan bilah Ceng-ceng ricik.
Gambar 6. Tampilan Memainkan Instrumen Ceng-ceng Ricik
Gambar 6 merupakan tampilan instrumen Ceng-ceng Ricik yang dimainkan. Instrumen Ceng-ceng Ricik dapat dimainkan dengan Multitouch, baik dengan satu atau dua tangan sekaligus.
Memainkan instrumen kemong dapat dilakukan dengan cara menyentuh penconnya, sehingga mengeluarkan suara atau nada sesuai dengan instrumen kemong sebenarnya.
-
Gambar 7. Tampilan Memainkan Instrumen Kemong
-
Gambar 7 merupakan tampilan instrumen kemong yang dimainkan. Instrumen kemong hanya dapat dimainkan dengan satu tangan sesuai dengan cara permainan kemong sebenarnya.
Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag Berbasis Android telah memiliki fitur Multitouch yang menggunakan fungsi system.activate ("multitouch") pada corona SDK, fitur stopper atau “Nekep” yang ada pada beberapa instrumen yang menggunakan fungsi media.stopSound(), berpasangan dengan fungsi pemanggil suara yaitu fungsi media.playSound("nama folder/nama sound yang dipanggil") pada corona SDK, fitur Record dan Load Record yang menggunakan fungsi timer pada corona SDK.
-
4.5 Fitur Record dan Load Record
Fitur Record dan Load merupakan fitur yang terdapat di dalam Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag Berbasis Android, yang berfungsi untuk merekam permainan masing-masing instrumen dan memainkan kembali hasil rekaman. Fitur record memanfaatkan fungsi timer pada corona SDK, dimana fungsi timer aktif ketika user menekan tombol record. Masing-masing area yang disentuh untuk menampilkan suara instrumen juga terdapat fungsi timer.pause() dan timer.resume(). Fungsi-fungsi ini berfungsi untuk mencatatkan waktu dan area-area yang disentuh pada saat proses merekam yang kemudian tersimpan di dalam sistem. Timer diset ulang menjadi 0 setelah proses pencatatan dan terus berlanjut sampai user menekan tombol stop.
Data yang sudah direkam dapat di load kembali (diputar kembali) dengan menekan tombol load. Fitur load memanfaatkan fungsi timer.performWithDelay() yang berfungsi untuk memanggil kembali fungsi-fungsi yang merekam nada setiap instrumen yang telah tersimpan untuk dimainkan kembali secara otomatis. Apabila rekaman yang dimainkan telah habis, maka semua fungsi kembali seperti semula.
Unjuk kerja Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag Berbasis Android dilakukan dengan sistem HVS (Human Visual System) atau penglihatan manusia terhadap 30 koresponden melalui sarana kuesioner yang meliputi 20 orang ahli Gong Kebyar yang mengerti nada dan permainan Gong Kebyar serta 10 orang masyarakat umum yang tidak begitu mengerti memainkan Gong Kebyar.
Unjuk kerja aplikasi pada orang ahli gong kebyar dilakukan oleh 20 orang penabuh di Sanggar Panji Ulangun Santhi (Pangus) yang berlokasi di Desa Tihingan Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung.
Tabel 1. Unjuk Kerja Aplikasi Pada Ahli
Pertanyaan |
Jawaban | ||||
Sangat kurang |
Kurang |
Sedang |
Baik |
Sangat Baik | |
Desain Antar Muka | |||||
Kesesuaian penggunaan warna latar belakang |
0 % |
0 % |
10 % |
50 % |
40 % |
Kesesuaian penggunaan warna tulisan dan desain latar belakang |
0 % |
0 % |
5 % |
60 % |
35 % |
Kesesuaian letak dan ukuran tombol |
0 % |
0 % |
10 % |
55 % |
35 % |
Kesesuaian letak desain instrumen Gamelan Gong Kebyar |
0 % |
0 % |
0 % |
50 % |
50 % |
Kesesuaian tampilan menu Setting |
0 % |
0 % |
5 % |
60 % |
35 % |
Kesesuaian tampilan menu About |
0 % |
0 % |
15 % |
35 % |
50 % |
Rata-rata |
0 % |
0 % |
7. 5 % |
51.67 % |
40.83 % |
Penggunaan Aplikasi | |||||
Ketepatan nada ketika instrumen dimankan |
0 % |
0 % |
5 % |
60 % |
35 % |
Variasi pukulan pada setiap instrumen gamelan |
0 % |
0 % |
15 % |
35 % |
50 % |
Kemudahan Memainkan Instrumen Reong |
0 % |
0 % |
10 % |
50 % |
40 % |
Kemudahan Memainkan Instrumen Ceng-ceng Ricik |
0 % |
0 % |
5 % |
50 % |
45 % |
Kemudahan Memainkan Instrumen Kemong |
0 % |
0 % |
5 % |
45 % |
50 % |
Kemudahan Memainkan Instrumen Jublag |
0 % |
0 % |
0 % |
50 % |
50 % |
Kemudahan penggunaan aplikasi keseluruhan |
0 % |
0 % |
10 % |
45 % |
45 % |
Kesesuaian Instrumen Reong pada aplikasi dengan aslinya |
0 % |
0 % |
5 % |
35 % |
60 % |
Kesesuaian Instrumen Ceng-ceng Ricik pada aplikasi dengan aslinya |
0 % |
0 % |
5 % |
25 % |
70 % |
Kesesuaian Instrumen Kemong pada aplikasi dengan aslinya |
0 % |
0 % |
5 % |
40 % |
55 % |
Kesesuaian Instrumen Jublag pada aplikasi dengan aslinya |
0 % |
0 % |
5 % |
45 % |
50 % |
Rata-rata |
0 % |
0 % |
6.36 % |
43.64 % |
50 % |
Fitur Aplikasi | |||||
Fitur Multitouch pada aplikasi |
0 % |
0 % |
35 % |
35 % |
30 % |
Fitur Record pada aplikasi |
0 % |
0 % |
25 % |
25 % |
50 % |
Rata-rata |
0 % |
0 % |
30 % |
30 % |
40 % |
Tabel 1 merupakan data hasil kuesioner terhadap para ahli. Kuesioner ini memiliki beberapa aspek kriteria penilaian antara lain desain user interface, penggunaan aplikasi dan fitur aplikasi.
■ Sangat Kurang
■ Kurang
■ Sedang
■ Bagus
■ Sangat Bagus
Gambar 8. Grafik Uji Coba Aplikasi Pada Orang Ahli
Berdasarkan grafik pada Gambar 8 dapat disimpulkan beberapa hal seperti berikut:
-
1. Aspek desain user interface memiliki rata-rata tertinggi pada jawaban bagus sebesar
51,67%.
-
2. Aspek penggunaan aplikasi memiliki rata-rata tertinggi pada jawaban sangat bagus
sebesar 50 %.
-
3. Aspek fitur aplikasi memiliki rata-rata tertinggi pada jawaban sangat bagus sebesar 40%.
Unjuk kerja aplikasi pada orang awam dilakukan oleh 10 orang masyarakat umum yang tidak begitu paham mengenai permainan gong kebyar.
Tabel 2. Unjuk Kerja Aplikasi Pada Orang Awam
Pertanyaan |
Jawaban | ||||
Sangat kurang |
Kurang |
Sedang |
Baik |
Sangat Baik | |
Desain Antar Muka | |||||
Kesesuaian penggunaan warna latar belakang |
0 % |
0 % |
10 % |
80 % |
10 % |
Kesesuaian penggunaan warna tulisan dan desain latar belakang |
0 % |
0 % |
10 % |
80 % |
10 % |
Kesesuaian letak dan ukuran tombol |
0 % |
0 % |
30 % |
70 % |
0 % |
Kesesuaian letak desain instrumen Gamelan Gong Kebyar |
0 % |
0 % |
20 % |
70 % |
10 % |
Kesesuaian tampilan menu Setting |
0 % |
0 % |
50 % |
50 % |
0 % |
Kesesuaian tampilan menu About |
0 % |
20 % |
20 % |
60 % |
0 % |
Rata-rata |
0 % |
3.33 % |
23.3 % |
68.3 % |
5 % |
Penggunaan Aplikasi | |||||
Ketepatan nada ketika instrumen dimankan |
0 % |
0 % |
0 % |
90 % |
10 % |
Variasi pukulan pada setiap instrumen gamelan |
0 % |
0 % |
0 % |
80 % |
20 % |
Kemudahan Memainkan Instrumen Reong |
0 % |
0 % |
20 % |
80 % |
0 % |
Kemudahan Memainkan Instrumen Ceng-ceng Ricik |
0 % |
0 % |
30 % |
60 % |
10 % |
Kemudahan Memainkan Instrumen Kemong |
0 % |
0 % |
10 % |
90 % |
0 % |
Kemudahan Memainkan Instrumen Jublag |
0 % |
0 % |
0 % |
80 % |
20 % |
Kemudahan penggunaan aplikasi keseluruhan |
0 % |
0 % |
10 % |
80 % |
10 % |
Kesesuaian Instrumen Reong pada aplikasi dengan aslinya |
0 % |
0 % |
10 % |
80 % |
10 % |
Kesesuaian Instrumen Ceng-ceng Ricik pada aplikasi dengan aslinya |
0 % |
0 % |
10 % |
90 % |
0 % |
Kesesuaian Instrumen Kemong pada aplikasi dengan aslinya |
0 % |
0 % |
10 % |
70 % |
20 % |
Kesesuaian Instrumen Jublag pada aplikasi dengan aslinya |
0 % |
0 % |
10 % |
90 % |
0 % |
Rata-rata |
0 % |
0 % |
10 % |
80.9 % |
9.09 % |
Fitur Aplikasi | |||||
Fitur Multitouch pada aplikasi |
0 % |
0 % |
0 % |
70 % |
30 % |
Fitur Record pada aplikasi |
0 % |
0 % |
0 % |
80 % |
20 % |
Rata-rata |
0 % |
0 % |
0 % |
75 % |
25 % |
Tabel 2 merupakan data hasil kuesioner terhadap masyarakat umum yang tidak begitu paham dalam memainkan Gamelan Gong Kebyar. Kuesioner ini memiliki beberapa aspek kriteria penilaian antara lain desain user interface, penggunaan aplikasi dan fitur aplikasi.
Unjuk Kerja Aplikasi (%)
90.00%
80.00%
■ Sangat Kurang
■ Kurang
■ Sedang
■ Bagus
■ Sangat Bagus
Desain Antar Penggunaan Fitur Aplikasi
Muka Aplikasi
70.00%
60.00%
50.00%
40.00%
30.00%
20.00%
10.00%
0.00%
Gambar 9. Grafik Uji Coba Aplikasi Pada Orang Awam
Berdasarkan grafik pada Gambar 9 dapat disimpulkan beberapa hal seperti berikut: 1. Aspek desain user interface memiliki rata-rata tertinggi pada jawaban bagus sebesar
68,3%.
-
2. Aspek penggunaan aplikasi memiliki rata-rata tertinggi pada jawaban bagus sebesar
80,9%.
-
3. Aspek fitur aplikasi memiliki rata-rata tertinggi pada jawaban bagus sebesar 75 %.
Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong dan Jublag Berbasis Android dibuat dengan menggunakan Corona SDK untuk dapat dijalankan pada perangkat mobile berbasis Android. Proses pengambilan suara dari tiap instrumen gamelan dilakukan dengan proses record dari instrumen aslinya yang bertempat di sanggar Panji Ulangun Santhi (Pangus) Desa Tihingan, Klungkung. Unjuk kerja dari aplikasi meliputi unjuk kerja terhadap variasi pukulan pada masing-masing instrumen, kesesuaian instrumen gamelan dalam aplikasi dengan gamelan pada aslinya, fitur multitouch dan fitur record yang sudah dapat berjalan. Cara kerja dari Aplikasi Gamelan Gong Kebyar dapat dimainkan dengan singletouch dan multitouch. Secara umum aplikasi sudah dapat berjalan dengan bagus, hal ini dapat dinilai melalui kuesioner yang telah disebarkan kepada 20 orang korespoden yang ahli dalam memainkan Gong Kebyar dan 10 orang koresponden masyarakat umum yang tidak begitu paham dalam memainkan Gong Kebyar.
Daftar Pustaka
-
[1] http://blog.isi-dps.ac.id/wahyukumara/reong-pada-gong-kebyar. Diakses pada tanggal 1 Mei 2014
-
[2] Ariatmaja, Yudha. Rancang Bangun Aplikasi Gamelan Jegog (Barangan, Kancil dan Tawa-Tawa) Multitouch Berbasis Android. Naskah Tugas Akhir. Bali: Universitas Udayana; 2014.
-
[3] http://developer.Android.com/index.html. Diakses pada tanggal 3 Mei 2014
-
[4] Wiputra, IG. E. Rancang Bangun Aplikasi Android Instrumen Gamelan Rindik Berbasis Multitouch. Naskah Tugas Akhir. Bali: Universitas Udayana; 2014.
-
[5] Winanditia, GNP Satria. Rancang Bangun Aplikasi Gamelan Angklung Tradisional Bali Berbasis Android. Naskah Tugas Akhir. Bali. Universitas Udayana; 2014.
-
[6] http://docs.coronalabs.com/api/index.html. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2014
-
[7] Wiputra, IG. E., Putra, IK. G. D., Bayupati, IP. A. Multitouch Based Android Application
Gamelan Rindik. Bali. Department of Information Technology. Faculty of Engineering. Udayana University; 2014.
63
Rancang Bangun Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Berbasis Android
(Putut Rendra Wismawan)
Discussion and feedback