MERPATI VOL. 2, NO. 2, AGUSTUS 2014

ISSN: 2252-3006

Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pemesanan Bunga Berbasis Android

Sri Ambar Pratiwi, I Made Sukarsa, I Ketut Adi Purnawan

Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana Bukit Jimbaran, Bali, Indonesia, telp. +62361703315

e-mail: [email protected], [email protected], [email protected]

Abstrak

Android adalah sistem operasi bergerak (mobile operating system) yang mengadopsi sistem operasi Linux, namun telah dimodifikasi. Android merupakan sistem operasi yang terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri secara bebas. Bisnis online memiliki prospek yang cukup besar pada saat ini dan dimasa mendatang dimana hampir semua orang menginginkan kepraktisan dan kemudahan dalam hal memenuhi kebutuhan. Perdagangan produk bunga biasanya dipasarkan dengan pasif atau dengan menempati sebuah tempat untuk memasarkannya atau yang biasa disebut toko bunga atau sudah ada yang menggunakan Online Marketing melalui email dan web. Aplikasi pemesanan bunga berbasis android ini bertujuan untuk mempermudah pemasaran produk dan menjangkau konsumen melalui smartphone yang dimiliki masing-masing konsumen. Software yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah Eclipse dengan menggunakan metode Hybrid Apps yaitu gabungan Java dengan PHP dengan menggunakan fungsi WebView.

Kata Kunci : Android, Online Marketing, Toko Bunga, Eclipse, Hybrid Apps, Webview.

Abstract

Android is a mobile operating system that adopted from Linux operating system, but has been modified. Android is an open source operating system for developers to create their own applications freely. Online business has a great prospect at this time and in the future where almost everyone wants practicality and convenience for their needs. Trade products are usually marketed with a passive interest or to occupy a place to market or commonly called the flower shop, or using email and web. Android-based applications flower ordering is intended to facilitate the marketing of products and reach customers via smartphones owned by each customer. Software used in the making of this application is Eclipse using the Hybrid Apps method which is a combination of Java with PHP and with using the android implementation of the web browser control is called WebView.

Keywords: Android, Online Marketing, Flower Shop, Eclipse, Hybrid Apps, Webview

  • 1.    Pendahuluan

Aplikasi sistem merupakan paket perangkat lunak komputer yang memiliki elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dan memiliki jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu [1]. Perkembangan teknologi saat ini banyak dimaanfaatkan dalam dunia bisnis salah satunya online marketing berupa sebuah aplikasi mobile berbasis Android. Android adalah sistem operasi untuk perangkat bergerak yang berbasis Linux [2].

Toko bunga merupakan salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang penjualan barang dan jasa yaitu bidang usaha yang menjual bunga dan berbagai produk kreasi dari bunga. Toko bunga juga biasa disebut dengan florist. Kata florist berasal dari bahasa inggris.

Perkembangan teknologi saat ini membuat aplikasi sistem yang bersifat online marketing dapat diaplikasikan pada Smartphone android yang mendukung fungsi touchscreen. Aplikasi

online marketing pada smartphone ini dapat dimanfaatkan sebagai media bagi para produsen penyedia barang dan jasa untuk meningkatkan pemasaran produk dan jasanya dengan lebih mudah dan tepat sasaran. Saat ini pemasaran produk dan jasa toko bunga dengan menggunakan aplikasi sistem masih jarang ditemui. Berdasarkan perihal tersebut Penulis tertarik untuk membuat sebuah aplikasi sistem yang akan diberi judul “FlowersHower”. Aplikasi ini bertujuan untuk memasarkan barang dan jasa dari banyak toko bunga yang sudah mendaftar secara online ke sistem.

  • 2.    Metode Penelitian

Aplikasi sistem ini diimplementasikan pada platform Android. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan metode Hybrid Apps yang merupakan gabungan Java dan PHP. Tahap desain terdiri dari beberapa tahapan, yaitu pertama perancangan Sistem, dan gambaran umum sistem.

  • 2.1    Gambaran Umum Sistem

Aplikasi sistem pemesanan bunga berbasis Android ini memiliki beberapa fitur yang dapat membantu konsumen dalam dalam melakukan transaksi pemesanan dan memiliki mobilitas kerja yang semakin tinggi, dengan aplikasi ini konsumen dapat melakukan banyak pemesanan bunga pada toko bunga tertentu. Gambar 1 dibawah ini merupakan gambaran umum sistem. User melakukan transaksi dengan aplikasi yang sudah terinstal pada smartphone masing-masing user kemudian di proses oleh sistem dan user toko bunga melakukan proses selanjutnya dengan menggunakan sistem berbasis web.

Gambar 1. Gambaran umum sistem

  • 2.2    Permodelan Sistem

Perangkat pemodelan sistem merupakan perangkat yang digunakan untuk memodelkan suatu sistem yang dibangun dalam bentuk arus data DFD (Data Flow Diagram) dan perancangan Database.

  • 2.2.1    Data Flow Diagram (DFD) Level 0

Data Flow Diagram Level 0 merupakan pengembangan dari diagram konteks yang telah dibuat sebelumnya. Gambar 2 menunjukkan Data Flow Diagram (DFD) dari aplikasi sistem pemesanan bunga.

Gambar 2. Diagram Alir Data Level 0

  • 2.2.2    Perancangan Database

Dari DFD sistem didapatkan hasil skema tabel pada yang ditunjukkan pada Gambar 3.

Gambar 3. Rancangan Database Sistem

  • 3.  Kajian Pustaka

    • 3.1 Android

Android adalah sistem operasi berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri. Android adalah sebuah software untuk perangkat mobile yang mencakup sistem operasi dan middleware, Android SDK menyediakan alat dan application programming interface (API) yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi pada platform Android menggunakan bahasa pemrograman Java.

Perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler. Android menyediakan platform terbuka bagi para

pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam

peranti mobile. Beberapa fitur utama dari Android antara lain WiFi hotspot, Multi-touch, Multitasking, GPS, Support Java, mendukung banyak jaringan (GSM/EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE, and WiMAX) dan juga kemampuan dasar handphone pada umumnya [2].

  • 3.2    Hybrid Apps

Hybrid Apps adalah kategori spesial dari aplikasi web yang memberikan lingkungan aplikasi berbasis web melalui penggunaan dari native platform APIs yang tersedia pada perangkat yang diberikan. Pola rancangan aplikasi hybrid sama terpasang pada mobile dan dekstop. Hybrid Apps menggunakan lapisan abstrak web-to-native yang mengijinkan javascript untuk mengakses banyak kemampuan perangkat tertentu dan native APIs bukan akses umum dari web browser perangkat mobile itu sendiri [3].

  • 3.3    Webview

Implementasi Android dari kedali web browser disebut WebView. WebView menggunakan WebKit terbuka yang menjadikan mesin untuk menampilkan dan mengeksekusi konten web. Satu dari fungsi yang ditunjukkan sebagai bagian dari WebView API adalah sebagai berikut.

Metode ini memberikan objek java ke dalam WebView. Penyisipan objek java ini dapat diakses melalui javascript sebagai variabel global dengan nama penyedia fungsi java yang sama. WebView merupakan teknik yang kuat dan berguna yang dapat dilakukan ketika membuat aplikasi hybrid [3].

  • 3.4    Eclipse

Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform independent). Berikut ini adalah sifat dari Eclipse [2]:

  • 1.   Multi-platform:  Target  sistem operasi  Eclipse  adalah  Microsoft Windows,  Linux,

Solaris,AIX, HP-UX dan Mac OS X.

  • 2.  Mulit-language: Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, akan

tetapiEclipse mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman lain sepertiC/C++, Cobol, Python, Perl, PHP, dan lain sebagainya.

  • 3.    Multi-role: Selain sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi. Eclipse bisa digunakan untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak seperti dokumentasi, pengujian perangkat lunak, pengembangan web, dan lain sebagainya.

Eclipse merupakan salah satu IDE favorit karena gratis dan open source. Open source berarti setiap orang boleh melihat kode pemrograman perangkat lunak ini, Selain itu kelebihan dari Eclipse yang membuatnya populer adalah kemampuannya untuk dapat dikembangkan oleh pengguna dengan membuat komponen yang disebut plugin [2].

  • 3.5    PHP

PHP (Hypertext Preprocessor) adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk pemrograman situs web dinamis. PHP juga dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS. PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada Tahun 1995, pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web lalu Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak pemrogram yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.

Versi terakhir dari PHP adalah PHP 5.0. Versi tersebut merupakan inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek [4].

  • 3.6    MySql

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (Database management system) atau DBMS yang Multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual di bawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

MySQL adalah sebuah implementasi dari sistem manajemen basisdata relasional (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis di bawah lisensi GPL (General Public License). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian basisdata, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis [5].

  • 3.7    JAVA

Java adalah sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh perusahaan Sun Microsytem. Sun Microsystem melaksanakan Proyek Green pada Tahun 1991 untuk menciptakan sebuah bahasa yang digunakan dapa chip-chip emebedded untuk device inteligent consumer electronic. Java merupakan suatu teknologi di dunia Software komputer, yang merupakan suatu bahasa pemrograman, dan sekaligus suatu Platform. Sebagai bahasa pemrograman, Java dikenal sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi. Java juga dirancang agar dapat dijalankan di semua Platform. Java juga dirancang untuk menghasilkan aplikasi– aplikasi dengan performansi yang terbaik, seperti aplikasi Database Oracle 8i/9i yang core-nya dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java. Java bersifat neutral architecture, karena Java Compiler yang digunakan untuk mengkompilasi kode program Java dirancang untuk menghasilkan kode yang netral terhadap semua arsitektur perangkat keras yang disebut sebagai Java Bytecode.

Perkembangannya menjadi terancam karena suatu hal. Fitur-fitur Java cocok dengan pengembangan internet, maka Java diarahkan untuk pemrograman web. Perkembangan Java telah menjadi sebuah bahasa universal yang mendukung pemrograman desktop.

Penanaman Java terinspirasi ketika anggota tim sedang minum kopi di sebuah kedai. Salah seorang dari mereka bercanda tentang kopi dan teringat pada Pulau Jawa. Akhirnya, mereka sepakat untuk menamakan bahasa Java dengan logo secangkir kopi panas [6].

  • 4.    Hasil dan Pembahasan

Aplikasi sistem pemesanan bunga “FlowersHower” dapat di-install pada perangkat android dengan os (operating system) minimal android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt). Berikut ini adalah hasil print screen dari aplkasi sistem pemesanan bunga “FlowersHower”. Analisa sistem dilakukan dengan uji coba sistem dengan menggunakan dua perangkat Android sebagai client dan satu buah laptop sebagai client server. Analisis sistem mendapatkan hasil yaitu kelebihan sistem, kekurangan sistem, dan kelayakan sistem.

  • 4.1    Tampilan Aplikasi Sistem “FlowersHower”

Tampilan aplikasi sistem “FlowersHower” akan dijelaskan pada subbab ini dan juga uji coba sistem. Gambar 4 merupakan tampilan awal aplikasi yaitu “Member LoginForm. Pada form ini user harus login dengan menggunakan email dan memasukkan password yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Gambar 4. user login form

Gambar 5 dibawah ini merupakan register user form yang berfungsi untuk user yang belum memiliki akun pada sistem ini.

Gambar 5. register user form

Tampilan seperti dibawah ini merupakan tampilan utama sistem. Tampilan ini memiliki header utama yang terdiri dari dan memiliki sidebar menu dan empat buttons, yaitu pencarian, beranda, keranjang belanja, dan account setting. Bagian body tampilan utama sistem adalah toko bunga yang sudah terdaftar pada sistem.

Gambar 6. Tampilan utama sistem

Toko bunga berisikan beberapa produk yang sudah didaftarkan oleh user_admin dan sebuah tombol ”add to cart” yang berfungsi utntuk menambahkan produk ke dalam keranjang belanja seperti ditampilkan pada Gambar 7.

Gambar 7. Tampilan utama sistem

Setelah member melakukan penambahan produk ke dalam keranjang belanja akan muncul tampilan keranjang belanja yang berisi list produk yang sudah ditambahkan ke dalam keranjang dan berikut tampilan keranjang belanja seperti ditunjukkan pada Gambar 8.

Gambar 8. Tampilan keranjang belanja

Gambar 9 di bawah ini merupakan tampilan setelah user melakukan “Checkout” keranjang belanja yang menampilkan rekap belanja per keranjang dan harga total yang harus dibawarkan oleh user.

Gambar 9. Tampilan rekap belanja

Fitur selanjutnya adalah pencarian produk dan toko bunga seperti Gambar 10 di bawah ini.

Gambar 10. Tampilan pencarian

  • 4.2    Analisa Kelebihan Aplikasi

Kelebihan sistem merupakan keunggulan dari sistem yang dibangun dan memberikan manfaat bagi pengguna sistem ini. Aplikasi sistem pemesanan bunga berbasis Android memiliki keunggulan yang dapat dijelaskan sebagai berikut :

  • 1.     Aplikasi sistem pemesanan bunga berbasis Android dapat membaca Database secara

dinamis baik aplikasi pada admin dan member apabila ada perubahan data pada Database MySQL.

  • 2.      Aplikasi dapat menyediakan layanan dasar dari business process sistem informasi yaitu

insert, update, delete dan read data dari database.

  • 3.     Aplikasi dapat membantu pemesanan bunga karena dapat menangani pemesanan

menggunakan aplikasi Android.

  • 4.3    Analisa Kekurangan Aplikasi

Mengingat keterbatasan pengetahuan dari penulis dalam melakukan perancangan, pembuatan dan implementasi sistem maka pada sistem masih terdapat kekurangan dan kelemahan diantaranya adalah sistem ini merupakan sistem yang menggunakan fasilitas internet untuk melakukan semua proses yang terjadi pada sistem saat mengakses basis data, oleh karena itu jika tidak ada akses internet atau terjadi down pada server maka proses pesanan yang terjadi akan terganggu seperti keterlambatan proses pesanan di sistem bahkan

yang lebih buruk adalah hilangnya data pelanggan, toko bunga, pesanan, dan data yang berkaitan dengan sistem.

  • 4.4    Analisa Kelayakan Sistem

Hasil analisa sistem sudah layak digunakan berdasarkan fungsi utamanya yaitu memesan produk dari toko bunga tertentu dan memroses pesanan tersebut, namun untuk mengkomersilkan sistem ini masih perlu dilakukan beberapa pengembangan seperti sistem potongan harga pada produk, penjadwalan pengiriman produk, atau beberapa detail proses yang diperlukan oleh perusahaan.

  • 5.    Kesimpulan

Aplikasi sistem pemesanan bunga “FlowersHower” dibuat menggunakan sofware Eclipse dengan bahasa pemrograman Java. Aplikasi ini dapat di-install pada device android dengan operating system minimal Android Versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt). Berdasarkan hasil survey, aplikasi ini tergolong baik dari aspek rekayasa perangkat lunak. Melaui hasil penilaian kuisioner, aplikasi ini dapat memperluas pemasaran dan memudahkan user untuk memesan bunga dari banyak toko bunga yang ada. Aplikasi sistem pemesanan bunga “FlowersHower” ini dibuat dengan desain form yang menarik dan juga alur pemesanan yang mudah digunakan oleh pengguna.

Daftar Pustaka

  • [1]    Jogiyanto, HM. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta, Indonesia. 2005.

  • [2]    Agustina, Rini. Pemrograman Aplikasi Android. Yogyakarta, Indonesia. 2012.

  • [3]    Gok, Nizamettin and Nitin Khanna. Building Hybrid Android Apps. O’REILLY. Canada. 2013.

  • [4]    Dwiartara, Loka. 2010. Menyelam dan Menaklukan Samudra PHP (http://www.ilmuwebsite.com) diakses pada 12 Desember 2013.

  • [5]    Abdul Kadir. Konsep & Tuntunan Praktis Basis Data. Yogyakarta, Indonesia. 1999.

  • [6]    WAHANA KOMPUTER. Aplikasi Database dengan Java dan MySQL. Semarang, Jawa

Tengah, Indonesia. 2008.

Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pemesanan Bunga Berbasis Android (Sri Ambar

Pratiwi)

214