Authors:

Yoga Nugraha Palguna, A. A. Ketut Agung Cahyawan Wiranatha, Putu Wira Buana

Abstract:

“Game adalah sebuah media hiburan yang dapat memberikan edukasi bagi penggunanya. Aplikasi game RPG Little Krishna Adventure merupakan salah satu pemanfaatan game edukasi untuk pelestarian budaya, yaitu kisah awatara Krishna. Awatara Krishna merupakan reinkarnasi Dewa Wisnu kedelapan sebagai putra kedelapan Prabu Basudewa dan Puteri Dewaki. Game RPG Little Krishna Adventure diimplementasikan dalam aplikasi game 2D yang ber-genre petualangan dirancang single player dibuat pada platform android. Game RPG Little Krishna Adventure didesain sehingga dapat digunakan sebagai sarana untuk pendidikan, memperkenalkan, mengajarkan dan melestarikan salah satu warisan budaya tentang kisah Keagungan Tuhan yaitu Awatara Krishna. Analisis dilakukan menggunakan kuesioner yang diujikan kepada 30 orang anak dengan hasil tergolong baik dari aspek interface game sebesar 51%, tergolong sangat baik dari aspek rekayasa perangkat lunak sebesar 56% dari aspek entertainment game sebesar 55% dari aspek pemahaman game sebesar 63% dan dari aspek keseluruhan game sebesar 73%. Game RPG Little Krishna Adventure dapat disimpulkan mampu menjadi referensi baru tentang cerita Awatara Krishna saat kecil.”

Keywords

Keyword Not Available

Downloads:

Download data is not yet available.

References

  • [1] Nyoman S. Pendit,(2003). MAHABRATA, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  • [2] Ludvyah Ekawati, Putri., Achmad Zakki Falani. (2015). Pemanfaatan Teknologi Game Untuk Pembelajaranmengenal Ragam Budaya Indonesia Berbasis Android. Jurnal Link Vol 22, No. 1, Pp. 30-36.
  • [3] Andika, Rizky., Arief Samdani Siregar, Aldiansyah, Rahmadi Wijaya, S.Si., M.T., dan Hariandi Maulid, ST., M.Sc. (2015). Game Android: Petualangan Bima Manusia Monyet, 15.06.284_jurnal_eproc.pdf. Prodi D3 Teknik informatika, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom. URL: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/…/game-android-petualangan-bima-manusia-monyet
  • [4] Suryanata, I Made, I Putu Agung Bayupati dan Kadek Suar Wibawa. (2016). Rancang Bangun Game Hanoman Heroes pada Platform Android. Merpati, vol. 4, no. 2, pp. 135-142.
  • [5] Yuningsih, Winda., Sri Setyaningsih, Lita Karlitasari. Aplikasi Pengenalan Budaya Suku Baduy Berbasis Android. e-jurnal winda 065112319.pdf - Scribd.
  • [6] Arjoranta, Jonne. (2011). Defining Role Playing Game As Language Game. International Journal Of Role Playing, 1 (2), 3-17. Retrieved from http://www.ijrp.subcultures.nl/wp-content/issue2/IJRPissue2-Article1.pdf.
  • [7] Delima, Rosa., Nevi Kurnia Arianti, dan Bramasti Pramudyawardani. (2016). Pengembangan Aplikasi Permainan Edukasi Untuk Anak Prasekolah Menggunakan Pendekatan Child Centered Design. Informatika Vol. 12, No. 1, Pp. 13-23.
  • [8] Erwin dan Florensa Rosani Purba. (2013). Game RPG True Destiny Menggunakan Aplikasi RPG Maker VX. Jurnal Teknik dan Ilmu Komputer, 2 (8), 389-401.
  • [9] A. F. Waruwu, I. P. A. Bayupati, and I. K. G. Darma Putra. (2015). “Augmented Reality Mobile Application of Balinese Hindu Temples : DewataAR,” International Journal Computer Network and Information Security, no. January, pp. 59–66.
  • [10] Pandawana, I Dewa Gede Agung., Dewa Putu Yudhi Ardiana. (2017). Aplikasi Game Cerita Rakyat Bali Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Berbasis Mobile. Lontar Komputer Vol. 8, No. 3, Pp. 208-218.
  • [11] Andre Sanjaya, Dewa Putu., I Ketut Adi Purnawana, dan Ni Kadek Dwi Rusjayanthia. (2016). Pengenalan Tradisi Budaya Bali melalui Aplikasi Game Explore Bali Berbasis Android. Lontar Komputer Vol. 7, No.3, Pp. 162-173.
  • [12 ] A. A. K. O. Sudana, I. G. K. P. Aditya, and I. P. A. E. Pratama. (2016). Optimization Algorithm in Traditional Card Game Rummy 21. International Journal of Computer Applications, vol. 146, no. 8, pp. 41–47.

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/jitter/full-70023

Published

2021-01-27

How To Cite

PALGUNA, Yoga Nugraha; WIRANATHA, A. A. Ketut Agung Cahyawan; BUANA, Putu Wira. Aplikasi Game RPG Little Krishna Adventure.JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 274-284, jan. 2021. ISSN 2747-1233. Available at: https://jurnal.harianregional.com/jitter/id-70023. Date accessed: 08 Jul. 2024. doi:https://doi.org/10.24843/jitter.v1i2.70023.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

Vol 1 No 2 (2020): JITTER, Vol.1, No.2, December 2020

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License