JITTER- Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer Vol. 2, No. 3 Desember 2021

PENGUJIAN BLACK BOX PADA SISTEM TERINTEGRASI PEMBAYARAN UANG KULIAH PADA UNIVERSITAS X DENGAN METODE EQUIVALENCE PARTITIONS

Putu Yogie Ayu Nirmalaa1, I Made Suwija Putraa2, A.A. Kompiang Oka Sudanaa3 aProgram Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Bali e-mail: 1 [email protected], 2[email protected], 3[email protected]

Abstrak

Penerapan Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah pada Universitas X telah membantu pengelolaan kampu yang terintegrasi. Pengguna dapat lebih mudah dalam mengakses sistem pembayaran uang kuliah secara online. Perlu adanya pengujian terhadap perangkat lunak Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah dengan memanfaatkan Metode Equivalence Partitions untuk memastikan fungsi berjalan sesuai harapan dan meningkatkan kualitas fitur pada sistem agar dapat digunakan sesuai kebutuhan pengguna. Metode ini meliputi pengujian dengan membagi domain input dari program ke dalam kelas-kelas data sehingga test case dapat diperoleh, yang dinilai cukup relevan untuk menguji Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, keseluruhan Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah berjalan dengan baik. Namun, terdapat beberapa fitur yang kurang dan beberapa output sistem yang tidak sesuai. Dari hasil pengujian ini diharapkan Sistem dapat digunakan sesuai kebutuhan pengguna. Pengujian terhadap 61 butir uji menghasilkan 53 butir uji yang sesuai dan 8 butir uji yang tidak sesuai atau belum berjalan sesuai dengan harapan. Hasil pengujian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai masukkan untuk memperbaiki kekurangan pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah.

Kata kunci: Pengujian Black Box, Equivalance Partitions, Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Abstract

The implementation of the Integrated Tuition Payment System at University X has helped integrated campus management. Users can more easily access the online tuition payment system. It is necessary to test the Integrated Tuition Payment System software by utilizing the Equivalence Partitions Method to ensure that functions run as expected and improve the quality of features on the system so that they can be used according to user needs. This method includes testing by dividing the input domain of the program into data classes so that test cases can be obtained, which are considered quite relevant to test the Integrated Tuition Payment System. Based on the results of the tests that have been carried out, the entire Integrated Tuition Payment System is running well. However, there are some missing features and some inappropriate system outputs. From the results of this test, it is expected that the system can be used according to user needs. Testing of 61 test items resulted in 53 test items that were appropriate and 8 test items that were not appropriate or had not run as expected. The results of this test are expected to be used as input to correct deficiencies in the Integrated Tuition Payment System.

Keywords: Black Box Testing, Equivalance Partitions, Integrated Applications for Tuition Payments

  • 1.    Pendahuluan

Perkembangan teknologi di era globalisasi seperti saat ini tergolong sangat pesat sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan segala aktivitas [1]. Saat ini penyampaian informasi tidak lagi melalui media cetak, namun berubah pada pemanfaatan

media elektronik [2]. Hal tersebut juga mempengaruhi berbagai bidang dalam kehidupan, termasuk pendidikan. Pemanfaatan teknologi ini dapat membantu perguruan tinggi dalam berbagai aspek, salah satunya adalah dalam mengelola dan mengintegrasikan data dan informasi secara digital.

Hampir seluruh perguruan tinggi memanfaatkan sistem online dalam kegiatan akademik yang diselenggarakan, salah satunya adalah Universitas X. Sistem Informasi Universitas Terintegrasimerupakan bentuk pemanfaatan teknologi dalam mewujudkan sistem informasi terintegrasi. Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah merupakan salah satu bagian dari Sistem Informasi Universitas Terintegrasipada Universitas X dalam mengelola sistem pembayaran uang kuliah. Penerapan Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah telah membantu pengelolaan kampus yang terintegrasi. Namun, pada penerapan Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah terdapat fungsi dan fitur yang belum sesuai dengan harapan.

Pengujian pada sistem baru atau sedang dijalankan perlu dilakukan agar sistem berjalan sesuai dengan fungsionalitas yang diharapkan serta kesalahan maupun kekurangan dapat dideteksi dan diperbaiki sesegera mungkin agar tidak menimbukan kerugian saat sistem berjalan [3].

Pengujian perangkat lunak sistem memiliki beberapa cara, yaitu pengujian White Box dan Black Box. Pengujian White Box merupakan pengujian yang dilakukan sampai kepada detail pengecekan kode program. Pengujian tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan pada penelitian ini karena penelitian ini hanya sampai pada uji coba terhadap sistem dan tidak mencakup kode program. Pengujian Black Box pada penelitian ini dilakukan berdasarkan fungsi yang sebelumnya telah didefinisikan pada SKPL (Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak). Pemilihan Metode Black Box pada penelitian ini dikarenakan pengujian Black Box dapat dimengerti dan dipahami oleh pengguna sistem.

Terdapat beberapa teknik dalam pengujian menggunakan Black Box, salah satunya adalah dengan menerapkan teknik Equivalence Partitions. Equivalence Partitions merupakan pengujian berdasarkan masukan data pada setiap form yang terdapat pada sistem perangkat lunak, setiap menu masukan akan dilakukan pengujian dan dikelompokkan berdasarkan fungsinya, baik itu hasilnya valid atau tidak valid [4].

Pengujian Black Box dengan memanfaatkan metode Equivalence Partition pada website Sistem penjualan PT Arap Store dilakukan dengan menentukan fungsionalitas yang akan diuji, merancang skenario pengujian, menentukan data yang akan diuji, menentukan input sesuai dengan struktur basis data yang telah dibuat, melakukan percobaan pengujian membuat dokumentasi dari hasil penelitian, dan penarikan kesimpulan di akhir. Hasil dari pengujian Black Box berbasis Equivalence Partioning terhadap sistem informasi penjualan Arap Store pada penelitian ini adalah dalam pengujian tidak ditemukan kesalahan dan sistem dapat bekerja dengan baik. Pengujian ini dikatakan belum sempurna karena hanya menggunakan beberapa form sampel saja [5].

Penelitian oleh Sinulingga, Zuhri, Mukti, Ziasyifa, & Saifudin menerapan teknik Equivalence Partitions pada Sistem informasi data kinerja. Pengujian dilakukan pada form tambah jobdesk, form tambah target kerja, form edit target kerja, form approve target kerja, dan kinerja karyawan selama di perusahaan. Bedasarkan hasil pengujian yang dilakukan disimpulkan bahwa terdapat banyak kekurangan saat melakukan validasi data yang akan dimasukkan. Hal tersebut dapat mengakibatkan data yang disimpan pada database tidak sesuai dengan data yang diharapkan [6].

Berdasarkan uraian tersebut, maka dilakukan penelitian untuk melakukan pengujian Black Box pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah dengan Metode Equivalence Partitions. Pengujian Metode Black Box pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah dilakukan dengan tools TestProject dan secara manual. Pengujian dengan tools TestProject bertujuan untuk memastikan fungsi pada perangkat lunak Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah sudah berjalan sesuai dengan baik. Sedangkan, pengujian secara manual oleh peneliti bertujuan untuk memastikan bahwa output dari Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah sudah sesuai dengan harapan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk memastikan Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah sudah berjalan secara optimal dan sesuai dengan fungsionalitas yang diharapkan. Tahapan pada penelitian ini akan dibahas pada bab selanjutnya.

  • 2.    Metode Penelitian

Penelitian yang dilakukan ini mencakup beberapa tahapan yang perlu dilakukan dalam pengujian Black Box Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah dengan Metode Equivalence Partitions. Alur pada penelitian ini dapat dilihat pada Gambar 1.

Gambar 1. Alur Penelitian

Gambar 1 merupakan alur dari tahapan penelitian dalam pengujian Black Box pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah dengan metode Equivalence Partitions. Tahapan tersebut meliputi identifikasi masalah, studi literatur, pengujian Black Box Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah dengan metode Equivalence Partitions, analisa hasil, memberikan rekomendasi perbaikan, serta kesimpulan.

Pada tahapan awal dilakukan penentuan Test Case perangkat lunak yang akan diuji dengan metode Equivalence Partitions kemudian menginisialisasi standar grade partition masukan dan keluaran. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan dataset berupa dokumentasi pengujian dengan metode Equivalence Partitions dan nilai tingkat efektifitas metode Equivalence Partitions [7].

Tahap pengujian Black Box ini dilakukan menguji fungsi dari Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah dengan menggunakan tools TestProject dan pengujian secara manual oleh peneliti. Pengujian dengan tools TestProject dilakukan untuk mengetahui apakah fitur, tombol, serta tautan pada sistem dapat berfungsi dengan baik. Pengujian pada TestProject hanya menguji end to end dan element pada website saja, sehingga tidak sampai pada tepat atau tidaknya output dari sistem. Pengujian tepat atau tidaknya output dilakukan secara langsung oleh peneliti.

Berikut merupakan salah satu pengujian Black Box dengan Metode Equivalence Partitions yang dilakukan pada Menu Periode Bayar. Form Periode Bayar Baru dapat dilihat pada Gambar 2.

Gambar 2. Form Periode Bayar Baru

Gambar 2 merupakan Form Periode Bayar Baru yang digunakan oleh admin operator untuk menambahkan periode bayar pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah. Berdasarkan form tersebut terdapat beberapa rencana pengujian. Rencana pengujian data Persentase Denda akan valid jika persentase yang dimasukkan tidak kurang dari 0%. Contoh pada pengujian yang valid adalah dengan memasukkan 0%. Setelah mengisi form dengan

memasukkan Nama Periode, Tahun, Semester, Waktu Bayar, Persen Denda dan Akhir Semester, maka sistem akan menyimpan data dan menampilkan pemberitahuan “Sukses Periode Bayar berhasil ditambahkan”. Apabila data yang dimasukkan adalah data yang salah atau tidak sesuai, maka sistem akan menolak dan menampilkan pemberitahuan “Error, Persen denda tidak boleh kurang dari 0%”. Pemberitahuan error juga akan muncul ketika pengguna mengosongkan salah satu kolom pada form.

Tabel 1. Rancangan Test Case Form Periode Bayar

Identifikasi

Butir Uji

Deskripsi Pengujian

Hasil yang Diharapkan

PDHUPL-007_1

Insert data Periode Bayar pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Mengisi Nama Periode dengan “SPP Semester Ganjil”, Tahun dengan “2021”, Semester dengan “Ganjil”, Waktu Bayar dengan “2021-06-01 s/d 2021-09-30”, Persen Denda dengan “0%”dan Akhir Semester dengan “2021-12-15”. Kemudian meng-klik tombol “Tambah”.

Data periode bayar baru berhasil disimpan pada sistem. Selanjutnya muncul pop up “Sukses, Periode Bayar berhasil ditambahkan”.

PDHUPL-007_2

Insert     data

Periode Bayar yang     tidak

sesuai pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Mengisi Nama Periode dengan “SPP Semester Ganjil”, Tahun dengan “2021”, Semester dengan “Genap”, Waktu Bayar dengan “2021-06-12 s/d 2021-06-26”, Persen Denda dengan “-1%”dan Akhir Semester dengan “2021-06-01”. Kemudian meng-klik tombol “Tambah”.

Sistem        akan

menolak       dan

menampilkan pop up pemberitahuan “Error, Persen denda tidak boleh kurang dari 0%”.

PDHUPL-007_3

Insert data Periode Bayar kosong pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Mengosongkan kolom Nama Periode, Tahun, Semester, Waktu Bayar, Persen Denda dan Akhir Semester. Kemudian meng-klik tombol “Tambah”.

Sistem akan menolak dan menampilkan “Error, Nama Periode tidak boleh kurang dari 0”

Tabel 1 merupakan rancangan Test Case Form Periode Bayar dengan menggunakan metode Equivalence Partitions, yang meliputi 3 rencana pengujian. Rencana pengujian tersebut terdiri atas pengujian dengan menggunakan data yang sesuai, menggunakan data yang tidak sesuai, serta dengan mengosongkan data yang diperlukan pada sistem.

  • 3.    Studi Literatur

Studi literatur merupakan teori mendalam untuk mengolah suatu data dan penelitian yang akan dilakukan terhadap permasalahan yang terjadi. Teori yang digunakan pada penelitian ini meliputi sistem informasi, pengujian Black Box, Metode Equivalence Partitions dan tools TestProject.

  • 3.1    Sistem Informasi

Sistem informasi merupakan suatu sistem pada suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, memiliki sifat manajerial, serta kegiatan strategi dari suatu organisasi dan dapat menyediakan laporan-laporan yang diperlukan pada pihak luar tertentu [8].

  • 3.2    Pengujian Black Box

Pengujian Black Box merupakan metode yang digunakan untuk menguji perangkat lunak tanpa harus memperhatikan hal detail perangkat lunak. Pengujian dengan metode ini hanya memeriksa nilai output berdasarkan nilai input masing-masing [9]. Pengujian Black Box dilakukan dengan cara mencoba memasukan data pada setiap form uji. Pengujian ini sangat diperlukan untuk mengetahui apakah program tersebut berjalan sesuai dengan yang harapan atau tidak [10].

  • 3.3    Metode Equivalence Partitions

Metode Equivalence Partitions merupakan metode pengujian Black Box yang membagi domain masukan dari program ke dalam beberapa kelas data sehingga dapat memperoleh Test Case. Perancangan Test Case Equivalence Partitions berdasarkan evaluasi kelas Equivalence untuk kondisi masukkan yang digunakan sebagai gambaran dari kumpulan hasil yang valid atau tidak valid. Kondisi masukkan dapat berupa nilai numeric, range nilai, kumpulan nilai yang berhubungan atau kondisi Boolean [11].

  • 3.4    TestProject

TestProject merupakan platform otomatisasi pengujian end to end gratis untuk pengujian web, mobile, dan API yang didukung oleh komunitas otomatisasi pengujian nomor 1. TestProject merupakan tools yang digunakan dalam pengujian Black Box untuk memastikan bahwa fungsi sistem telah berjalan sesuai harapan [12].

  • 4.    Hasil dan Pembahasan

Setelah membuat rancangan pengujian, langkah selanjutnya adalah melaksanakan pengujian tersebut dengan menggunakan tools TestProject. Pengujian dilaksanakan dengan mengikuti deskripsi pengujian pada Test Case yang telah dirancang sebelumnya. Salah satu hasil pengujian dengan menggunakan tools TestProject dapat dilihat pada Tabel 2.

Identifikasi Nama Kasus Uji


Deskripsi


Tabel 2. Hasil Pengujian Insert Data Periode Bayar PDHUPL-007_1


Kondisi Awal


Tanggal Pengujian


Insert Data Periode Bayar pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Menambahkan data periode bayar baru pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah Tampilan Halaman Dashboard Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

11 Juni 2021

Skenario


1.

2.

3.


4.

5.


Memilih Menu “Periode Bayar” pada side bar.

Meng-klik tombol “Periode Bayar” pada halaman Periode Bayar.

Muncul pop up “Periode Bayar Baru”, kemudian isi Nama Periode, Tahun, Semester

Waktu Bayar, Persen Denda, dan Akhir Semester.

Klik tombol “Tambah”.

Muncul pop up sukses menambahkan periode bayar jika data periode bayar berhasil ditambahkan.

Yang Diharapkan Muncul pop up “Periode Bayar Baru” untuk menambah data periode bayar baru. Selanjutnya muncul pop up sukses jika data periode bayar baru berhasil ditambahkan. Hasil Pengujian


Pengamatan

Pengguna berhasil masuk ke Menu Periode Bayar, selanjutnya muncul pop up “Periode Bayar Baru” ketika pengguna meng-klik tombol “Periode Bayar” pada halaman Periode Bayar. Setelah selesai mengisi data dan meng-klik tombol “Tambah”, muncul pop up sukses menambah data periode bayar.

Kesimpulan Sesuai


(a)


(b)


(c)


Keterangan

  • (a)    Sistem menampilkan pop up “Periode Bayar Baru”, pengguna mengisi Nama Periode Tahun, Semester, Waktu Bayar, Persen Denda, dan Akhir Semester.

  • (b)    Sistem menampilkan pop up “Sukses” yang menunjukkan bahwa periode bayar baru berhasil ditambahkan ke sistem.

  • (c)    Hasil uji coba Black Box yang menunjukan pengujian berhasil tanpa ada error dengan durasi 50 detik.

Tabel 2 merupakan hasil pengujian Black Box pada butir uji “Insert Data Periode Bayar” dengan menggunakan tools Test Project. Hasil pengujian menunjukkan bahwa fungsi fitur pada

pengujian berhasil dan tidak terdapat error dengan durasi 50 detik. Hasil pengujian pada butir uji lainnya akan ditampilkan pada kolom kesimpulan. Kesimpulan dibuat berdasarkan penilaian kesesuaian antara hasil pengujian dengan hasil yang diharapkan. Jika hasil pengujian sesuai harapan maka disimpulkan Sesuai. Jika hasil pengujian tidak sesuai dengan harapan maka pengujian disimpulkan Tidak Sesuai. Total keseluruhan butir uji yang terdapat pada rencana pengujian Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah adalah 61 butir uji. Hasil beberapa pengujian yang telah dilakukan dapat dilihat pada Tabel 3.

Tabel 3. Hasil Pengujian Equivalence Partitions

Identifikasi

Deskripsi Pengujian

Hasil yang Diharapkan

Hasil Pengujian

Kesimpulan

PDHUPL-001_1

Memasukkan username dan password terdaftar untuk Log In ke Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah.

Pengguna diarahkan menuju ke      halaman

dashboard Sistem Informasi Universitas Terintegrasi.

Pengguna yang login dengan username dan password terdaftar berhasil melakukan login kemudian diarahkan menuju halaman dashboard Sistem Informasi Universitas Terintegrasi.

Sesuai

PDHUPL-001_2

Mengecek dan mengganti role pegawai yang telah berhasil login ke Sistem Informasi Universitas Terintegrasi

Pengguna diarahkan     ke

dashboard Sistem Terintegrasi Pembayaran

Uang     Kuliah,

menampilkan dan mengganti role, serta menampilkan menu sesuai role

Pengguna diarahkan ke dashboard Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kulia dan tampil menu sesuai dengan hak akses pengguna, terdapat role pengguna pada toolbar, pengguna berhasil mengganti role, serta sistem menampilkan menu sesuai dengan role

Sesuai

PDHUPL-001_3

Memilih fitur kembali ke Sistem

Pengguna diarahkan menuju ke halaman

Pengguna diarahkan menuju ke halaman dashboard Sistem

Sesuai

Identifikasi

Deskripsi Pengujian

Hasil yang Diharapkan

Hasil Pengujian

Kesimpulan

Informasi Universitas Terintegrasi untuk diarahkan ke       Sistem

Informasi Universitas Terintegrasi

dashboard Sistem Informasi Universitas Terintegrasi

Informasi      Universitas

Terintegrasi

PDHUPL-001_4

Memilih Menu Logout untuk diarahkan ke halaman Login Sistem Informasi Universitas Terintegrasi

Pengguna diarahkan menuju ke halaman Login Sistem Informasi Universitas Terintegrasi

Pengguna diarahkan menuju ke halaman Login Sistem Informasi

Universitas Terintegrasi

Sesuai

PDHUPL-002_1

Memasukkan username dan password mahasiswa untuk Log In ke dalam Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Pengguna diarahkan menuju ke halaman dashboard Sistem Informasi Universitas Terintegrasi dengan role sebagai mahasiswa

Saat pengguna sebagai role mahasiswa meng-klik Menu Dashboard, pengguna tersebut masih dapat mengakses dashboard yang berisi menu Admin

Tidak Sesuai

PDHUPL-003_1

Menambahkan item bayar baru pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Muncul pop up sukses jika item berhasil ditambahkan.

Setelah selesai mengisi data item bayar dan meng-klik tombol “Tambah”, muncul pop up sukses.

Sesuai

PDHUPL-003_2

Meng-update data item bayar pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Muncul pop up sukses jika item berhasil diupdate.

Setelah selesai mengedit data dan meng-klik tombol “Update”, muncul pop up sukses.

Sesuai

PDHUPL-003_3

Menghapus data item bayar pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Muncul pop up “Peringatan” untuk menghapus data item bayar. Muncul pop up sukses jika data berhasil dihapus.

Muncul pop up “Peringatan” ketika pengguna meng-klik operasi “Hapus” pada sisi kanan data item bayar. Setelah meng-klik tombol “Yakin”, muncul pop up sukses menghapus item.

Sesuai

PDHUPL-004_1

Menambahkan data        profil

master     baru

pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Muncul pop up sukses jika data berhasil ditambahkan.

Setelah selesai mengisi data dan meng-klik tombol “Tambah”, muncul pop up sukses.

Sesuai

PDHUPL-005_1

Menambahkan data item profil

Muncul pop up sukses jika data

Setelah selesai mengisi data dan meng-klik

Sesuai

Identifikasi

Deskripsi Pengujian

Hasil yang Diharapkan

Hasil Pengujian

Kesimpulan

baru      pada

Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

item profil berhasil ditambahkan.

tombol “Tambah”, muncul pop up sukses.

PDHUPL-006_1

Menambahkan data profil SKS baru pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Muncul pop up sukses jika data berhasil ditambahkan.

Setelah selesai mengisi data dan meng-klik tombol “Tambah”, muncul pop up sukses.

Sesuai

PDHUPL-007_1

Menambahkan data periode bayar baru pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Muncul pop up sukses jika data berhasil ditambahkan.

Setelah selesai mengisi data dan meng-klik tombol “Tambah”, muncul pop up sukses.

Sesuai

PDHUPL-007_2

Menambahkan data    periode

bayar baru yang tidak     sesuai

pada    Sistem

Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Muncul pop up error ketika terdapat data yang salah.

Muncul pop up error yang berisi pemberitahuan bahwa persen denda tidak boleh kurang dari 0% ketika pengguna memasukan data yang tidak sesuai kemudian meng-klik tombol “Tambah”.

Sesuai

PDHUPL-007_3

Menambahkan data periode bayar baru yang kosong pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Muncul pop up error ketika terdapat data yang kosong.

Muncul pop up error yang berisi pemberitahuan bahwa tanggal tidak boleh kosong ketika pengguna memasukkan data yang kosong kemudian mengklik tombol “Tambah”.

Sesuai

PDHUPL-007_4

Mengedit data periode bayar pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Muncul pop up sukses jika data berhasil diupdate.

Setelah selesai mengedit data periode bayar dan meng-klik tombol “Update”, muncul pop up sukses meng-update data.

Sesuai

PDHUPL-007_7

Menghapus data    periode

bayar     pada

Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Muncul pop up “Peringatan” untuk menghapus data      periode

bayar. Muncul pop up sukses jika data berhasil dihapus.

Muncul pop up “Peringatan” ketika pengguna meng-klik operasi “Hapus”. Setelah pengguna meng-klik tombol “Yakin”, muncul pop up sukses menghapus periode bayar.

Sesuai

PDHUPL-008_1

Menambahkan data     master

kuitansi baru pada    Sistem

Muncul pop up sukses jika data master kuitansi berhasil

Setelah selesai mengisi data dan meng-klik tombol “Tambah”, muncul pop up sukses.

Sesuai

Identifikasi

Deskripsi Pengujian

Hasil yang Diharapkan

Hasil Pengujian

Kesimpulan

Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

ditambahkan.

PDHUPL-009_1

Melihat data rincian kuitansi pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Muncul data Rincian Kuitansi sesuai dengan filter atau pencarian yang telah ditentukan pengguna.

Muncul data Rincian Kuitansi sesuai dengan filter atau pencarian yang telah ditentukan setelah mengisi filter atau pencarian kemudian meng-klik tombol “Refresh Data”

Sesuai

PDHUPL-009_3

Melakukan perpanjangan tanggal berakhir pada detail data rincian kuitansi Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Muncul pop up sukses meng-update data kuitansi.

Setelah meng-klik tombol “Update”, muncul pop up sukses.

Sesuai

PDHUPL-009_5

Melakukan generate kuitansi master pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Muncul pop up sukses melakukan generate kuitansi master.

Pengguna mengisi

Kuitansi Master dan Status Kuliah, lalu mengklik tombol “Generate Kuitansi”. Sistem menampikan pop up sukses.

Sesuai

PDHUPL-009_8

Meng-export laporan kuitansi ke Excel pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Laporan dalam bentuk Excel langsung didownload jika pengguna mengklik tombol “Export ke Excel”.

Terdapat error saat mengklik tombol “Export ke Excel”.

Tidak Sesuai

PDHUPL-009_10

Melunasi kuitansi yang dicentang oleh admin operator pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Muncul pop up “Peringatan” ketika pengguna meng-klik tombol “Lunasi Dicentang”.

Muncul pop up sukses     ketika

data dicentang berhasil diatur sebagai lunas.

Sistem menampilkan pop up “Peringatan” saat pengguna meng-klik tombol “Lunasi Dicentang”. Sistem menampilkan pop up sukses ketika data berhasil diatur sebagai lunas. Status data yang telah dilunasi berubah dan data tidak muncul lagi pada tabel rincian kuitansi.

Sesuai

PDHUPL-010_1

Pengguna dengan     role

mahasiswa dapat melihat detail kuitansi pada Sistem Terintegrasi Pembayaran

Pengguna diarahkan menuju halaman dashboard Sistem Terintegrasi Pembayaran

Uang     Kuliah

Ketika pengguna

Sistem mengarahkan pengguna menuju halaman dashboard Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah yang menampilkan Detail Kuitansi. Muncul pop up “Lihat Kuitansi” ketika

Sesuai

Identifikasi

Deskripsi Pengujian

Hasil yang Diharapkan

Hasil Pengujian

Kesimpulan

Uang Kuliah

meng-klik operasi “Lihat” pada salah satu item bayar, akan muncul pop up “Lihat Kuitansi”.

pengguna meng-klik operasi “Lihat” pada salah satu item bayar.

PDHUPL-011_1

Menambahkan data       jenis

keringanan baru pada    Sistem

Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Muncul pop up sukses jika data jenis keringanan baru berhasil ditambahkan.

Setelah selesai mengisi Nama Jenis Keringanan dan meng-klik tombol “Tambah”, muncul pop up sukses.

Sesuai

PDHUPL-011_12

Melakukan approve data permintaan keringanan mahasiswa pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Muncul pop up “Sukses” meng-approve     data

permintaan keringanan.

Status Approve berubah      dari

“Belum” menjadi “Sudah”.

Sistem menampilkan pop up “Sukses” ketika pengguna meng-klik Status Approve “Belum” pada sisi kanan data permintaan keringanan. Setelah meng-klik tombol “Belum”, Status Approve berubah menjadi “Sudah”.

Sesuai

PDHUPL-012_1

Melakukan sinkronisasi total kuitansi Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang    Kuliah

dengan kuitansi pada Bank BNI

Muncul pop up berhasil mengirim request     sync

ketika pengguna meng-klik tombol “Request Sync”. Muncul pop up berhasil melakukan eksekusi ketika pengguna mengklik        tombol

Execute Sync”.

Sistem menampilkan permintaan request sinkronisasi terakhir yang dilakukan oleh pengguna. Sistem langsung melakukan sinkronisasi data total kuitansi pada sistem dengan bank tanpa memunculkan pop up pemberitahuan terlebih dahulu.

Tidak Sesuai

PDHUPL-013_1

Melihat laporan rekap pembayaran mahasiswa pada Sistem

Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Muncul rincian rekap pembayaran sesuai   dengan

filter          yang

ditentukan oleh pengguna. Sistem menampilkan grafik       rekap

pembayaran ketika meng-klik “Grafik”.

Setelah pengguna mengklik tombol “Refresh Data”, sistem menampilkan laporan rekap pembayaran mahasiswa sesuai dengan yang telah ditentukan pengguna. Sistem menampilkan rekap pembayaran mahasiswa dalam bentuk grafik ketika pengguna meng-klik “Grafik”.

Sesuai

PDHUPL-013_4

Meng-export laporan trend perkembangan nilai SPP ke Excel     pada

Sistem Terintegrasi

Laporan trend perkembangan nilai SPP dalam bentuk     Excel

langsung      didownload    jika

pengguna meng-

Terdapat error ketika pengguna meng-klik tombol “Export ke Excel”.

Tidak Sesuai

Identifikasi

Deskripsi Pengujian

Hasil yang Diharapkan

Hasil Pengujian

Kesimpulan

Pembayaran Uang Kuliah

klik        tombol

Export ke Excel”.

Tabel 3 berisi hasil pengujian dari beberapa butir uji dengan Metode Equivalence Partitions. Total keseluruhan butir uji adalah 61 butir uji, namun yang dilampirkan pada tabel pengujian hanya 28 butir uji. Dari 61 butir uji tersebut didapatkan 53 butir uji yang sesuai dan 8 butir uji yang tidak berjalan sesuai dengan harapan. Butir uji yang tidak sesuai kemudian dievaluasi dan diberikan rekomendasi perbaikan berupa saran. Rekomendasi perbaikan fungsi pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah bertujuan untuk mengatasi ketidaksesuaian pada butir uji yang tidak sesuai tersebut. Rekomendasi perbaikan pada fungsi Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah yang tidak sesuai dapat dilihat pada Tabel 4.

Tabel 4. Rekomendasi Perbaikan terhadap Butir Uji Tidak Sesuai

Identifikasi

Nama Kasus Uji

Hasil yang Diharapkan

Pengamatan

Saran

PDHUPL-002_1

Pengujian Log In Mahasiswa

Pengguna dengan     role

sebagai mahasiswa tidak dapat mengakses Dashboard Admin.

Pengguna dengan     role

mahasiswa dapat mengakses Menu Dashboard Admin.

Diharapkan developer dapat meninjau kembali agar pengguna hanya dapat mengakses fitur dan menu sesuai dengan role saat melakukan login.

PDHUPL-006_3

Delete Data Profil SKS pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Muncul pop up “Peringatan” untuk menghapus data profil SKS.

Tidak   muncul

pop        up

“Peringatan” ketika pengguna meng-klik operasi “Hapus” data profil SKS.

Diharapkan developer dapat menambahkan pop up “Peringatan” ketika pengguna akan menghapus data profil SKS.

PDHUPL-008_6

Delete Data Profil Master Kuitansi pada Submenu Kelola Profil

Muncul pop up “Peringatan” untuk menghapus data item profil master kuitansi.

Tidak   muncul

pop        up

“Peringatan” ketika pengguna meng-klik operasi “Hapus” pada sisi kanan data item profil master kuitansi.

Diharapkan developer dapat menambahkan pop up “Peringatan” ketika pengguna akan menghapus data item profil master kuitansi.

PDHUPL-009_8

Export data Laporan Kuitansi ke Excel

Pengguna dapat men-download laporan dalam bentuk Excel saat meng-klik tombol “Export ke Excel”.

Terdapat error saat meng-klik tombol “Export ke Excel”.

Diharapkan developer dapat meninjau kembali fitur “Export ke Excel” agar pengguna dapat men-download Laporan Kuitansi tanpa adanya error.

PDHUPL-011_3

Delete Data Jenis Keringanan pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

Muncul pop up “Peringatan” untuk menghapus data       jenis

keringanan.

Tidak   muncul

pop        up

“Peringatan” ketika pengguna meng-klik operasi “Hapus” data       jenis

keringanan.

Diharapkan developer dapat menambahkan pop up “Peringatan” ketika pengguna akan menghapus data jenis keringanan.

PDHUPL-011_11

Delete data Item

Muncul pop up “Peringatan”

Tidak muncul

pop        up

Diharapkan developer dapat menambahkan

Identifikasi

Nama Kasus Uji

Hasil yang Diharapkan

Pengamatan

Saran

Permintaan Keringanan Mahasiswa pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah

untuk menghapus data       item

permintaan keringanan.

“Peringatan” ketika pengguna meng-klik operasi “Hapus” pada sisi kanan data       item

permintaan keringanan.

pop up “Peringatan” ketika pengguna akan menghapus data permintaan keringanan.

PDHUPL-012_1

Sinkronisasi Total Kuitansi Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah dengan Kuitansi Bank

Muncul pop up berhasil mengirim request sync ketika pengguna meng-klik tombol “Request Sync”. Muncul pop up berhasil melakukan eksekusi sinkronisasi ketika pengguna meng-klik tombol “Execute Sync”.

Sistem langsung melakukan sinkronisasi data        total

kuitansi    pada

sistem dengan bank     tanpa

memunculkan pop        up

pemberitahuan terlebih dahulu.

Diharapkan developer dapat menambahkan pop up pemberitahuan ketika sistem akan melakukan request serta execute sinkronisasi data kuitansi dengan bank.

PDHUPL-13_4

Export Laporan Trend

Perkembangan Nilai SPP ke Excel

Pengguna dapat men-download laporan trend perkembangan nilai SPP dalam bentuk Excel jika meng-klik tombol “Export ke Excel”.

Terdapat error ketika pengguna meng-klik tombol “Export ke Excel”.

Diharapkan developer dapat meninjau kembali fitur “Export ke Excel” agar pengguna dapat men-download Laporan Trend Perkembangan Nilai SPP tanpa adanya error.

Tabel 4 berisi rekomendasi perbaikan oleh peneliti terhadap butir uji yang tidak sesuai. Rekomendasi perbaikan ditujukan pada developer agar dapat dijadikan sebagai masukkan dalam mengurangi kesalahan yang terdapat pada fungsi sistem serta dapat meningkatkan kualitas Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah.

  • 5.    Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan pada pembahasan yang telah dibahas sebelumnya adalah pengujian Black Box pada Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah berfokus pada input dan output dapat menginformasikan kesesuaian sistem dengan spesifikasi yang telah ditetapkan. Pengujian Black Box dilakukan dengan tools TestProject serta dengan pengamatan secara langsung oleh peneliti. Berdasarkan hasil pengujian perangkat lunak Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah dengan tools TestProject tidak ditemukan error. Hal ini dikarenakan tools TestProject hanya menguji end to end dan element pada website saja sehingga tidak sampai pada tepat atau tidaknya output dari sistem. Sedangkan, pengujian tepat atau tidaknya output dilakukan secara langsung oleh peneliti ditemukan beberapa hasil uji yang tidak sesuai. Penerapan Metode Equivalance Partitions membantu proses pembuatan kasus pengujian, menentukan kualitas, menemukan kesalahan pada sistem, serta memastikan sistem yang diuji telah berfungsi sesuai dengan harapan. Dari 61 butir uji terdapat 53 butir uji yang sesuai dan 8 butir uji yang tidak berjalan sesuai harapan. Butir uji yang tidak sesuai tersebut dibuatkan rekomendasi perbaikan yang ditujukan kepada developer. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai masukkan dalam meningkatkan kualitas Sistem Terintegrasi Pembayaran Uang Kuliah ke depannya.

Daftar Pustaka

  • [1]    N. Luh Putri Ari Wedayanti, N. Kadek Ayu Wirdiani, and I. Ketut Adi Purnawan, “Evaluasi Aspek Usability pada Aplikasi Simalu Menggunakan Metode Usability Testing,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 7, no. 2, p. 113, 2019.

  • [2]    S. Angga and S. Eko Budi, “Sistem Informasi Pengumuman Program Studi Di Perguruan Tinggi X,” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 8, no. 1, pp. 0–10, 2017.

  • [3]    M. Y. P. Mahendra, I. N. Piarsa, and D. Putra Githa, “Geographic Information System of Public Complaint Testing Based On Mobile Web (Public Complaint),” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 9, no. 2, p. 95, 2018.

  • [4]    T. Hidayat and M. Muttaqin, “Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Wisuda Online menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis,” J. Tek. Inform. UNIS JUTIS, vol. 6, no. 1, pp. 2252–5351, 2018.

  • [5]    A. Maulana, A. Kurniawan, W. Keumala, V. R. Sukma, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Metode Equivalents Partitions (Studi Kasus: PT Arap Store),” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 3, no. 1, p. 50, 2020.

  • [6]    A. R. Sinulingga, M. Zuhri, R. B. Mukti, Ziasyifa, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Sistem Aplikasi Informasi Data Kinerja Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 3, no. 3, p. 150, 2020.

  • [7]    M. S. A. Kesuma Jaya, P. Gumilang, T. Wati, Y. P. Andersen, and T. Desyani “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 4, no. 4, p. 131, 2019.

  • [8]    I. D. M. A. B. Joni and I. K. B. Sandika, “Sistem Informasi Manajemen Sebagai Alat Pengelolaan Penelitian Dosen,” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 7, no. 1, p. 51 2016.

  • [9]    S. Supriyono, “Software Testing with the approach of Blackbox Testing on the Academic Information System,” Int. J. Inf. Syst. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 227–233, 2020.

  • [10]    R. Wahyudi, E. Utami, and M. R. Arief, “Sistem Pakar E-Tourism Pada Dinas Pariwisata D . I . Y Menggunakan,” J. Ilm. DASI, vol. 17, no. 2, pp. 67–75, 2016.

  • [11]    A. Krismadi, A. F. Lestari, A. Pitriyah, I. W. P. A. Mardangga, M. Astuti, and A. Saifudin “Pengujian Black Box berbasis Equivalence Partitions pada Aplikasi Seleksi Promosi Kenaikan Jabatan,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 2, no. 4, p. 155, 2019.

  • [12]    Anshu Ranjan, “What is TestProject? How to Develop Automation Tests Using TestProject?,” https://www.toolsqa.com/testproject/what-is-testproject/ (diakses tanggal 1 Juli 2021).