Authors:

Putu Primeriana Nugiaswari, IGN Putra Gunadhi, AAA Dwi Adelia Yasmin

Abstract:

“Penyakit jantung koroner (PJK) adalah penyakit yang timbul akibat penurunan aliran darah ke miokard karena penyempitan arteri koroner. Manifestasi klinis penyakit ini bervariasi antara lain: asimptomatis (silent ischemia), angina stabil, angina tidak stabil, infark miokard, gagal jantung dan kematian jantung mendadak. Penatalaksanaan PJK yang tidak adekuat dapat menurunkan harapan dan kualitas hidup. CHADS2 score dan CHA2DS2-VASc score merupakan prediktor klinis resiko stroke pada pasien atrial fibrilasi non valvular yang digunakan untuk menentukan apakah terapi dengan anti koagulan atau anti platelet diperlukan. Komponen pada CHADS2 dan CHA2DS2-VASc score meliputi faktor resiko klinis yang sama untuk terjadinya PJK, sehingga skor tersebut juga berpotensi dalam mendeteksi adanya PJK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara CHA2DS2VASc-HS score dengan kompleksitas lesi pembuluh darah koroner berdasarkan SYNTAX score pada pasien Non-ST Elevation Acute Coronary Syndrome (NSTE-ACS) yang menjalani tindakan angiografi koroner. Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan korelasi positif, hubungan sangat kuat, dan signifikan antara CHA2DS2VASc-HS score dan SYNTAX score dengan p=0,000 (p<0,005) Terdapat korelasi yang bermakna, positif, dan hubungan sangat kuat antara CHA2DS2-VASc-HS score dengan kompleksitas lesi pembuluh darah koroner berdasarkan SYNTAX score. Kata kunci : coroner., CHA2DS2-VASc., SYNTAX”

Keywords

: coroner., CHA2DS2-VASc., SYNTAX

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/eum/full-96596

Published

2022-12-14

How To Cite

NUGIASWARI, Putu Primeriana; GUNADHI, IGN Putra; YASMIN, AAA Dwi Adelia. KORELASI SKOR CHA2DS2-VASC-HS DENGAN KOMPLEKSITAS LESI ARTERI KORONER PADA PASIEN NON-ST ELEVATION ACUTE CORONARY SYNDROME.E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 11, n. 12, p. 52-63, dec. 2022. ISSN 2303-1395. Available at: https://jurnal.harianregional.com/eum/id-96596. Date accessed: 28 Mar. 2024. doi:https://doi.org/10.24843/MU.2022.V11.i12.P10.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

Vol 11 No 12 (2022): E-Jurnal Medika Udayana

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License