Authors:

Gusti Ayu Dea Dwi Apriza Dharmayani, Ida Ayu Dewi Wiryanthini, Ni Nyoman Ayu Dewi

Abstract:

“Kebugaran fisik merupakan hasil daya tahan fisik yang bergantung pada variabel-variabel fisiologis, seperti peran pengangkutan dan penggunaan oksigen dari udara ke otot-otot aktif dalam metabolisme fisik yang dilakukan oleh hemoglobin. Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kadar hemoglobin dengan kebugaran fisik. Penelitian dilakukan dalam dua tahap; 1) pengambilan kadar hemoglobin untuk dapat mengetahui kadar hemoglobin dari setiap siswa, 2) pengukuran kebugaran fisik untuk dapat mengetahui tingkat kebugaran fisik dari masing-masing siswa. Kadar hemoglobin diambil dengan menggunakan alat yang bernama family dr. hb. dengan metode hb meter dan kebugaran fisik diukur dengan menggunakan harvard step test. Dari 22 sampel yang diperiksa didapatkan hasil rata-rata kadar hemoglobin dari siswa laki-laki kelas VII di SMP Negeri 1 Denpasar adalah 13,2 g/dl sedangkan rata-rata tingkat kebugaran fisiknya adalah 115,43. Korelasi atau hubungan antara variabel kadar hemoglobin terhadap kebugaran fisik pada siswa laki-laki kelas VII di SMP Negeri 1 Denpasar memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,868, dimana dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan dengan tingkat hubungan yang sangat kuat diantara kadar hemoglobin terhadap kebugaran fisik pada siswa laki-laki kelas VII di SMP Negeri 1 Denpasar yang diuji dengan pearson correlation. Kata kunci : kadar hemoglobin, kebugaran fisik, family dr. hb, harvard step test”

Keywords

: kadar hemoglobin, kebugaran fisik, family dr. hb, harvard step test

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/eum/full-97228

Published

2022-12-14

How To Cite

AYU DEA DWI APRIZA DHARMAYANI, Gusti; WIRYANTHINI, Ida Ayu Dewi; AYU DEWI, Ni Nyoman. HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN TERHADAP KEBUGARAN FISIK PADA SISWA LAKI-LAKI KELAS VII DI SMP NEGERI 1 DENPASAR.E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 11, n. 12, p. 64-68, dec. 2022. ISSN 2303-1395. Available at: https://jurnal.harianregional.com/eum/id-97228. Date accessed: 22 May. 2024. doi:https://doi.org/10.24843/MU.2022.V11.i12.P11.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

Vol 11 No 12 (2022): E-Jurnal Medika Udayana

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License