Authors:

Jessica Rosalinda

Abstract:

“Coronavirus disease (COVID – 19) adalah penyakit infeksi yang baru muncul dan belum ditemukman obatnya namun masyarakat dapat melakukan aksi preventif dengan menjaga imun tubuh melalui konsumsi suplemen kesehatan dan obat tradisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pengetahuan tentang suplemen dan obat tradisional dengan pengunaannya selama pandemi COVID – 19 serta jenis suplemen dan obat tradisional yang dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan. Penelitian ini merupakan penelitian cross – sectional deskriptif analitik dengan menggunakan teknik convenience sampling. Proses pengambilan sampel dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk link google form kepada 14 kelas yang terdapat di SDN X Denpasar melalui group whatsapp orang tua murid dan didapatkan sebanyak 192 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Setelah pengumpulan data dari sampel selesai, peneliti melakukan analisis di program SPSS dengan binary logistic regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang memiliki pengetahuan baik tentang suplemen memiliki kecenderungan 2,274 kali lipat lebih tinggi untuk mengkonsumsi zinc dibandingkan responden yang memiliki pengetahuan rata - rata (p-value = 0,026). Selain itu, ditemukan juga bahwa responden yang memiliki pengetahuan baik tentang obat tradisional memiliki kecenderungan untuk mengkonsumsi rimpang – rimpangan sebesar 4,415 kali lipat lebih tinggi dibandingkan responden dengan pengetahuan rata - rata (p-value = 0,001)”

Keywords

Keyword Not Available

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/eum/full-81794

Published

2022-09-19

How To Cite

ROSALINDA, Jessica. HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI X DI DENPASAR TENTANG SUPLEMEN KESEHATAN DAN OBAT TRADISIONAL DENGAN PENGUNAANNYA SELAMA PANDEMI COVID-19.E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 11, n. 9, p. 13-19, sep. 2022. ISSN 2303-1395. Available at: https://jurnal.harianregional.com/eum/id-81794. Date accessed: 20 Apr. 2024. doi:https://doi.org/10.24843/MU.2022.V11.i9.P03.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

Vol 11 No 9 (2022): E-Jurnal Medika Udayana

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License