Authors:

Ikhsan Mandara, Anak Agung Gde Jayawardhita, Anak Agung Sagung Kendran

Abstract:

“Vincristine merupakan agen kemoterapi tunggal yang efisien untuk pengobatan transmissible venereal tumor (TVT). Selain sel kanker yang dihancurkan, sel normal yang bersifat aktif membelah seperti sel sumsum tulang juga ikut terkena pengaruhnya. Gangguan perkembangan sel progenitor sumsum tulang akan mempengaruhi produksi leukosit dan trombosit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui total leukosit dan trombosit pada anjing penderita TVT yang diobati dengan vincristine. Penelitian ini menggunakan lima ekor anjing penderita TVT dengan perlakuan yaitu pemberian vincristine hingga sembuh dengan interval pemberian tujuh hari sekali. Pengamatan dilakukan pada nilai total leukosit dan trombosit sebelum pemberian vincristine dan setelah kesembuhan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian vincristine pada anjing penderita TVT tidak berpengaruh nyata terhadap total leukosit dan trombosit, sehingga aman digunakan sebagai agen kemoterapi tunggal.”

Keywords

Keyword Not Available

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/imv/full-50912

Published

2019-03-31

How To Cite

MANDARA, Ikhsan; JAYAWARDHITA, Anak Agung Gde; KENDRAN, Anak Agung Sagung. Total Leukosit Dan Trombosit pada Anjing Penderita Transmissible Venereal Tumor yang Diobati dengan Vincristine.Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 264-272, mar. 2019. ISSN 2477-6637. Available at: https://jurnal.harianregional.com/imv/id-50912. Date accessed: 08 Jul. 2024.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

Vol 8 (2) 2019

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License