Authors:

gita dewi Rahmautami

Abstract:

“Staphylococcus aureus adalah bakteri gram positif sebagai salah satu penyebab kasus keracunan makanan di Indonesia. Penularan dari manusia ke manusia secara langsung, penyebaran akibat adanya kontaminasi makanan dan minuman, serta kurangnya kebersihan sanitasi. Lawar ayam adalah masakan khas Bali yang merupakan campuran daging ayam, sayur, dan bumbu yang rawan terkontaminasi oleh bakteri Staphylococcus aureus apabila tidak memperhatikan proses higienitas selama sebelum pengolahan, saat pengolahan dan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase kontaminasi Staphylococcus aureus pada sampel makanan lawar ayam di Kodya Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan teknik purposive sampling dan didapatkan 17 sampel lawar ayam yang memenuhi kriteria inklusi. Proses pengambilan sampel dilakukan dengan teknik aseptik terhadap semua sampel yang diambil dari pedagang lawar ayam di 4 wilayah Kota Denpasar. Setelah pengumpulan sampel selesai, dilakukan uji keberadaan Staphylococcus aureus di Laboratorium Mikrobiologi FK Universitas Udayana dengan cara kultur media MSA, uji katalase, uji koagulase, dan pewarnaan gram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 17 sampel lawar ayam yang diteliti, ditemukan 1 sampel yang teridentifikasi bakteri Staphylococcus aureus (5,88%) dan sampel lainnya teridentifikasi bakteri Staphylococcus koagulase negatif..”

Keywords

Keyword Not Available

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/eum/full-78218

Published

2022-11-02

How To Cite

RAHMAUTAMI, gita dewi. CONTAMINATION OF Staphylococcus aureus BACTERIA ON SAMPLE OF BALINESE CHICKEN LAWAR IN DENPASAR CITY.E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 11, n. 10, p. 75-81, nov. 2022. ISSN 2303-1395. Available at: https://jurnal.harianregional.com/eum/id-78218. Date accessed: 08 Jul. 2024. doi:https://doi.org/10.24843/MU.2022.V11.i10.P13.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

Vol 11 No 10 (2022): E-Jurnal Medika Udayana

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License