Authors:

Ni Luh Sri Apsari, I Made Karma Setiyawan, Wega Upendra Sindhughosa, I Made Yullyantara Saputra

Abstract:

“Latar Belakang: Kualitas hidup merupakan persepsi individu terhadap kepuasan dan kebahagiaan hidupnya, yang melibatkan aspek multidimensi kesehatan fisik, psikologis, dan fungsi sosial. Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas hidup, termasuk status gizi. Status gizi yang baik mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan serta mempengaruhi kualitas hidup. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan status gizi dengan kualitas hidup yang dinilai menggunakan Pediatric Quality of Life Inventory (PedsQL). Metode: Penelitian observasional analitik dengan desain potong lintang yang melibatkan tiga sekolah dasar di Jimbaran, Bali. Status gizi dinilai menggunakan kurva CDC 2000 kemudian dikategorikan berdasarkan Waterlow. Kualitas hidup anak dinilai dengan mengisi kuesioner PedsQL oleh anak dan orang tua. Analisis statistik terkait asosiasi menggunakan uji Chi-Square yang dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney untuk melihat tren. Hasil: Terdapat 189 anak dengan median usia 11 tahun (kisaran 11-12 tahun). Dari hasil uji Chi-Square diperoleh p-value sebesar 0,008 yang menunjukkan adanya hasil yang signifikan antara kelompok status gizi dengan kualitas hidup, sehingga dilakukan uji Mann-Whitney untuk melihat trennya. Peringkat rata-rata (mean rank) gangguan kualitas hidup lebih tinggi dibandingkan kualitas hidup normal (107,61 vs 87,24), yang mencerminkan semakin banyak anak yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, maka semakin besar pula gangguan kualitas hidup. Fungsi fisik ditemukan mengalami gangguan yang signifikan baik dari laporan PedsQL anak-anak maupun orang tua. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara kelompok status gizi dengan PedsQL, dengan kecenderungan semakin banyak kelebihan berat badan/obesitas maka kualitas hidup semakin rendah. Kata kunci : status nutrisi, kualitas hidup, PedsQL”

Keywords

: status nutrisi, kualitas hidup, PedsQL

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/eum/full-112781

Published

2024-03-02

How To Cite

APSARI, Ni Luh Sri et al. THE RELATIONSHIP OF NUTRITIONAL STATUS WITH THE QUALITY OF LIFE OF SCHOOL-AGE CHILDREN (10-12 YEARS).E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 13, n. 3, p. 1-6, mar. 2024. ISSN 2303-1395. Available at: https://jurnal.harianregional.com/eum/id-112781. Date accessed: 20 Apr. 2024.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

Vol 13 No 3 (2024): E-Jurnal Medika Udayana

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License