Authors:

Ni Komang Putri Anjani, Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni

Abstract:

“Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis pengaruh pendidikan istri, kualitas pelayanan petugas KB, persepsi tentang efek samping, dukungan suami terhadap lama pemakaian alat kontrasepsi dan untuk menganalisis pengaruh pendidikan istri, kualitas pelayanan petugas KB dan persepsi efek samping secara tidak langsung pemakaian kontrasepsi melalui dukungan suami pada PUS yang menikah dini di Kecamatan Kuta Selatan. Responden sebanyak 110 yang menikah di bawah umur 20 tahun. Quota Sampling, Accidental Sampling, dan Snowball Sampling merupakan metode penentuan sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menemukan bahwa pendidikan istri dan kualitas pelayanan petugas KB berpengaruh positif dan signifikan terhadap dukungan suami. Persepsi tentang efek samping berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap dukungan suami. Kualitas pelayanan petugas KB dan persepsi tentang efek samping berpengaruh positif dan signifikan terhadap lama pemakaian kontrasepsi. Pendidikan istri dan dukungan suami berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap lama pemakaian alat kontrasepsi. Dukungan suami tidak memediasi pengaruh pendidikan istri, kualitas pelayanan petugas KB dan persepsi tentang efek samping terhadap lama pemakaian alat kontrasepsi di Kecamatan Kuta Selatan.”

Keywords

Keyword Not Available

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/eep/full-101778

Published

2023-02-20

How To Cite

ANJANI, Ni Komang Putri; MARHAENI, Anak Agung Istri Ngurah. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAMA PEMAKAIAN ALAT KONTRASEPSI.E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 133-150, feb. 2023. ISSN 2303-0178. Available at: https://jurnal.harianregional.com/eep/id-101778. Date accessed: 08 Jul. 2024. doi:https://doi.org/10.24843/EEP.2023.v12.i02.p04.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

Vol 12 No 2 (2023): Vol.12.2. FEBRUARI 2023[86-165]

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License