Authors:

Denick Ariawangsa, Ni Wayan Mujiati

Abstract:

“Beberapa faktor yang membuat karyawan harus mengundurkan diri dari perusahaan diantaranya perbedaan budaya yang diterapkan perusahaan, tugas yang didapat tidak sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, fasilitas yang dirasa kurang sepadan dengan tugas yang di berikan, serta kompensasi yang diberikan tidak setimpal dengan apa yang dikerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepuasan Kerja, Kompensasi, dan Budaya Organisasi terhadap Retensi karyawan. Penelitian ini dilakukan di Natya Hotel Kuta Badung dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 36 orang responden, dengan menggunakan metode sampling jenuh dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara serta penyebaran kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepuasan kerja berpengaruh signifikan pada retensi karyawan Natya Hotel Kuta Badung, Kompensasi berpengaruh signifikan pada retensi karyawan Natya Hotel Kuta Badung, serta Budaya organisasi berpengaruh signifikan pada retensi karyawan Natya Hotel Kuta Badung. Secara teoritis penelitian ini juga memberikan pemahaman bahwa dengan meningkatkan kepuasan kerja, kompensasi, serta budaya organisasi maka akan mampu mempertahankan karyawan untuk tetap tinggal diperusahaan.”

Keywords

Keyword Not Available

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/eeb/full-86305

Published

2024-03-01

How To Cite

ARIAWANGSA, Denick; MUJIATI, Ni Wayan. PENGARUH KEPUASAN KERJA, KOMPENSASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP RETENSI KARYAWAN PADA MASA PANDEMI COVID-19.E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 337-345, mar. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/86305. Date accessed: 20 Apr. 2024. doi:https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i02.p13.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

VOLUME.13.NO.02.TAHUN.2024

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License