Authors:

I Gusti Ngurah Teja Wijaya, Ni Made Adi Erawati

Abstract:

“Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan kewajaran terhadap kinerja keuangan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Kecamatan Ubud. Data yang digunakan melibatkan jawaban dari kuesioner yang disebarkan kepada tiap LPD di Kecamatan Ubud, serta laporan keuangan yang diperoleh dari Lembaga Pengelola Lembaga Perkreditan Desa (LPLPD) Kabupaten Gianyar. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling, menghasilkan 32 LPD di Kecamatan Ubud dengan masing-masing LPD diwakili oleh dua responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa prinsip-prinsip Good governance, yaitu transparansi, akuntabilitas, independensi, dan kewajaran, memiliki pengaruh yang positif terhadap kinerja keuangan LPD di Kecamatan Ubud. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi panduan bagi pengelola LPD dalam meningkatkan kinerja keuangan dengan menerapkan prinsip Good governance dalam praktik pengelolaan LPD.”

Keywords

Keyword Not Available

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/eeb/full-112274

Published

2024-03-01

How To Cite

WIJAYA, I Gusti Ngurah Teja; ERAWATI, Ni Made Adi. PENGARUH PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE PADA KINERJA KEUANGAN LEMBAGA PERKREDITAN DESA (LPD) SE-KECAMATAN UBUD.E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 405-415, mar. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/112274. Date accessed: 08 Jul. 2024. doi:https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i02.p20.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

VOLUME.13.NO.02.TAHUN.2024

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License