DROP LANDING PERFORMANCE DENGAN KINESIO TAPE PADA PEMAIN BASKET SMA



Afifah Tohiroh1*, Dimas Sondang Irawan2, Sri Sunaringsih Ika Wardojo3 u3Departemen Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, Jawa Timur *Koresponden: [email protected]

Diajukan: 4 April 2023 | Diterima: 26 Mei 2023 | Diterbitkan: 20 Juli 2023

DOI: https://doi.org/10.24843/MIFI.2023.v11.i02.p16

ABSTRAK

Pendahuluan: Peningkatan knee valgus pada Gerakan drop landing pemain basket dilaporkan sebagai faktor risiko prospektif pada cedera anterior cruciate ligament (ACL). Knee valgus merupakan kondisi malaligament : abduksi knee berlebihan dengan kombinasi adduksi femoralis serta rotasi internal dan rotasi tibialis eksternal. Risiko terjadinya cedera knee mampu berpengaruh terhadap tingkat performa pemain basket saat latihan dan bermain. Maka dalam hal in stabilitas knee penting dalam menjaga performa dan mengurangi risiko cedera. Dibutuhkan knee support berupa kinesio tape yang dapat digunakan sebagai pencegahan cedera, pemulihan, meningkatkan fungsional tubuh, memperbaiki pola gerak, dan meningkatkan performa atlet. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan kinesio tape dalam stabilitas knee saat drop landing performance pada pemain basket.

Metode: Desain penelitian berupa pre-eksperimental melalui pendekatan “one group pre-test post-test” dengan jumlah responden 22 pemain basket SMA di kota Malang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Frontal plane projection angle (FPPA) alat ukur yang digunakan untuk mengidentifikasi derajat knee valgus saat responden melakukan drop landing melalui rekaman 2D yang di olah dalam software Kinovea. Analisa data melalui uji Shapiro-wilk dan uji Wilcoxon. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian tidak menunjukkan efektivitas penggunaan kinesio tape pada drop landing performance. Tidak ada perbedaan secara signifikan 0,871 (p> 0,05) yang menunjukkan pengaruh dari penggunaan kinesio tape pada pemain sehat dengan kaki dominan.

Simpulan: Tidak terdapat efektivitas penggunaan kinesio tape terhadap drop landing performance pada pemain basket SMA di Kota Malang.

Kata Kunci: drop landing, knee valgus, basket,dan kinesio tape.

PENDAHULUAN

Basket merupakan salah satu cabang olahraga populer dan banyak diminati dikalangan remaja, terbukti dengan munculnya klub basket di sekolah-sekolah. Basket memiliki unsur teknik yang terkoordinir dengan rapi dan kompleks.1,2 Performa pemain basket berpengaruh pada tingkat keberhasilan pertandingan. Terlebih permainan basket banyak menggunakan gerakan cepat, baik berlari maupun melompat.3

Gerakan basket yang cepat dan mendadak sering kali berisiko pada cedera ekstremitas bawah salah satunya adalah ACL tear. Cedera ACL dapat terjadi saat pemain melakukan drop landing dua kaki setelah jump, dimana posis fleksi knee dan valgus serta ditambah fleksi hip dengan internal rotasi, hal tersebut dapat membuat anterior cruciate ligament strain atau terputus.4 Gerakan drop landing yang ideal dapat mengurangi risiko benturan berlebih pada ekstremitas bawah dengan cara menfleksikan hip, knee, dan ankle agar gaya dapat diserap secara perlahan.5 Sedangkan drop landing yang buruk mampu mempengaruhi biomekanik ekstremitas bawah dan membuat atlet rentan terhadap cedera karena adanya benturan yang keras, deselerasi mendadak, dan tingginya ground reaction force (GRF).6 Ketika drop landing dengan satu kaki, maka terjadi pembebanan yang berlebih pada ACL. Sehingga beban benturan dan otot-otot ekstremitas bawah tidak dapat menyerap gaya dengan sepenuhnya.7

Peningkatan knee valgus pada gerakan drop landing dilaporkan sebagai faktor risiko prospektif pada cedera ACL.8 Knee valgus yang berlebih dapat meningkatkan translasi tibialis anterior dan beban pada ACL beberapa kal lipat.9,10 Knee valgus merupakan kondisi malalignment berupa adduksi knee yang berlebih dengan kombinasi adduks femoralis serta rotasi internal dan rotasi tibialis eksternal.11

Risiko terjadinya cedera knee mampu berpengaruh terhadap tingkat performa pemain basket saat melakukan latihan dan permainan. Jika pemain mengalami cedera menunjukkan stabilitas tubuhnya yang lemah. Maka dalam hal ini stabilisasi knee sangatlah penting dalam menjaga performa dan mengurangi risiko cedera. Stabilitas knee penting dalam mengurangi beban knee dan mencegah risiko cedera knee.12 Pemain dapat menggunakan knee support dalam menstabilkan knee saat bermain. Adapun jenis knee support berupa kinesio tape yang dapat digunakan untuk pencegahan cedera, pemulihan, meningkatkan fungsional tubuh, memperbaiki pola gerak, dan meningkatkan performa atlet.13,14 Kinesio tape merupakan pita atau plester perekat elastis yang dapat meregang 100% - 140%, sehingga tidak membatasi pergerakan saat digunakan.15,16 Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kinesio tape efektif digunakan

dengan riwayat cedera knee sebelumnya.14,17 Disamping itu terdapat penelitian penggunaan kinesio tape tidak berpengaruh secara signifikan terlebih pada atlet tanpa permasalah muskuloskeletal.18,19

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan kinesio tape dalam stabilitas knee saat melakukan drop landing basket pada pemain sehat. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan informas yang dapat dijadikan landasan dalam pencegahan risiko cedera lutuh.

METODE

Penelitian ini bersifat analitik dengan menggunakan desain pre-eksperimental melalui jenis pendekatan “onegroup pre-test post-test”. Pada penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok eksperimen, dan tanpa kelompok kontrol. Penelitian dilakukan di SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, dan SMAN 9 Kota Malang. Penelitian dilaksanakan pada bulan januari 2023. Sebanyak 22 responden pemain basket yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling sesua dengan kriteria inklusi antara lain sebagai berikut : responden penelitian merupakan pemain basket laki-laki dan perempuan dengan usia 15 – 18 tahun, pernah berpartisipasi dan berlatih dalam kompetisi Development basketball league (DBL) dengan intensitas latihan tinggi dan sedang dalam 1 bulan terakhir. Kriteria eksklusi : tidak mengalam cedera ekstremitas bawah 6 bulan terakhir, tidak memiliki riwayat operasi ektremitas bawah, IMT≤25 (tidak obesitas), tidak terdapat kecacatan dan tidak ada alergi terhadap pemasangan kinesio tape hal ini diketahui melalui formulir identitas dan data diri responden.

Variabel independent atau yang pengaruh pada penelitian ini adalah penggunaan kinesio tape yang diukur berdasarkan SOP penggunaan kinesio tape. Sedangkan variabel dependennya atau variable yang dipengaruhi adalah drop landing performance diukur melalui Frontal plane projection angle (FPPA) dalam mengidentifikasi knee valgus saat drop landing melalui rekaman 2D yang hasilnya akan diolah melalui sofware kinovea.20 Alat pengambilan data melalu pengukuran 2D dilakukan dengan merekam menggunakan dua kamera webcam logitech resolusi 30fps dengan ketinggian 60 cm dan jarak 2 meter dari box plyometric (ketinggian 20 cm) yang langsung dihubungkan ke laptop untuk langsung diolah ke dalam software kinovea.

Gambar 1. Ilustrasi pengambilandata

Prosedur pengambilan data diawali dengan meminta persetujuan, menjelaskan manfaat, tujuan, serta prosedur penelitian pada responden yang sesuai dengan kriteria inklusi eksklusi dan pengisian informed consent. Kemudian responden mengisi formular identitas dan data diri. Responden melakukan pemanasan berupa stretching ekstremitas atas dan bawah sebelum dilakukan pengambilan data dan sebelum pengambilan gambar dilakukan, responden diberikan stiker marker pada bagian spina iliaka anterior superior (SIAS), tuberositas tibialis, dan talus agar software kinovea dapat mengukur sudut knee valgus dengan tepat. Sesi 1: Responden berdiri diatas box lalu melakukan drop landing dengan satu kaki (kaki dominan) sebanyak 2 kali. Dari kedua hasil tersebut peneliti mengambil 1 landing terbaik dengan kriteria stabil saat mendarat.

Gambar 2. Drop Landing (Pre-test)


Kemudian istirahat selama 5 menit sembari peneliti memasangkan kinesio tape dengan metode “DONUT” yang digunakan selama sesi 2 drop landing berlangsung (sekitar 3-5 menit). Dilanjutkan sesi 2: Responden melakukan drop landing kembali seperti sesi I. Setelah itu responden dapat beristirahat dan melakukan pendinginan atau relaksasi otot ekstremitas seperti meregangkan kaki dan tangan sembari mengatur pola nafas .


Gambar 3. Drop landingdenganKinesio tape (post-test)

Analisa data menggunakan IBM SPSS Statistics 29 untuk melihat distribusi data melalui uji normalitas berupa Shapiro-wilk. Uji hipotesa dilihat melalui uji Wilcoxon dalam melihat efektivitas sebelum (pre-test) dan sesudah (posttest) penggunaan kinesio tape untuk melihat selisih dari keduanya. Penelitian ini telah memperoleh keterangan layak etik No.E.5.a/030/KEPK-UMM/III/2023 oleh Komite Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang.

HASIL

Hasil data 22 responden dengan karakteristik berdasarkan usia dan intensitas latihan dapat ditinjau melalu table 1. berikut:

Tabel 1. Karakteristik Responden

Keterangan

n

Presentase (%)

Usia (Tahun)

15

8

36

16

11

50

17

3

14

Intesitas latihan

Tinggi

13

59

Sedang

9

41

Total

22

100

Berdasarkan Tabel 1. Menunjukkan jumlah distribusi data responden mayoritas berusia 16 tahun sebanyak 11 (50%), usia 15 tahun sebanyak 8 (36%), dan minoritas responden usia 17 sebanyak 3 orang (14%). Sedangkan jumlah distribusi data responden dengan intensitas latihan berjumlah 13 orang (59%) dan intensitas latihan sedang berjumlah 9 orang (41%) dari total 22 responden.

Dalam melihat persebaran distribusi data menggunakan uji normalitas berupa Shapiro wilk yang dapat ditinjau melalui tabel berikut:

Tabel 2. Uji Normalitas (Shapiro-wilk)

Variabel

p

Distribusi

Pre-test

0,016

Tidak normal

Post-test

0,451

Normal

Berdasarkan hasil uji Shapiro-wilk menggunakan IBM SPSS Statistics 29. didapatkan nilai signifikan drop landing (pre-test) yaitu, 0,016 (p< 0,05) dan kinesio tape (post-test) 0,451 (p> 0,05), dapat disimpulkan distribusi data tidak normal. Dilakukan uji hipotesa antara drop landing (pre-test) dan drop landing dengan kinesio tape (post-test) pada kaki dominan menggunakan uji analisa data berupa uji Wilcoxon karena pada salah satu data tidak berdistribusi normal

Table 3. Uji Wilcoxon

Variabel         Rerata    Simpang Bakup

Pre-test           10.86           3.90,871

Post-test           10.955.4

Hasil analisa data uji Wilcoxon menunjukkan nilai p dengan nilai 0,871 lebih dari α (p>0,05) disimpulkan bahwa tidak ditemukan efektivitas penggunaan kinesio tape terhadap drop landing performance pada pemain basket SMA d Kota Malang. Tidak terdapat perubahan secara signifikan yang menunjukkan pengurangan derajat knee valgus pada kaki dominan pemain basket sehat ketika melakukan drop landing sebelum maupun sesudah menggunakan kinesio tape. Beberapa literatur lain menyebutkan bahwa penggunaan kinesio tape tidak memberikan pengaruh secara signifikan terlebih pada atlet tanpa permasalahan cedera muskuloskeletal sebelumnya.18,19

DISKUSI

Karakteristik responden

Karakteristik responden didapatkan dari hasil analisis terhadap usia dan intensitas latihan. Responden dalam penelitian ini terdiri dari pemain basket dengan usia 15-17 tahun. Dalam penelitian ini tidak ditemukan perbedaan hasil yang signifikan antar usia. Namun, terdapat beberapa bukti bahwa usia merupakan salah satu faktor yang berperan dalam performa pemain basket terutama pada derajat knee valgus saat drop landing.21 Pemain dengan usia muda dapat mempengaruhi derajat knee valgus yang lebih buruk saat bermain, hal ini menunjukkan bahwa keseimbangan yang dimiliki masih dalam fase perkembangan.22 Dalam penelitian tidak di temukan perbedaan yang signifikan antara pemain dengan intensitas latihan tinggi dan sedang. Hal ini berbeda dengan pembahasan yang menyebutkan semakin tinggi intensitas pemain, maka semakin tinggi juga risiko terkena cedera.23

Efektivitas penggunaan kinesio tape terhadap drop landing

Kinesio tape merupakan pita perekat elastis yang menyerupai kulit dan dapat meregang 100% - 140% dar panjang awalnya, tidak membatasi pergerakan.15,16,24 Kinesio tape atau pita perekat restoratif biasanya digunakan untuk mencegah cedera, membantu proses pemulihan, dan meningkatkan kinerja otot. Kinesio tape juga diyakini mampu mengurangi pembengkakan, kejang otot, nyeri, dan mencegah cedera olahraga.13 Manfaat lain dari penggunaan kinesio tape yakni, merelaksasi otot, meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan stabilitas postural, merangsang mekanoreseptor dan meningkatkan tonus dan propiosepsi.25,26

Namun, dari hasil penelitian ini menunjukkan kinesio tape tidak memberikan pengaruh secara signifikan 0,871 (p>0,05) pada pemain basket sehat ketika melakukan drop landing performance. Kondisi tersebut sejalan dengan penelitian yang menyebutkan bahwa penggunaan kinesio tape tidak memberikan pengaruh secara signifikan terlebih pada atlet tanpa permasalahan cedera muskuloskeletal sebelumnya dan pemain dengan propiosepsi yang buruk.18,19,27 Dalam hal ini kinesio tape tidak memiliki efek medis pada kinerja otot pemain dengan kondisi sehat.13,28 Penggunaan kinesio tape akan lebih efektif apabila diberikan kepada pemain dengan riwayat cedera ekstremitas bawah sebelumnya, seperti pada kondisi pasca opreasi ACL yang dimana penggunaan kinesio tape dapat meningkatkan kekuatan dan keseimbangan lutut pemain.14,29,30

Penelitian ini tidak menujukkan efektivitas dari penggunaan kinesio tape juga dapat dipengaruhi dari posis pemasangannya, karena pada keseluruhan responden menggunakan kaki dominan yang dimana memiliki karakteristik seimbang dan performa yang baik saat melakukan drop landing28, Maka tingkat kestabilan knee pada pemain sehat juga akan lebih baik dan terjaga.31 Oleh karena itu, penggunaan kinesio tape mungkin akan lebih efektif apabila digunakan pada kaki non-dominan dengan kestabilan kaki yang kurang baik saat melakukan drop landing.32 Perbedaan biomekanik antara kaki dominan dan non dominan selama melakukan aktivitas fisik berkaitan dengan kondisi asimetr anatomi pada ekstremitas bawah.33

Beberapa keterbatasan yang dialami oleh peneliti saat melaksanakan penelitian, antara lain: jumlah responden yang kecil, peneliti tidak memisahkan data antara pemain laki-laki dan perempuan, sedangkan secara biomekanik terdapat perbedaan pada kedua gender tersebut dan penelitian ini tidak memiliki kelompok kontrol sebagai pembanding. Untuk penelitian selanjutnya perlu dilakukan penambahan jumlah responden dan menganalisa kelompok pada bidang olahraga lainnya pada penelitian mendatang dan perlu adanya pengontrolan aktivitas fisik responden yang berpengaruh pada tingkat performa pemain. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai sumber pustaka dan pembaharuan terkait penggunaan kinesio tape.

SIMPULAN

Hasil penelitian yang didapatkan yaitu, tidak terdapat efektivitas penggunaan kinesio tape terhadap drop landing performance pada pemain basket SMA di Kota Malang, sehingga dalam penetian ini penggunaan kinesio tape tidak dapat dijadikan sebagai stabilitas knee untuk mengurangi derajat knee valgus berlebih saat drop landing pada pemain basket dengan kondisi sehat. Hasil penelitian yang menunjukkan ketidakefektifan penggunaan kinesio tape dalam meningkatkan performa drop landing pada pemain basket SMA di Kota Malang menyarankan perlunya alternatif pendekatan, seperti program latihan yang lebih holistik, pendekatan individualisasi, dan edukasi pemain dan pelatih, serta mendorong penelitian lanjutan untuk memahami faktor-faktor lain yang memengaruhi stabilitas lutut pada pemain basket.

UCAPAN TERIMA KASIH ATAU INFORMASI LAINNYA

Penulis mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemain basket SMA di Kota Malang yang bersedia menjadi responden kami pada penelitian ini dan terima kasih kepada ibu bapak dosen beserta rekan-rekan Program Studi Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Malang yang telah memberi dukungan pada penelitian ini.

DAFTAR PUSTAKA

  • 1.    Putra TR. Penerapan Permainan Bola Basket Untuk Meningkatkan Hasil Belajar ( Studi Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Nganjuk Tahun Ajaran 2013 / 2014 ). Pendidik Olahraga dan Kesehat. 2014;02:398-401.

  • 2.    Hidayatullah F. Analisis Indikator Performa Bola Basket Yang Mempengaruhi Skor Pemenang Pertandingan Pelajar Sekolah Menengah. 2020;1:49-55.

  • 3.    Aprini T, Lesmana SI, Munawwarah M. Dengan Latihan Lateral Jump With Single Leg Terhadap Explosive Power

Otot Tungkai Pada. Published online 2018.

  • 4.    Rahman F, Adani M, Ratnawati D, Kurniawan A, Budi IS. Program Latihan Preventif Cedera Anterior Cruciate Ligament Pemain Basket. Published online 2018:109-115.

  • 5.    Mothersole G, Cronin JB, Harris NK. Jump-landing program for females: Development of a systematic progression model. Strength Cond J. 2014;36(4):52-64. doi:10.1519/SSC.0000000000000078

  • 6.    Jamaludin NI, Sahabuddin FNA, Najib RKMRA, Bahari MLHS, Shaharudin S. Bottom-up kinetic chain in drop

landing among university athletes with normal dynamic knee valgus. Int J Environ Res Public Health. 2020;17(12):1-10. doi:10.3390/ijerph17124418

  • 7.    Sinsurin K, Vachalathiti R, Jalayondeja W, Limroongreungrat W. Altered peak knee valgus during jump-landing among various directions in basketball and volleyball athletes. Asian J Sports Med. 2013;4(3):195-200. doi:10.5812/asjsm.34258

  • 8.    Padua DA, DiStefano LJ, Beutler AI, De La Motte SJ, DiStefano MJ, Marshall SW. The landing error scoring system as a screening tool for an anterior cruciate ligament injury-prevention program in elite-youth soccer athletes. J Athl Train. 2015;50(6):589-595. doi:10.4085/1062-6050-50.1.10

  • 9.    Della Villa F, Buckthorpe M, Grassi A, et al. Systematic video analysis of ACL injuries in professional male football (soccer): Injury mechanisms, situational patterns and biomechanics study on 134 consecutive cases. Br J Sports Med. Published online 2020:1423-1432. doi:10.1136/bjsports-2019-101247

  • 10.    Irawan DS, Huoth C, Sinsurin K. Concurrent Validity and Reliability of Two-dimensional Frontal Plane Knee Measurements during Multi-directional Cutting Maneuvers. 2022;17(2):148-155.

  • 11.    Mizuno F, Koganemaru S, Irisawa H, Saito A, Mizushima T. Knee Valgus during Jump Landing Is Related to the Inaccuracy of Knee Position Recognition in Healthy Young Women. Prog Rehabil Med. 2021;6(0):n/a. doi:10.2490/prm.20210041

  • 12.    Guo L, Zhang J, Wu Y, Li L. Prediction of the Risk Factors of Knee Injury During Drop-Jump Landing With Corerelated Measurements in Amature Basketball Players. Front Bioeng Biotechnol. 2021;9(September):1-10. doi:10.3389/fbioe.2021.738311

  • 13.    Alrawaili SM. Investigating the clinical effect of kinesio tape on muscle performance in healthy young soccer players – a prospective cohort study. Clinics. 2019;74:e1158. doi:10.6061/clinics/2019/e1158

  • 14.    Gholami M, Kamali F, Mirzeai M, Motealleh A, Shamsi M. Effects of kinesio tape on kinesiophobia, balance and functional performance of athletes with post anterior cruciate ligament reconstruction: A pilot clinical trial. BMC Sports Sci Med Rehabil. 2020;12(1):1-10. doi:10.1186/s13102-020-00203-x

  • 15.    Anwar T, Warongan AW, Rayasari F. Pengaruh Kinesio Taping Terhadap Tingkat Nyeri Pada Pasien Post Laparatomi Di Rumah Sakit Umum Dr Darajat Prawiranegara, Serang-Banten Tahun 2019. J Holist Nurs Sci. 2020;7(1):71-87. doi:10.31603/nursing.v7i1.2954

  • 16.    Collins KS, Smedley K, Riegel H, Christensen B, Lyman K. Effect Of Two Kinesio Tape Techniques On Knee Kinematics During A Drop Jump Test 1 North Dakota State University , Fargo , North Dakota. Published online 2022:126-129.

  • 17.    Balki S, Goktas HE. Acta Orthopaedica et Traumatologica Turcica Rekaman Kinesio sebagai metode pengobatan pada fase akut rekonstruksi ACL : Sebuah studi double-blind , terkontrol plasebo. 2016;50:628-634.

  • 18.    Trofa DP, Obana KK, Herndon CL, et al. The Evidence for Common Nonsurgical Modalities in Sports Medicine, Part 1: Kinesio Tape, Sports Massage Therapy, and Acupuncture. J Am Acad Orthop Surg Glob Res Rev. 2020;4(1). doi:10.5435/JAAOSGlobal-D-19-00104

  • 19.    Naugle KE, Hackett J, Aqeel D, Naugle KM. Effect of different Kinesio tape tensions on experimentally-induced thermal and muscle pain in healthy adults. PLoS   One.   2021;16(11 November):1-14.

doi:10.1371/journal.pone.0259433

  • 20.    Comfort P, Colclough A, Herrington L. Comparison of frontal plane projection angle across landing tasks in female gymnasts. Int J Athl Ther Train. 2016;21(5):42-47. doi:10.1123/ijatt.2015-0068

  • 21.    Leppänen M, Pasanen K, Kulmala JP, et al. Knee Control and Jump-Landing Technique in Young Basketball and Floorball Players. Int J Sports Med. 2016;37(4):334-338. doi:10.1055/s-0035-1565104

  • 22.    Adillón C, Gallegos M, Treviño S, Salvat I. Detection of Neuromuscular Deficits in Movement Pattern among Uninjured Federated Youth Basketball Players: A Cross-Sectional Study. Int J Environ Res Public Health. 2022;19(7). doi:10.3390/ijerph19074077

  • 23.    In’aam M, Wahadi, Slamet B K. Pengaruh Latihan Dribble Menggunakan Satu Kaki Dominan dan Dua Kaki Bergantian Terhadap Kecepatan Dribbling. Unnes J Sport    Sci.    2015;4(2):34-44.

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujss

  • 24.    Lin J, Guo ML, Wang H, et al. Effects of Kinesio Tape on Delayed Onset Muscle Soreness: A Systematic Review and Meta-analysis. Biomed Res Int. 2021;2021. doi:10.1155/2021/6692828

  • 25.    Balsalobre-Fernández C, Bishop C, Beltrán-Garrido JV, et al. The validity and reliability of a novel app for the

measurement of change of direction performance. J Sports Sci. 2019;37(21):2420-2424. doi:10.1080/02640414.2019.1640029

  • 26.    Csapo R, Alegre LM. Effects of Kinesio® taping on skeletal muscle strength-A meta-analysis of current evidence. J Sci Med Sport. 2015;18(4):450-456. doi:10.1016/j.jsams.2014.06.014

  • 27.    Hosp S, Bottoni G, Heinrich D, Kofler P, Hasler M, Nachbauer W. A pilot study of the effect of Kinesiology tape on knee proprioception after physical activity in healthy women. J Sci Med Sport. 2015;18(6):709-713. doi:10.1016/j.jsams.2014.09.004

  • 28.    Reneker JC, Latham L, McGlawn R, Reneker MR. Effectiveness of kinesiology tape on sports performance abilities in athletes: A systematic review. Phys Ther Sport. 2018;31:83-98. doi:10.1016/j.ptsp.2017.10.001

  • 29.    Balki S, Göktaş HE, öztemur Z. Kinesio taping as a treatment method in the acute phase of ACL reconstruction: A double-blind, placebo-controlled study. Acta Orthop Traumatol Turc. 2016;50(6):628-634. doi:10.1016/j.aott.2016.03.005

  • 30.    Zhang S, Fu W, Pan J, Wang L, Xia R, Liu Y. Acute effects of Kinesio taping on muscle strength and fatigue in the forearm of tennis players. J Sci Med Sport. 2016;19(6):459-464. doi:10.1016/j.jsams.2015.07.012

  • 31.    Sankey SP, Robinson MA, Vanrenterghem J. Whole-body dynamic stability in side cutting: Implications for

markers of lower limb injury risk and change of direction performance. J Biomech. 2020;104:109711. doi:10.1016/j.jbiomech.2020.109711

  • 32.    Munro A, Herrington L. The effect of videotape augmented feedback on drop jump landing strategy: Implications for anterior cruciate ligament and patellofemoral joint injury prevention. Knee. 2014;21(5):891-895. doi:10.1016/j.knee.2014.05.011

  • 33.    Shultz SJ, Cruz MR, Casey E, et al. Sex-Specific Changes in Physical Risk Factors for Anterior Cruciate Ligament Injury by Chronological Age and Stages of Growth and Maturation From 8 to 18 Years of Age. J Athl Train. 2022;57(9-10):830-876. doi:10.4085/1062-6050-0038.22

Karya ini dilisensikandibawah: CreativeCommons Attribution4.0 International License

Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, Volume 11, Nomor 2 (2023), Halaman 196-201, Open Access Journal: https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi |201|