JITTER- Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer Vol. 2, No. 3 Desember 2021

Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen

Ni Made Dwi Febriyantia1, A.A. Kompiang Oka Sudana a2, I Nyoman Piarsa b3

aProgram Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana Bukit Jimbaran, Bali, Indonesia

e-mail: 1[email protected], 2[email protected], 3[email protected]

Abstrak

Sistem Informasi Manajen Dosen (SIMDOS) merupakan sistem yang memberikan informasi mengenai data dosen di Universitas Hindu Indonesia (UNHI). Implementasi SIMDOS di Universitas Hindu Indonesia secara menyeluruh belum optimal dengan demikian perlu adanya pengujian perangkat lunak. Pengujian perangkan lunak merupakan salah satu tahapan yang paling penting dalam pengembangan sebuah sistem informasi. Untuk mendapatkan hasil yang optimal maka perlu dilakukan pengujian dengan menggunakan black box testing dengan bantuan automation tools TestProject memiliki tujuan untuk meminimalisir adanya kesalahan dan memastikan apakah fungsi-fungsi pada sistem berjalan sesuai yang diharapkan. Hasil dari pengujian sistem yang diujikan sebanyak 53 butir uji terdapat 2 butir uji yang tidak sesuai.

Kata kunci: SIMDOS, UNHI, Black box, dan pengujian

Abstract

Lecturer Management Information System (SIMDOS) is a system that provides information on lecturer data at the Hindu University of Indonesia (UNHI). The implementation of SIMDOS at the Hindu University of Indonesia as a whole has not been optimal, so software testing is needed. Software testing is one of the most important stages in the development of an information system. To get optimal results, it is necessary to test using black box testing with the aim of minimizing errors and ensuring whether the functions on the system run as expected. The results of testing the system tested were 53 test items, there were 2 test items that were not appropriate.

Keywords : SIMDOS, UNHI, Black box and testing.

  • 1.    Pendahuluan

Peran dari teknologi informasi hampir semua kegiatan dalam berbisnis maupun berorganisasi dalam pemerintahan dan swasta melalui perantara teknologi informasi yaitu internet. Perkembangan teknologi dalam menunjang pelayanan pendidikan cukup banyak diterapkan pada Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. Hampir seluruh perguruan tinggi di dunia ini menggunakann aplikasi atau website akademik sebagai sarana utama untuk menyebarkan serta manajemen informasi.Website merupakan kumpulan halaman yang berisi Informasi yang dapat diakses melalui internet. Universitas Hindu Indonesia (UNHI) telah memanfaatkan website untuk penyebar informasi.

Pemanfaatan website di UNHI dengan menggunakan Sistem Informasi Universitas Terintegrasi atau disebut dengan SRUTI. Website SRUTI memiliki 8 modul didalamnya, salah satunya yaitu Sistem Informasi Manajemen Dosen (SIMDOS). SIMDOS (Sistem Informasi Manajemen Dosen) merupakan aplikasi berbasis web yang digunakan untuk manajemen mengelola data dosen di Universitas Hindu Indonesia sebagai upaya terstruktur dalam mengembangkan pengetahuan untuk meningkatkan aset sumber daya manusia dan meningkatkan kinerja dosen.

Pengujian fungsionalitas dalam suatu website sangat penting dilakukan untuk mempermudah pengguna dalam implementasinya. SIMDOS membutuhkan pengujian untuk memastikan semua proses atau fungsi yang ada didalamnya berjalan sesuai dengan harapan pengguna, pengujian tersebut dilakukan dengan menggunakan metode black box testing. Pengujian black box merupakan pengujian yang didasarkan pada detail aplikasi seperti tampilan website, fungsi-fungsi yang ada pada website, dan kesesuaian alur fungsi dengan bisnis proses yang diinginkan oleh pengguna.

  • 2.    Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian yang digunakan pada pengujian perangkat lunak SIMDOS menggunakan metode black box testing. Metode Blackbox Testing adalah sebuah metode yang dipakai untuk menguji sebuah software tanpa harus memperhatikan detail software. Proses Black Box Testing dengan cara mencoba program yang telah dibuat dengan mencoba memasukkan data pada setiap formnya. Pengujian ini diperlukan untuk mengetahui program

tersebut berjalan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan [1]. Berikut merupakan alur

penelitian yang dilakukan dapat dilihat pada Gambar 1.


Gambar 1 Tahapan Penelitian

Gambar 1 merupakan tahapan penelitian dari pengujian Sistem Informasi Manajemen Dosen (SIMDOS) dengan menggunaka metode black box testing. Tahapan penelitian dimulai dengan melakukan studi pendahuluan untuk memperoleh informasi terkait penelitian yang akan dilakukan. Tahap kedua melakukan identifikasi sistem serta rencana pengujian sistem. Kemudian melakukan pengujian dengan menggunakan meted black box testing. Tahap ketiga yaitu pembuatan dokumentasi pengujian pada SIMDOS. Tahap selanjutnya yaitu analisis sistem dari pengujian yang sudah dilakukan sebelumnya. Tahap terakhir yaitu memberikan rekomendasi pengujian.

  • 3.    Kajian Pustaka

Kajian Pustaka menguraikan mengenai materi yang berkaitan dengan implementasi pengujian black box pada Sistem Informasi Manajemen Dosen berdasarkan teori yang terdapat pada jurnal ataupun sumber lainnya.

  • 3.1 Definisi Pengujian

Salah satu aspek terpenting dalam pengembangan sistem informasi adalah sistem pengujian. Pengujian sistem bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan aplikasi dan menentukan apakah program yang dikembangkan sudah sesuai dengan hasil yang diharapkan. Hal ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa aplikasi adalah kualitas terbaik dan dipertahankan[2].

Pengujian merupakan suatu aktifitas untuk melakukan eksekusi program dengan tujuan untuk menemukan kesalahan. Pengujian dilakukan untuk memastikan bahwa

software/aplikasi yang sudah atau sedang di buat dapat berjalan sesuai dengan fungsionalitas yang di harapkan [3].

  • 3.2 Pengujian Black Box

Metode BlackboxTesting merupakan salah satu metode yang mudah digunakan karena hanya memerlukan batas bawah dan batas atas dari data yang di harapkan. Estimasi banyaknya data uji dapat dihitung melalui banyaknya field data entri yang akan diuji, aturan entri yang harus dipenuhi serta kasus batas atas dan batas bawah yang memenuhi. Dan dengan metode ini dapat diketahui jika fungsionalitas masih dapat menerima masukan data yang tidak diharapkan maka menyebabkan data yang disimpan kurang valid [4].

Pengujian adalah satu set aktifitas yang direncanakan dan sistematis untuk menguji atau mengevaluasi kebenaran yang diinginkan. Pengujian perangkat lunak dari segi spesifikasi fungsional tanpa menguji desain dan kode program untuk mengetahui apakah fungsi, masukan dan keluaran dari perangkat lunak sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Pengujian pada sistem menggunakann metode Black Box, tujuannya mengetahui kelemahan dari sistem agar data yang dihasilkan sesuai dengan data yang dimasukkan setelah data dieksekusi dan menghindari kekurangan dan kesalahan pada aplikasi sebelum digunakan oleh user [5].

3.3SIMDOS

Sistem Informasi manajemen dosen atau SIMDOS merupakan sistem informasi yang mengelola data dosen sebagai upaya terstruktur dalam mengembangkan pengetahuan untuk meningkatkan aset sumber daya manusia dan meningkatkan kinerja dosen. Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti menilai data dosen perlu direkam agar pengembangan karir dosen dapat lebih mudah dijalankan. Nantinya perencanaan dan pengembangan karir dosen akan dilakukan secara terintegrasi dengan harapan langkah pengembangan dan penatalaksanaan dosen yang terintegrasi dapat meningkatkan kinerja dosen dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi yang bermutu. Hal-hal itulah yang melatarbelakangi Universitas Hindu Indonesia mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Dosen. Kinerja dosen akan terus dievaluasi per semester melalui SIMDOS, oleh karena itu data yang ada harus terus di-update tiap semester. Setelah selesai asesor dari universitas akan menilai dan membuat rekapitulasi laporan Beban Kinerja Dosen sesuai format Ditjen Dikti.

  • 3.4 TestProject

Test Project adalah otomatisasi pengujian end to end merupakan platform gratis untuk menguji perangkat lunak baik aplikasi web maupun seuler secara otomatis. Test Project merupakan tools yang bersifat open source, untuk setiap platform dan browser yang perlu diuji. Test Project dapat digunakan pada semua browser dan dapat secara langsung merekam, membuat dan menjalankan testing. Pengguna automatization tools ini dapat memberikan keuntungan lebih cepat dan efisien dibandingan dengan menggunakan cara manual, selain itu dengan menggunakan TesProject pengguna dapat menguji secara berulang.

  • 4.    Hasil dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan mengenai implementasi black box testing dengan bantuan automation testing tools TestProject pada Sistem Informasi Manajemen Dosen yang meliputi pengujian sistem beserta hasil analisis pengujian.

  • 4.1I dentifikasi dan Rencana Pengujian

Pengujian yang dilakukan pada Sistem Informasi Manajemen Dosen (SIMDOS) berdasarkan fungsi yang didefinisikan di dalam SKPL (Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak) dan PHDUPL (Deskripsi, dan Hasil Uji Perangkat Lunak ). Proses identifikasi serta rencana pengujian dijabarkan dalam Tabel 1 berikut.

Tabel 1 Identifikasi dan Rencana Pengujian

Kelas Uji

Butir Uji

Identifiasi

Tingkat Pengujian

Jenis Pengujian

Jadwal

SKPL

PDHUPL

Pengujian Login

Pengujian Login Dosen

SKPL-SIMDOS _0001

PDHUPL-SIMDOS-0001_1

Pengujian unit

Black Box

7 Juni 2021

Pengujian

Pengujian

SKPL-

PDHUPL-

Pengujian

Black Box

25 Juni

Kelas Uji

Butir Uji

Identifiasi

Tingkat Pengujian

Jenis Pengujian

Jadwal

SKPL

PDHUPL

Logout

Pengujian Menu Profil Dosen

Logout Pengujiann Mengubah Data Diri

Dosen

SIMDOS _0002

SKPL-SIMDOS _0003

SIMDOS-0002_2

PDHUPL-SIMDOS-0003_3

unit

Pengujian unit

Black Box

2021

25 Juni

2021

Pengujian

Tambah Data Keluarga

SKPL-SIMDOS _0004

PDHUPL-SIMDOS-0004_4

Pengujian unit

Black Box

6 Juni 2021

Pengujian Menu Keluarga

Pengujian

Mengubah Data Keluarga

SKPL-SIMDOS _0005

PDHUPL-SIMDOS-0005_5

Pengujian unit

Black Box

6 Juni 2021

Pengujiann Menghapus Data Keluarga

SKPL-SIMDOS _0006

PDHUPL-SIMDOS-0006_6

Pengujian unit

Black Box

6 Juni 2021

Pengujian Menu Riwayat Pendidikan Dosen

Pengujiann Mengubah Data Riwayat Pendidikan Dosen

Pengujiann Menghapus Data Riwayat Pendidikan Dosen

SKPL-SIMDOS _0007

SKPL-SIMDOS _0008

PDHUPL-SIMDOS-0007_7

PDHUPL-SIMDOS-0008_8

Pengujian unit

Pengujian unit

Black Box

Black Box

24 Juni 2021

24 Juni 2021

Pengujian Menu

Riwayat Fungsional Dosen

Pengujiann Menambah Data Riwayat Fungsional Dosen

Pengujiann Menghapus Data Riwayat Fungsional Dosen

SKPL-SIMDOS _0009

SKPL-SIMDOS _0010

PDHUPL-SIMDOS-0009_9

PDHUPL-SIMDOS-0010_10

Pengujian unit

Pengujian unit

Black Box

Black Box

25 Juni 2021

6 Juni 2021

Pengujian Menu Riwayat Kepangkat an Dosen

Pengujiann Menambah Data Riwayat Kepangkatan

Dosen

Pengujiann Mengubah Data Riwayat Kepangkatan

SKPL-SIMDOS _0011

SKPL-SIMDOS _0012

PDHUPL-SIMDOS-0011_11

PDHUPL-SIMDOS-0012_12

Pengujian unit

Pengujian unit

Black Box

Black Box

16 Juni 2021

6 Juni 2021

Kelas Uji

Butir Uji

Identifiasi

Tingkat Pengujian

Jenis Pengujian

Jadwal

SKPL

PDHUPL

Pengujiann Menghapus Data Riwayat Kepangkatan Dosen

SKPL-SIMDOS _0013

PDHUPL-SIMDOS-0013_13

Pengujian unit

Black Box

7 Juni 2021

Pengujiann Menambah Data Riwayat Tugas Tambahan Dosen

SKPL-SIMDOS _0014

PDHUPL-SIMDOS-0014_14

Pengujian unit

Black Box

25 Juni 2021

Pengujian Menu Riwayat Tugas Tambahan

Pengujiann Mengubah Data Riwayat Tugas Tambahan

SKPL-SIMDOS

PDHUPL-SIMDOS-

Pengujian

6 Juni

Dosen

Dosen

_0015

0015_15

unit

Black Box

2021

Pengujiann Menghapus Data Riwayat Tugas Tambahan

Dosen

SKPL-SIMDOS _0016

PDHUPL-SIMDOS-0016_16

Pengujian unit

Black Box

10 Juni 2021

Pengujiann Menambah Data Riwayat Keaktifan

SKPL-SIMDOS _0017

PDHUPL-SIMDOS-0017_17

Pengujian unit

Black Box

7 Juni 2021

Pengujian Menu Riwayat Keaktifan

Pengujiann Mengubah Data Riwayat

SKPL-SIMDOS

PDHUPL-SIMDOS-

Pengujian

6 Juni

Dosen

Keaktifan

_0018

0018_18

unit

Black Box

2021

Pengujiann Menghapus Data Riwayat Keaktifan

SKPL-SIMDOS _0019

PDHUPL-SIMDOS-0019_19

Pengujian unit

Black Box

10 Juni 2021

Pengujiann Mengubah Data Identitas

SKPL-SIMDOS _0020

PDHUPL-SIMDOS-0020_20

Pengujian unit

Black Box

10 Juni 2021

Pengujian Menu

Pengujiann Menambah BKD Bidang

SKPL-SIMDOS

PDHUPL-SIMDOS-

Pengujian

25 Juni

Beban

Pendidikan

_0021

0021_21

unit

Black Box

2021

Kerja Dosen

Pengujiann Mengubah BKD Bidang Pendidikan

SKPL-SIMDOS _0022

PDHUPL-SIMDOS-0022_22

Pengujian unit

Black Box

25 Juni 2021

Pengujiann Menghapus BKD Bidang

SKPL-SIMDOS _0023

PDHUPL-SIMDOS-0023_23

Pengujian unit

Black Box

7 Juni 2021

Kelas Uji

Butir Uji

Identifiasi

Tingkat Pengujian

Jenis Pengujian

Jadwal

SKPL

PDHUPL

Pendidikan

Pengujiann Menambah BKD Bidang Penelitian

SKPL-SIMDOS _0024

PDHUPL-SIMDOS-0024_24

Pengujian unit

Black Box

25 Juni 2021

Hasil Pengujiann Mengubah BKD Bidang Penelitian

SKPL-SIMDOS _0025

PDHUPL-SIMDOS-0025_25

Pengujian unit

Black Box

25 Juni 2021

Pengujiann Menghapus BKD Bidang Penelitian

SKPL-SIMDOS _0026

PDHUPL-SIMDOS-0026_26

Pengujian unit

Black Box

25 Juni 2021

Pengujiann Menambah BKD Bidang Pengabdian Masyarakat

SKPL-SIMDOS _0027

PDHUPL-SIMDOS-0027_27

Pengujian unit

Black Box

25 Juni 2021

Pengujiann Mengubah BKD Bidang Pengabdian Masyarakat

SKPL-SIMDOS _0028

PDHUPL-SIMDOS-0028_28

Pengujian unit

Black Box

25 Juni 2021

Pengujiann Menghapus BKD Bidang Pengabdian Masyarakat

SKPL-SIMDOS _0029

PDHUPL-SIMDOS-0029_29

Pengujian unit

Black Box

10 Juni 2021

Pengujiann Menambah BKD Bidang Penunjang Lainnya

SKPL-SIMDOS _0030

PDHUPL-SIMDOS-0030_30

Pengujian unit

Black Box

25 Juni 2021

Pengujiann Mengubah BKD Bidang Penunjang Lainnya

SKPL-SIMDOS _0031

PDHUPL-SIMDOS-0031_31

Pengujian unit

Black Box

25 Juni 2021

Pengujiann Menghapus BKD Bidang Penunjang Lainnya

SKPL-SIMDOS _0032

PDHUPL-SIMDOS-0032_32

Pengujian unit

Black Box

10 Juni 2021

Pengujiann

Rencana BKD

SKPL-SIMDOS _0033

PDHUPL-SIMDOS-0033_33

Pengujian unit

Black Box

25 Juni 2021

Kelas Uji

Butir Uji

Identifiasi

Tingkat Pengujian

Jenis Pengujian

Jadwal

SKPL

PDHUPL

Pengujiann Menambah Data Dosen

SKPL-SIMDOS _0034

PDHUPL-SIMDOS-0034_34

Pengujian unit

Black Box

15 Juni 2021

Pengujiann Mengubah Data Dosen

SKPL-SIMDOS _0035

PDHUPL-SIMDOS-0035_35

Pengujian unit

Black Box

15 Juni 2021

Pengujiann Menghapus Data Dosen

SKPL-SIMDOS _0036

PDHUPL-SIMDOS-0036_36

Pengujian unit

Black Box

15 Juni 2021

Pengujiann

Validasi Data Riwayat Pendidikan

SKPL-SIMDOS _0037

PDHUPL-SIMDOS-0037_37

Pengujian unit

Black Box

25 Juni 2021

Pengujiann

Validasi Data Riwayat Fungsional

SKPL-SIMDOS _0038

PDHUPL-SIMDOS-0038_38

Pengujian unit

Black Box

25 Juni 2021

Pengujiann

Validasi Data

Riwayat Kepangkatan

SKPL-SIMDOS _0039

PDHUPL-SIMDOS-0039_39

Pengujian unit

Black Box

25 Juni 2021

Pengujiann

Validasi Data Riwayat Tugas Tambahan

SKPL-SIMDOS _0040

PDHUPL-SIMDOS-0040_40

Pengujian unit

Black Box

25 Juni 2021

Pengujiann

Validasi Data Riwayat Keaktifan

SKPL-SIMDOS _0041

PDHUPL-SIMDOS-0041_41

Pengujian unit

Black Box

16 Juni 2021

Pengujiann

Validasi Data

Jurusan Pendidikan

SKPL-SIMDOS _0042

PDHUPL-SIMDOS-0042_42

Pengujian unit

Black Box

25 juni 2021

Pengujiann Mengubah Data Tahun Ajar

SKPL-SIMDOS _0043

PDHUPL-SIMDOS-0043_43

Pengujian unit

Black Box

25 Juni 2021

Pengujiann Menghapus Data Tahun Ajar

SKPL-SIMDOS _0044

PDHUPL-SIMDOS-0044_44

Pengujian unit

Black Box

26 Juni 2021

Pengujiann

SKPL-

PDHUPL-

Pengujian

Black Box

25 Juni

Mengubah Data Setting BKD

Pengujiann

SIMDOS _0045

SKPL-

SIMDOS-0045_45

PDHUPL-

unit

Pengujian

Black Box

2021

25 Juni

Menghapus

Data Setting BKD

SIMDOS _0046

SIMDOS-0046_46

unit

2021

Kelas Uji

Butir Uji

Identifiasi

Tingkat Pengujian

Jenis Pengujian

Jadwal

SKPL

PDHUPL

SKPL-

PDHUPL

Pengujian

Pengujiann

SIMDOS

SIMDOS

Pengujian

25 Juni

Setting Asesor

_0047

0047_47

unit

Black Box

2021

BKD oleh

asessorr

Pengujiann

SKPL-

PDHUPL

Pembagian

SIMDOS

SIMDOS

Pengujian

25 Juni

Asesor

_0048

0048_48

unit

Black Box

2021

Pengujian

Pengujiann

Data

Validasi Data

SKPL-

PDHUPL

Kewajiban

Kewajiban

SIMDOS

SIMDOS

Pengujian

25 Juni

Khusus

Khusus BKD

_0049

0049_49

unit

Black Box

2021

Pengujiann

SKPL-

PDHUPL

Melihat Data

SIMDOS

SIMDOS

Pengujian

25 Juni

Pengujian

Report BKD

_0050

0050_50

unit

Black Box

2021

Menu Report

Pengujiann

Melihat Data

SKPL-

PDHUPL

Report

SIMDOS

SIMDOS

Pengujian

25 Juni

Kompetensi

_0051

0051_51

unit

Black Box

2021

Pengujiann

Melihat Data

SKPL-

PDHUPL

Report Status

SIMDOS

SIMDOS

Pengujian

25 Juni

BKD

_0052

0052_52

unit

Black Box

2021

Pengujian

SKPL-

PDHUPL

Melihat Data

SIMDOS

SIMDOS

Pengujian

25 Juni

Report LKD

_0053

0053_53

unit

Black Box

2021

Tabel 1 merupakan identifikasi kasus dan rencana pengujian pada SIMDOS. Terdapat

53 butir uji

yang akan diujikan dengan

bantuan

automation tools TestProject.

Kelas uji

merupakan menu yang terdapat pada SIMDOS sedangkan butir uji merupakan proses yang

akan diujikan dengan menggunakan jenis pengujian black box.

  • 4.2 Hasil dan Analisis Pengujian Sistem

Pengujian yang dilakukan pada Sistem Informasi Manajemen Dosen (SIMDOS) Universitas Hindu Indonesia (UNHI) berdasarkan fungsi yang sebelumnya telah didefinisikan di dalam SKPL (Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak) dan PHDUPL (Deskripsi, dan Hasil Uji Perangkat Lunak) terdapat 53 butir uji yang diujikan dengan menggunakan metode black box testing. Terdapat 2 butif uji yang tidak sesuai dengan harapan. Berikut merupakan hasil dasi pengujian yang telah dilakukan.

Tabel 2 Hasil Pengujian yang Tidak Sesuai

No

No Butir Uji

Nama Butir Uji

Yang Diharapkan

Pengamatan

Kesimpulan

1.

PDHUPL-SIMDOS-0020-20

Mengakses Menu Beban Kerja Dosen pada SIMDOS

Pengguna dapat mengakses menu Bebam Kerja Dosen dan penamaan tombol yang terdapat pada dashboard Profil BKD Dosen seharusnya menggunakann nama “Reload Data Diri”

Pengguna dapat mengakses menu Bebam Kerja Dosen, namun penamaan tombol pada dashboard Profil BKD Dosen menggunakann “Edit Data Diri” seharusnya “Reload Data Diri”

Tidak Sesuai

2.

PDHUPL-

Pengujian

Pengguna

dapat

Pengguna

dapat Tidak Sesuai

SIMDOS-

Validasi

melakukan

valisasi

melakukan

valisasi

0042-42

Data

data

jurusan

data

jurusan

Jurusan

pendidikan

dan

pendidikan,

namun

Pendidikan

tulisan pada halaman edit jurusan pendidikan yaitu “Edit Jurusan dan Bidang Ilmu”

pada menu validasi data         jurusan

pendidikan seharusnya     edit

jurusan pendidikan namun pada sistem validasi      jurusan

pendidikan berupa edit tahun ajar

Tabel 2 merupakan hasil pengujian yang tidak sesuai sebanyak 2 butir uji yang terdapat pada menu Beban Kerja Dosen dan Validasi Jurusan Pendidikan. Kesalahan terjadi karena penamaan tombol tidak sesuai dengan fungsi yang sebenarnya dan penamaan halaman tidak sesuai dengan hasil yang diharapkan.

  • 4.3 Rekomendasi Pengujian Sistem

Dasar penentuan perbaikan yang digunakan untuk memberikan rekomendasi perbaikan sistem yaitu berdasarkan pengujian dengan menggunakan metode black box testig [6].

Tabel 3. Rekomendasi Pengujian Sistem

No

No Butir Uji

Nama Butir Uji

Rekomendasi

1.

PDHUPL-SIMDOS-0020-20

Mengakses Menu

Beban      Kerja

Dosen     pada

SIMDOS

Tombol yang terdapat pada dashboard Profil BKD Dosen diganti dengan menggunakann nama “Reload Data Diri”

2.

PDHUPL-SIMDOS-0042-42

Pengujian Validasi

Data     Jurusan

Pendidikan

Tulisan pada halaman edit jurusan pendidikan yaitu “edit tahun ajar” diganti dengan “Edit Jurusan dan

Bidang Ilmu”

  • 5.    Kesimpulan

Pengujian dengan menggunakan metode black box testing dengan bantuan automation tools pada Sistem Informasi Manajemen Dosen (SIMDOS). Black box testing digunakan untuk mengetahui kesesuaian alur fungsi dengan bisnis proses yang diinginkan oleh pengguna. Terdapat 53 butir uji yang diujikan pada SIMDOS didapatkan 51 hasil pengujian yang sesuai dan 2 hasil pengujian yang tidak sesuai dengan harapan pengguna.

References

  • [1]    R. Wahyudi, E. Utami, and M. R. Arief, “Sistem Pakar E-Tourism Pada Dinas Pariwisata

D . I . Y Menggunakan,” J. Ilm. DASI, vol. 17, no. 2, pp. 67–75, 2016.

  • [2]    M. Sholeh, I. Gisfas, Cahiman, and M. A. Fauzi, “Black Box Testing on ukmbantul.com Page with Boundary Value Analysis and Equivalence Partitioning Methods,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1823, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1823/1/012029.

  • [3]    A. Utomo, Y. Sutanto, E. Tiningrum, and E. M. Susilowati, “Menggunakan Black Box Testing Boundary,” J. Bisnis Terap., vol. 04, no. 2, pp. 133–140, 2020.

  • [4]    W. N. Cholifah, Y. Yulianingsih, and S. M. Sagita, “Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 2, p. 206, 2018, doi: 10.30998/string.v3i2.3048.

  • [5]    U. Hanifah, R. Alit, and S. Sugiarto, “Penggunaan Metode Black Box Pada Pengujian Sistem Informasi Surat Keluar Masuk,” SCAN - J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 11, no. 2,

pp. 33–40, 2016, [Online]. Available:

http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/scan/article/view/643.

  • [6]    N. Luh Putri Ari Wedayanti, N. Kadek Ayu Wirdiani, and I. Ketut Adi Purnawan, “Evaluasi Aspek Usability pada Aplikasi Simalu Menggunakan Metode Usability Testing,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 7, no. 2, p. 113, 2019, doi: 10.24843/jim.2019.v07.i02.p03.