JITTER- Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer Vol. 2, No. 3 Desember 2021

Sistem Informasi Pendataan Bantuan Keuangan Khusus Free Wifi Bali Smart Island Berbasis Website

Panji Wiratama Santosoa1, I Nyoman Piarsaa2, Ni Made Ika Marini Mandennia3 aProgram Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana Bukit Jimbaran, Bali, Indonesia, telp. (0361) 701806

e-mail: 1[email protected], 2[email protected], 3[email protected]

Abstrak

Jaringan internet sangat diperlukan untuk dapat melakukan pemerataan pembangunan dan menyediakan fasilitas pendukung di semua bidang yang ada, baik di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, pariwisata dan lainnya. Pembangunan Bali Smart Island ini dirancang berdasarkan pengembangan infrastruktur jaringan teknologi informasi dan melalui penyikapan dinamika perubahan dengan pola pembangunan berencana, dengan tahap awal implementasi layanan wifi gratis pada seluruh objek wisata, desa adat, SMA, SMK, dan puskesmas di seluruh Provinsi Bali. Sistem Informasi Pendataan Bantuan Keuangan Khusus Bali Smart Island Berbasis website tersebut bertujuan untuk melakukan pendataan keuangan dan juga pemasangan wifi setiap daerah beserta mewujudkan kewajiban pemerintah yaitu mewujudkan keterbukaan informasi dan memiliki daya saing secara global. Sistem tersebut dirancang menggunakan framework laravel yang terdapat fitur seperti dashboard realisasi, dashboard wifi, master data detail realisasi dan master data wifi menggunakan database MySQL. Perancangan Sistem ini tentunya sangat diharapkan agar dapat membantu dalam mendata bantuan keuangan yang diselenggarakan oleh pemerintah provinsi Bali.

Kata kunci: Sistem Informasi, Website, Bantuan Keuangan Khusus, Laravel, MySQL

Abstract

The Internet network is very needed to carry out equitable development and provide supporting facilities in all fields, such as education, economy, health, tourism and others. Development of Bali Smart Island is designed based on development of information technology network infrastructure and through responding to dynamics of change with a planned development pattern, with early stages of implementing free wifi services in all tourist attractions, traditional villages, schools, and health centers throughout province of Bali. The Website-based Information Systems Bali Smart Island Special Financial Assistance aims to map finances along with installation of wifi in each region and to realize government's obligations, to realize information disclosure and have global competitiveness. This system designed using Laravel framework which contains features such as realization dashboard, wifi dashboard, master data detail realization and wifi. The design of this system is expected to assist in recording financial assistance provided by provincial government of Bali.

Keywords : Information Systems, Websites, Special Financial Assistance, Laravel, MySQL

  • 1.    Introduction

Pembangunan infrastruktur jaringan internet merupakan kewajiban pemerintah untuk mewujudkan keterbukaan informasi dan memiliki daya saing secara global. Akses internet diperlukan oleh masyarakat pada umumnya di wilayah desa yang memiliki peluang dalam suatu daerah, misalnya destinasi pariwisata dan juga potensi ekonomi sehingga dapat dikenal dalam dunia wisatawan lokal hingga internasional yang saat ini ingin menemukan lokasi wisata yang unik dan bervariatif [1]. Jaringan internet sangat diperlukan untuk melakukan pemerataan pembangunan dan menyediakan fasilitas pendukung di semua bidang, baik di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, pariwisata dan lainnya. Dalam bidang ekonomi contohnya, ketersediaan akses teknologi informasi dapat digunakan untuk mengenalkan dan memasarkan produk industri kreatif sehingga pelaku industri kreatif dapat terus berkembang. Dalam bidang

kesehatan, dapat digunakan untuk mendukung integrasi data dan mendukung sistem layanan kesehatan. Dalam bidang pariwisata, dapat digunakan untuk memudahkan pengenalan potensi wilayah dan masyarakat serta dapat meningkatkan standar layanan pariwisata.

Peningkatan akses teknologi informasi yang merata untuk seluruh masyarakat sangat diperlukan untuk mendapatkan pengalaman yang baru dalam mobile digital lifestyle secara realistik. Pelaku usaha kecil menengah diharapkan agar dapat memulai untuk melakukan pemanfaatan pada teknologi khususnya teknologi telekomunikasi agar dapat meningkatkan daya saing dan juga dapat memperluas koneksi maupun jaringan pemasarannya. Pembangunan Bali Smart Island ini dirancang berdasarkan pengembangan infrastruktur jaringan teknologi informasi dan melalui penyikapan dinamika perubahan dengan pola pembangunan berencana, melalui tahap awal yaitu melakukan implementasi layanan wifi yang gratis untuk seluruh objek wisata yang ada seperti, desa adat, SMA, SMK, dan juga puskesmas yang terdapat di seluruh Provinsi Bali. Pemerintah provinsi Bali merencanakan alokasi Bantuan Keuangan Khusus dengan jumlah 182 akses poin agar dapat mendukung dalam pemerataan akses informasi [2].

Aplikasi Pendataan Bantuan Keuangan Khusus Bali Smart Island Berbasis website bertujuan untuk untuk memetakan keuangan beserta pemasangan wifi setiap daerah dan mewujudkan kewajiban pemerintah, yaitu mewujudkan keterbukaan informasi dan memiliki daya saing secara global. Akses internet diperlukan untuk seluruh masyarakat di daerah pedesaan yang memiliki peluang di daerah, khususnya pada destinasi wisata hingga potensi ekonomi sehingga dapat dilirik hingga dunia internasional, dimana para wisatawan ingin menemukan lokasi wisata yang unik dan bervariatif. Melalui jaringan internet, maka masyarakat dapat memperoleh pengalaman mobile digital lifestyle, dan para pelaku usaha kecil menengah akan dapat memulai dalam melakukan pemanfaatan teknologi khususnya teknologi telekomunikasi untuk dapat meningkatkan persaingan dan juga dapat memperluas pemasaran dengan adanya jaringan.

  • 2.    Research Method

Penelitian ini dikajikan melalui proses yang diawali dari melalui studi literatur, melakukan perancangan dan pembuatan sistem, melakukan pengumpulan dan pengambilan data. Berikut dipaparkan metode penelitian dari Sistem Informasi Pendataan BKK Free Wifi Bali Smart Island ini.

  • 2.1    Use Case Diagram

Gambaran umum sistem dari Sistem Pendataan BKK Free Wifi Bali Smart Island dapat dijelaskan dalam Use Case Diagram yang dapat dilihat pada Gambar 1 berikut.

Gambar 1. Use Case Diagram

  • Gambar 1 merupakan Use Case dari Pendataan BKK Free Wifi Bali Smart Island. Terdapat tiga aktor atau user yaitu guest, super admin, dan admin kabupaten. Guest dapat

mengakses fitur dashboard grafik dan dashboard maps wifi. Admin Kabupaten dapat mengakses fitur login, dashboard grafik kabupaten, dashboard maps wifi kabupaten, master data maps wifi kabupaten, dan master data realisasi target kabupaten. Super Admin dapan mengakses fitur login, dashboard grafik, dashboard maps wifi, master data users, master data maps wifi, dan master data realisasi target.

  • 2.2    Perancangan Database

Perancangan pada Sistem Pendataan Bantuan Keuangan Khusus Free Wifi Bali Smart Island ini dirancangan menggunakan database MySQL untuk melakukan penyimpanan data. Tabel struktur PDM Sistem Pendataan Bantuan Keuangan Khusus Free Wifi Bali Smart Island dapat dijelaskan melalui Gambar 2 berikut.

Gambar 2. Perancangan Database

Gambar 2 merupakan peracangan database pada Sistem Pendataan Bantuan Keuangan Khusus Free Wifi Bali Smart Island yang terdiri atas 10 tabel yang saling berelasi diantaranya tb_realisasi_target, tb_detail_realisasi, tb_jenis_tempat, tb_user, tb_detail_wifi, tb_jenis_layanan, tb_kelurahan, tb_password_reset, tb_kecamatan, dan tb_kabupaten.

  • 2.3    Flowchart Program

Flowchart merupakan gambaran alur proses sistem Sistem Pendataan Bantuan Keuangan Khusus Free Wifi Bali Smart Island yang tentunya tidak terlepas dari rancangan Sistem. Flowchart Dashboard dari sistem Pendataan Bantuan Keuangan Khusus Free Wifi Bali Smart Island akan dijelaskan seperti pada Gambar 3 berikut.

Gambar 3. Flowchart Dashboard

Gambar 3 merupakan flowchart dashboard. Sistem membaca data realisasi target dari database. Kemudian sistem akan menampilkan data realisasi, target, jenis, id_kabupaten, tanggal pada dashboard. Apabila ingin melakukan filter data, maka dapat meng-input-kan nama kabupaten, bulan dan tahun, kemudian sistem membaca data realisasi target sesuai input-an dan akan menampilkan data realisasi target dari database sesuai dengan input dari pengguna sebelumnya. Apabila ingin melihat detail data grafik maka sistem akan membaca data realisasi target sesuai dengan grafik kabupaten yang dipilih, dan sistem akan menampilkan data realisasi target, jenis, id kabupaten, dan tanggal pada detail grafik.

Gambar 4. Flowchart Dashboard Maps Wifi

Gambar 4 merupakan flowchart dari Dashboard Maps Wifi. Flowchart tersebut diawali dari sistem mebaca data detail wifi dari database, kemudian akan ditampilkan data tempat, tanggal, keterangan, longitude, latitude, status, id kabupaten, nama kabupaten pada dashboard maps wifi. Apabila ingin merubah status wifi, maka sistem memeriksa status login dan apabila belum melakukan login maka sistem selanjutnya mengarahkan pada sub sistem login, dan apabila berhasil maka akan melanjutkan proses perubahan status wifi pada database.

Gambar . Flowchart Data Realisasi

Gambar merupakan Flowchart Data Realisasi. Flowchart tersebut diawali dari sistem membaca data detail realisasi dari database, kemudian akan ditampilkan data id, keterangan, tanggal, jumlah, harga, total, kabupaten. Apabila ingin menambahkan data baru, maka akan diarahkan ke sub sistem Insert detail realisasi. Apabila ingin mengubah data, maka akan diarahkan ke sub sistem Update detail realisasi sesuai dengan id data yang dipiih. Apabila ingin menghapus data, maka sistem akan menghapus data dari tabel detail realisasi sesuai dengan id yang dihapus dari database. Apabila ingin export data excel maka akan user dapat meng-input-kan tanggal mulai dan tanggal terakhir, kemudian sistem akan melakukan export excel data detail realisasi sesuai dengan tanggal mulai dan tanggal terakhir.

Gambar 6. Flowchart Data Wifi

Gambar 6 merupakan Flowchart Data Wifi. Flowchart tersebut diawali dari sistem membaca data detail wifi dari database, kemudian akan ditampilkan data tempat, tanggal, keterangan, latitude, longitutde, kabupaten, kelurahan, kecamatan, link mrtg dan status. Apabila ingin menambahkan data baru, maka akan diarahkan ke sub sistem Insert detail wifi. Apabila ingin mengubah data, maka akan diarahkan ke sub sistem Update detail wifi sesuai dengan id data yang dipiih. Apabila ingin menghapus data, maka sistem akan menghapus data dari tabel detail wifi sesuai dengan id yang dihapus dari database. Apabila ingin export data excel maka akan user dapat meng-input-kan tanggal mulai dan tanggal terakhir, kemudian sistem akan melakukan export excel data detail realisasi sesuai dengan tanggal mulai dan tanggal terakhir.

  • 3.    Literature Study

Penelitian ini terdapat kajian pustaka yang berisi tentang beberapa konsep dan teori terkait dalam penelitian yang dilakukan bersumber dari website, jurnal, dan buku.

  • 3.1    Website

Website adalah suatu kumpulan yang kompleks dalam suatu jaringan komputer yang cukup besar maupun kecil yang dapat saling berkomunikasi dengan menggunakan jaringan yang terdapat di seluruh dunia. Manusia pada umumnya dapat aktif dalam berpartisipasi, sehingga webiste tersebut dapat memberikan informasi yang tentunya akan sangat berharga bagi para benggunanya. Secara umum, website dapat dipahami sebagai sekumpulan halaman yang didalamnya terdapat berbagai laman yang menyediakan informasi yang luas melalui computerized seperti gambar, teks, maupun animasi yang disediakan oleh masing-masing web, sehingga dapat dengan mudah diakses oleh pengguna diseluruh dunia yang telah memiliki koneksi jaringan internet [3].

  • 3.2    MySQL

MySQL merupakan suatu Database Management System atau yang disingkat dengan DBMS, menggunakan perintah Structured Query Language atau yang dikenal dengan

singkatan SQL. MySQL banyak digunakan melalui perancangan maupun pembuatan suatu aplikasi yang dapat dibagi menjadi dua lisensi, yaitu Free Software yang merupakan suatu software yang dapat diakses oleh siapa saja, dan juga Shareware yang merupakan suatu software yang memiliki batasan oleh pengguna. MySQL dapat diartikan dalam istilah Relational Database Management System atau RDBMS, sehingga dapat menggunakan beberapa fitur dalam database seperti tabel, kolom, dan lain sebagainya yang terdapat dalam struktur database [4].

  • 3.3    Laravel

Laravel merupakan suatu kerangka kerja yang dapat digunakan dalam mengembangkan suatu aplikasi yang sangat kuat. Laravel dapat memudahkan dalam melakukan implementasi teknologi seperti ORM, dan arsitektur MVC dengan menggunakan question developer yang dapat digunakan dalam mengakses suatu informasi bernama premise information. Laravel memberikan penawaran suatu sistem yang sangat aman, dengan keunggulan yang miliki oleh kerangka kerja ini yaitu dokumentasi dapat dilakukan dengan mudah, ketahanan dan keamanan yang terjamin, kecepatan yang tinggi, hingga fleksibilitas dalam implementasi sistem menggunakan Laravel. Akan tetapi Laravel terdapat suatu kelemahan seperti bug yang didapatkan ketika melakukan implementasi sistem [ ].

  • 3.4    PHP

PHP merupakan suatu bahasa prearranging worker side yang digunakan untuk dapat melakukan pengembangan suatu website yang statis ataupun dinamis. PHP awalnya disebut dengan Personal Home Pages, yang kemudian di singkat Hypertext Pre-processor. Content yang terdapat dalam PHP tersebut terdiri dari kumpulan perintah pemrograman yang realisasikan pada saat aplikasi tersebut dijalankan. Istilah prearranging tersebut diartikan sebagai bahasa yang dapat menjalakan suatu skrip pada saat melakukan runtime. Sehingga jenis bahasa pemrograman ini nantinya merupakan suatu script/program yang akan dijalankan/diproses oleh worker [6].

  • 3.5    Sistem Informasi

Sistem informasi merupakan suatu sistem yang diciptakan oleh manusia yang didalamnya terdapat komponen dalam suatu organisasi dengan tujuan agar daoat mencapai suatu tujuan untuk dapat mengendalikan suatu organisasi secara kompleks. Sistem informasi adalah suatu eksposisi yang dapat menjalankan suatu fungsi dengan cara mengumpulkan, memproses, menyimpan, hingga menyebarkan suatu informasi dengan tujuan bersama. Berdasarkan defisini tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi merupakan suatu kumpulan komponen pendukung sistem yang dapat saling berintegrasi antara satu dengan yang lainnya agar dapat mencapai tujuan dari masing-masing organisasi [7].

  • 4.    Result and Discussion

Hasil dan pembahasan merupakan uraian dari hasil serta pembahasan penelitian yang dilakukan secara rinci mengenai perancangan perangkat keras dan perangkat lunak, serta uji coba sistem yang dilakukan dalam penelitian ini. Berikut merupakan tampilan dari Sistem Pendataan Bantuan Keuangan Khusus Free Wifi Bali Smart Island yang telah dirancang sebelumnya.

Gambar 7. Dashboard Grafik Realisasi Target

Gambar 7 merupakan tampilan Dashboard Grafik Ralisasi Target dari guest pada Sistem Pendataan Bantuan Keuangan Khusus Free Wifi Bali Smart Island. Tampilan tersebut terdapat beberapa fitur, diantaranya yaitu filter grafik, pilihan menu daintaranya target dan realisasi keuangan dan juga wifi, dan grafik dari target realisasi pada bulan saat ini.

Gambar 8. Dashboard Filter Grafik Realisasi Target

Gambar 8 merupakan tampilan Dashboard Filter Grafik Ralisasi Target pada Sistem Pendataan Bantuan Keuangan Khusus Free Wifi Bali Smart Island. Tampilan tersebut terdapat grafik yang telah dilakukan pencarian filter sesuai dengan input-an sebelumnya, yaitu kabupaten, bulan, dan tahun.

Bkkfreewifi i Balismartislano

□ Dashboard

⅛ Wirilvlaps


WELCOME

Detail Realisasi dan Target Keuangan di Kabupaten Badung Tahun 2021


Total Realisasi UangTahun ini

Rp 194,000.00


Total Target Uaog Tahuo ini

Rp 5,000,000.00


Rlalisasi target keuangan

Kabupaten Badung1Tahun 2021


5000000


4SOOOOO


4000000


3500000


3000000


2500000


2000000


1S00000


toooooo


500000


January


February


March



May


July


August


September


October


Nuvernber December


Datawifi

Kabupaten BadunglTahun 2021

Show___________ i

entries

NO.             KtTLRAHGAN


total                tanggal

4000                 2021-0106


Showing 1 to 1 of 1 entries

Gambar 9. Detail Realisasi dan Target

Gambar 9 merupakan tampilan Detail Realisasi dan Target pada Sistem Pendataan Bantuan Keuangan Khusus Free Wifi Bali Smart Island. Tampilan tersebut terdapat data yang ditampilkan yaitu total realisasi dan target tahun ini, dan terdapat grafik target dan realisasi dari tiap bulannya pada tahun tersebut.

Gambar 10. Dashboard Maps Wifi

Gambar 10 merupakan tampilan Dashboard Maps Wifi pada Sistem Pendataan Bantuan Keuangan Khusus Free Wifi Bali Smart Island. Tampilan tersebut terdapat beberapa fitur, diantaranya yaitu tampilan data wifi yang telah terpasang, total wifi aktif, dan total wifi belum aktif, terdapat fitur filter maps, tampilan maps yang terdapat marker lokasi dari tempat wifi tersebut, dan tabel data wifi yang telah terpasang dari tiap kabupaten.

Gambar 11. Login Admin

Gambar 11 merupakan tampilan Login Admin pada Sistem Pendataan Bantuan Keuangan Khusus Free Wifi Bali Smart Island. Tampilan tersebut terdapat input-an berupa email dan password dari akun admin yang sudah terdaftar, admin tersebut terdapat dua jenis yaitu super admin dan admin kabupaten.

Gambar 12. Master Data Detail Realisasi

Gambar 12 merupakan tampilan dari master data detail realisasi. Tampilan utama master data detail realisasi memiliki beberapa fitur seperti export data menjadi excel, melakukan tambah, sunting dan hapus data detail realisasi.

Gambar 13. Edit dan Tambah Data Detail Realisasi

Gambar 13 merupakan tampilan dari edit dan penambahan data detail realisasi dimana user perlu menginputkan keterangan, tanggal input, jumlah, harga, kabupaten, kecamatan, dan kelurahan untuk melakukan penambahan atau penyuntingan data pada detail realisasi.

Gambar 14. Master Data Detail Wifi

Gambar 14 merupakan tampilan master data detail wifi.Tampilan utama master data detail wifi memiliki beberapa fitur seperti export data menjadi excel, melakukan tambah, sunting dan hapus data detail wifi.

Gambar 1 . Edit dan Tambah Data Detail Wifi

Gambar 1 merupakan tampilan dari edit dan penambahan data detail wifi dimana user perlu meng-input-kan lokasi, tanggal input, keterangan, kabupaten, kecamatan, dan kelurahan, link mrtg untuk melakukan penambahan atau penyuntingan data pada detail wifi.

  • 5.    Conclusion

Perancangan Sistem Pendataan Bantuan Keuangan Khusus Free Wifi Bali Smart Island berbasis Web ini diharapkan dapat membantu dalam mendata bantuan keuangan yang diselenggarakan oleh pemerintah provinsi Bali. Sistem tersebut terdapat fitur yang dapat digunakan seperti dashboard realisasi, dashboard wifi, master data detail realisasi dan master data wifi. Sistem tersebut dirancang menggunakan framework laravel agar dapat memudahkan dalam pengembangan sistem dan juga dapat membantu dalam mengorganisir dan mengatur sumber daya website dengan mudah. Sistem tersebut menggunakan database MySQL untuk melakukan penyimpanan data, agar dapat dengan mudah dikelola menggunakan sistem informasi tersebut.

References

[ ] D. Wijonarko and F. W. S. Budi, “Implementasi Framework Laravel Dalam Sistem Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik Kota Malang,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik, vol. 2, no. 2, p. 3 , 2019, doi: 10.36 9 /jire.v2i2.116.

  • [6]    KM. S. Haryana, “Pengembangan Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Php,” Jurnal Computech &     Bisnis,     vol. 2, no. 1, pp. 14–21,     2008,

http://jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/74.

  • [7]    M. Manuhutu and J. Wattimena, “Perancangan Sistem Informasi Konsultasi Akademik Berbasis Website,” Jurnal Sistem Informasi Bisnis, vol. 9, no. 2, p. 149, 2019, doi: 10.214 6/vol9iss2pp149-1 6.