p-ISSN: 2301-5373

e-ISSN: 2654-5101

Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana

Volume 11, No 4. Mei 2023

Sistem Informasi Penjualan Banten Dan Sarana Upacara Adat Bali Berbasis Website

Ida Ayu Bintang Kartika Maharania1, I Ketut Gede Suhartana a2

aInforrmatics Departement, Udayana University Bali, Indonesia

1[email protected]

2[email protected]

Abstract

Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia. Bali dikenal dengan adat dan budaya yang masih menjadi daya tarik wisatawan selain pesona alam bali yang indah. Adat Istiadat dan budaya di Bali telah diwariskan dan dilestarikan dari generasi ke generasi. Upacara adat di bali kurang lengkap tanpa adanya sarana upacara. Sarana Upacara di Bali adalah Upakara. Di Bali Upakara dikenal dengan istilah Banten. Sebagian besar penjual banten dan sarana upacara di bali masih menggunakan sistem penjualan manual seperti pencatatan masih menggunakan kertas. Dengan menggunakan sistem komputerisasi seperti saat ini akan memudahkan pedagang melakukan transaksi dengan pelanggan dan memanajemen data

Keywords: Sistem, Banten, Bali, Website

  • 1.    Introduction

Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang terletak di antara pulau Jawa dan pulau lombok. Bali merupakan tujuan wisata Internasional yang seringkali dikenal oleh wisatawan internasional daripada Indonesia. Bali dikenal dengan adat dan budaya yang masih menjadi daya tarik wisatawan selain pesona alam bali yang indah. Adat Istiadat dan budaya di Bali telah diwariskan dan dilestarikan dari generasi ke generasi. Adat, budaya, sampai upacara yang unik di Bali inilah yang menjadi daya tari wisatwan yang berkunjung ke Bali. Upacara adat di bali kurang lengkap tanpa adanya sarana upacara. Sarana Upacara di Bali adalah Upakara. Di Bali Upakara dikenal dengan istilah Banten. Banten memiliki arti yaitu Wali. Maka Upakara Dewa Yadnya sering disebut Puja Wali. Wali yang berarti wakil mengandung pengertian Simbolis dan Filosofis, bahwa banten tersebut yang merupakan wakil dari pada isi alam semesta yang ciptakan oleh Hyang Widhi / Tuhan Yang Maha Esa.

Pada era globalisasi saat ini, banyak masyarakat menggunakan teknologi untuk kebutuhan hidup mereka sehari-hari. Salah satunya bagi perusahaan sampai dagang digunakan untuk transaksi dan pencatatan data barang yang dijual. Saat ini sebagian besar penjual banten dan sarana upacara di bali masih menggunakan sistem penjualan manual. Kekurangannya dengan sistem manual seperti pencatatan, pencarian stok barang masih manual menggunakan kertas dan memakan waktu yang lama serta rentan terjadi kesalahan. Dengan menggunakan sistem komputerisasi seperti saat ini sangat memudahkan perusahaan-perusahaan sampai pedagang untuk mencatat, mencari, menambah, mengurangkan stok barang dan memudahkan melakukan transaksi dengan pelanggan. Sistem ini dibuat untuk memudahkan penjual banten dan sarana upacara di Bali melakukan transaksi dengan pelanggan dan memanajemen data barang yang tersedia dengan mudah.

  • 2.   Reseach Methods

    2.1    Metode Pengumpulan Data

Dalam pengumpulan data dan informasi, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode, seperti berikut :

  • a.    Observasi

Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan cara melakukan penelitian ke pedagang-pedagang banten dan sarana upacara adat Bali.

  • b.    Studi Literatur

Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan cara mencari referensi-referensi yang ada dan sesuai dengan permasalahan yang akan dibahas untuk membantu membangun konsep-konsep dalam penulisan.

  • 2.2    Metode Pengembangan Sistem

Metode yang digunakan dalam sistem ini yaitu dengan menggunakan metode waterfall. Metode waterfall merupakan suatu jenis model pengembangan website dan termasuk ke dalam siklus hidup klasik atau classic life cycle, yang dimana menekankan fase yang sistematis dan juga berurutan. digambarkan seperti air terjun yang dimana setiap tahap dikerjakan secara berurutan dari atas ke bawah.

Berikut merupakan gamabaran dari metode waterfall :

Gambar 1. Metode Waterfall

  • 2.2.1    Analisis Kebutuhan Sistem (Requirements)

Tahap pertama pada metode waterall yaitu analisis kebutuhan sistem. Menganalisa kebutuhan sistem seperti hardware, software, informasi dan data pendukung. Dan menganalisis kegunaan sistem yang pengguna inginkan. Informasi yang diperoleh pada sistem ini yaitu, studi literatur, dan observasi. Pada tahap ini spesifikasi kebutuhan sistem didokumentasikan sebagai dasar untuk semua pengembangan di masa mendatang yang menghasilkan dokumen persyaratan untuk menentukan apa yang harus dilakukan aplikasi.

  • 2.2.2    Perancangan Sistem (Design)

Pada tahap perancangan sistem atau desain mencakup kepentingan desain teknis. memberikan gambaran jelas dan lengkap mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana tampilan dari suatu sistem yang diinginkan. Pada tahap ini juga akan berpusat pada perancangan interface sistem.

  • 2.2.3    Implementasi Sistem (Implementation)

Dalam tahap implementasi, akan dilakukan penulisan code program sistem. Dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman dan beberapa tools yang digunakan, sesuai dengan kebutuhan sistem. Tahap Implementasi membangun sistem sesuai dengan analisis kebutuhan pada tahap sebelumnya. Dan pada tahap ini juga akan dilakukan pemeriksaan lebih mendalam pada modul yang telah dibuat untuk memeriksa kelengkapan fungsi yang diinginkan.

  • 2.2.4    Pengujian Sistem (Verification)

Pada tahap pengujian sistem, akan dilaksanakan penggabungan modul-modul yang telah dibuat pada tahap implementasi. dan akan dilakukan pengujian sistem untuk mengevaluasi apakah sistem sudah sesuai dengan yang diinginkan atau masih ada kesalahan yang ada pada sistem. Dengan adanya tahap ini dapat menghindari terjadinya error, bug pada program sebelum sistem digunakan.

  • 2.2.5    Pemeliharaan Sistem (Maintenance)

Tahapan terakhir pada metode waterfall adalah tahap pemeliharaan. sistem yang sudah jadi akan dijalakan dan dipelihara untuk jangka panjang dan memastikan agar sistem berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

  • 3.    Result and Discussion

    3.1    Analisis Kebutuhan

Analisis kebutuhan sistem adalah suatu proses yang penting saat evaluasi program, dengan menganalisis kebutuhan sistem akan menghasilkan gambaran yang jelas kondisi yang nyata dengan kondisi yang diinginkan user. Berikut merupakan kebutuhan sistem dan pengguna pada website ini.

  • a.    Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak atau Software

Berikut merupakan software yang digunakan untuk merancang sistem, antara lain :

  • •    XAMPP digunakan sebagai web server

  • •    MySQL digunakan sebagai data server

  • •    Visual Studio Code digunakan sebagai text editor

  • •    Bootsrap digunakan sebagai Front – end website

  • •    Laravel digunakan sebagai Back – end website

  • b.    Analisis Kebutuhan Perangkat Keras atau Hardware

Berikut merupakan perangkat keras yang digunakan untuk merancang dan menjalankan sistem, antara lain :

  • •    Tipe Laptop : ASUS X415

  • •  Sistem Operasi : Windows 11

  • •  Processor : Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6

GHz)

  • •    RAM : 4GB

  • c.    Analisis Kebutuhan Pengguna

Pengguna yang dapat menggunakan sistem, yaitu :

  • •    Admin merupakan pengguna yang memiliki hak akses keseluruhan sistem seperti, mengelola data, mengontrol sistem, mengelola transaksi, laporan data penjualan, dan lain sebagainya.

  • •    Kasir merupakan pengguna yang hanya memiliki hak akses di beberapa fitur sistem seperti, mengelola data, mengelola transaksi, dan laporan data penjualan.

  • 3.2    Perancangan Sistem

Perancangan sistem merupakan gambaran lengkap mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana tampilan dari suatu sistem

  • 3.2.1    Use Case Diagram

Use case diagram merupakan suatu diagram yang digunakan untuk mendefinisikan kegiatan yang dapat dilakukan oleh sistem. use case diagram pada sistem ini diidentifikasikan dengan kegiatan aktor admin dan aktor kasir. Berikut merupakan gambaran use case diagram sistem.

Gambar 2. Use Case Diagram

  • 3.2.2    Entity Relationship Diagram (ERD)

Entity Relationship Diagram (ERD) adalah suatu diagram yang menggambarkan kebutuhan data dalam suatu sistem, digunakan untuk mempermudah tahap analisis dari kebutuhan data yang diperlukan dalam merancang sistem. Berikut merupakan gambaran Entity Relationship Diagram pada sistem ini.

Gambar 3. Entity Relationship Diagram

  • 3.2.3    Activity Diagram

    Activity diagram adalah suatu diagram yang digunakan untuk melakukan penggambaran visual pada alur sistem yang dibangun. Berikut gambaran activity diagram pada sistem ini.


    Gambar 4. Activity Diagram


    3.2.4 Design dan Tampilan Perancangan Website


Gambar 5. Prototype Website

  • 3.3    Implementasi Sistem

Implementasi merupakan tahap penulisan code program sistem. Dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman dan beberapa tools yang digunakan, sesuai dengan kebutuhan sistem. Berikut merupakan implementasi sistem :

a. Halaman Login

Pada halaman login, user memasukkan username dan password agar dapat mengakses sistem.

Gambar 6. Halaman Login

  • b.    Halaman Register

Pada halaman register, user akan memasukkan data diri dan membuat username dan password untuk dapat login ke sistem.

Nams *


Bintang

Confirm Password

Email ’

[email protected]

Belir Indonesia

NomorTeIepon

087885678990

* (Wajib diisi)


Register

Gambar 7. Halaman Register

  • c.    Halaman Dashboard

Pada halaman dashboard, akan menampilakan tanggal saat user mengakses sistem, dan menampilkan jumlah barang, jumlah stok barang, jumlah barang yang telah terjual, dan jumlah kategori barang.

Gambar 8. Halaman Dashboard


  • d.    Halaman Barang

Pada halaman barang terdapat data barang, yang dimana user dapat menambah barang, menghapus barang, dan mengupdate barang. Terdapat juga fitur sortir stok kurang yang akan menampilkan barang dengan stok yang berkurang maupun kosong.

Nama Barang

Bantan Pravascita

Gambar 9. Halaman Barang


Tipat Dampiil




e.


Halaman Kategori

Pada halaman kategori sama seperti halaman barang, dimana user dapat menambah kategori, menghapus kategori dan mengupdate kategori barang.

Gambar 10. Halaman Kategori


f.


Halaman Kasir

Pada halaman kasir, user dapat menginput barang yang dibeli oleh pembeli. Kemudian sistem menghitung total barang yang dibeli oleh pembeli. dan terdapat fitur bayar dan cetak bukti pembayaran yang akan menampilkan nota atau bukti transaksi setelah melakukan transaksi.

Gambar 11. Halaman Kasir


B/U

Oct 28, 2022                                                           Bintang

13:19:53

No. 1

PeJatI

1 × 40000                                                       Rp 40000

Banten Sodan

1× 10000                                                  Rp 10000

HiuilllilllllllllllllllllllllllHlllllllllllllllHllllllllHlllllllllllllllllllllllllllllllllllltllHlllHlHlllllllllllllllllllllKllHllHllllllllll

Total                                                                 Rp

Bayar(Cash)                                                   Rp 100000

Kembali                                                         Rp 50000

Gambar 12. Tampilan Nota

  • g.    Halaman Laporan Penjualan

Pada halaman laporan, terdapat laporan penjualan pada hari tersebut. Dan terdapat fitur cari laporan per bulan. User dapat mencari laporan per bulan dengan memilih bulan dan tahun. Dan user dapat export laporan penjualan dengan tipe file excel.

Gambar 13. Halaman Laporan

Gambar 14. Tampilan Fitur Cari Laporan Per Bulan

  • h.    Halaman Pengaturan

Pada halaman pengaturan, terdapat fitur kelola pengguna dan ganti password. Fitur kelola pengguna user akan menampilkan data diri user dan user dapat mengubah data diri. Fitur ganti password akan menampilkan username, password user dan user dapat mengubah username dan password.

Gambar 15. Halaman Pengaturan

  • 3.4 Pengujian Sistem

Pengujian sistem merupakan tahap pengujian sistem untuk mengevaluasi apakah sistem sudah sesuai dengan yang diinginkan atau masih ada kesalahan yang ada pada sistem.

Pada sistem ini pengujian sistem menggunakan pengujian Black-box testing.

Berikut hasil dari pengujian sistem ini.

Id

Penjelasan Pengujian

Hasil yang diinginkan

Hasil Pengujian

Kesimpulan

PS01

Pada halaman login user menginput username dan password kemudian menekan tombol login

Login dapat dilakukan dan sistem akan mengarahkan user pada halaman dashboard

Login sistem berhasil kemudian mengarahkan ke halaman dashboard

Sesuai dengan yang diharapkan

PS02

Pada halaman register user dapat register akun, dengan memasukkan nama, username, password, email, nomor handphone, dan alamat. Kemudian login sistem

Register dapat dilakukan dan sistem akan mengarahkan user pada login sistem

Register sistem berhasil kemudian mengarahkan ke halaman login sistem.

Sesuai dengan yang diharapakan

PS03

Pada halaman dashboard dapat mengakses data barang, stok barang,

Halaman dashboard dapat menampilkan jumlah barang, stok barang, jumlah kategori dan laporan

Halaman dashboard berhasil diakses dan menampilkan jumlah barang, stok barang, jumlah kategori, dan

Sesuai dengan yang diharapkan

kategori barang, laporan penjualan

penjualan pada hari tersebut

laporan penjualan pada hari tersebut

PS04

Pada halaman data barang terdapat fitur menambah, mengurangkan, dan mengupdate data barang

Halaman barang dapat menambahkan, mengurangkan, mengupdate data barang

Halaman barang berhasil menambakan, mengurangkan, mengupdate data barang

Sesuai dengan yang diharapkan

PS05

Pada halaman barang terdapat fitur sorting stok kurang dapat mensorting data yang berkurang

Halaman barang dapat mensorting data barang yang berkurang

Halaman barang berhasil mensortir data barang yang berkurang

Sesuai dengan yang diharapkan

PS06

Pada halaman kategori user terdapat fitur menambahkan, mengurangkan, mengupdate data kategori barang

Fitur yang ada pada halaman kategori dapat menambahkan, mengurangkan, mengupdate data kategori barang

Fitur yang terdapat pada halaman kategori berhasil menambahkan, mengurangkan, mengupdate data kategori barang

Sesuai dengan yang diharapkan

PS07

Pada halaman kasir terdapat fitur mencari barang yang nanti nya terdapat tombol keranjang yang menginput barang yang dipilih dan yang akan dibeli

Fitur mencari barang pada halaman kasir dapat menginput barang yang dipilih

Fitur mencari barang pada halaman kasir berhasil menginput barang yang dipilih

Sesuai dengan yang diharapkan

PS08

Pada halaman kasir terdapat fitur bayar dan cetak pemabayaran, dan setelah menekan tombol tersebut akan menampilkan nota

Fitur bayar dan cetak pembayaran pada halaman kasir dapat menampilkan nota pembelian

Fitur bayar dan cetak pembayaran pada halaman kasir dapat menampilkan nota pembelian.

Sesuai dengan yang diharapkan

PS09

Pada halaman laporan terdapat cari laporan perbulan dan setelah memasukkan hari, bulan, dan tahun sistem akan menampilkan data laporan penjualan

Fitur cari laporan penjualan perbulan dapat menamapilkan data laporan penjualan

Fitur cari laporan penjualan perbulan berhasil menampilkan data laporan penjualan.

Sesuai dengan yang diharapkan

PS10

Pada halaman pengaturan terdapat fitur kelola pengguna, dapat menampilkan

Fitur kelola pengguna dapat menampilkan dan mengubah data pengguna

Fitur kelola pengguna berhasil menampilkan dan mengubah data pengguna

Sesuai dengan yang diharapkan

dan mengubah data pengguna

PS11

Pada halaman pengaturan terdapat fitur ganti password, dapat menampilkan dan mengubah username dan password pengguna

Fitur ganti password dapat menampilkan dan mengubah username dan password pengguna

Fitur ganti password berhasil menampilkan dan mengubah username dan password pengguna

Sesuai dengan yang diharapkan

PS12

Tombol logout, user dapat keluar dari sistem

Saat menekan tombol logout dapat keluar dari sistem. Kemudian akan menmapilkan halaman login.

Saat menekan tombol logout berhasil keluar dari sistem. Kemudian menampilkan halaman login

Sesuai dengan yang diharapkan

Tabel 1. Pengujian Sistem

  • 4.    Conclusion

Sesuai dengan yang telah diuraikan diatas, maka kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut.

  • a.    Sistem informasi penjualan banten dan sarana upacara adat bali berbasis website dimaksudkan untuk membangun suatu sistem yang mempermudah pedagang banten dan sarana upacara adat bali dalam melakukan transaksi dengan pembeli dan memanajemen data barang.

  • b.    Dengan menggunakan sistem komputerisasi untuk menggantikan sistem manual sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang tepat dan efektif. Dan dengan sistem komputerisasi dapat mengurangi kelalaian dan kesalahan yang sering terjadi.

References

  • [1]    Hidayat, Rahmat, Siti Marlina, and Lila Dini Utami. "Perancangan sistem informasi penjualan barang handmade berbasis website dengan metode waterfall." Simnasiptek 2017 1.1. 175-183, 2017.

  • [2]    Pudjiarti, Eni, Dini Nurlaela, and Wina Sulistyani. "Sistem Informasi Penjualan Beras Berbasis Website." Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) 5.1. 62-74, 2019.

  • [3]    Ramadhan, Farhan, and Nuraini Purwandari. "Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada PT. Mustika Jati." Jurnal Sains Dan Teknologi 5.1. 43-57, 2018.

  • [4]    R.A. Adani, “Tahapan Pengembangan Perangkat Lunak dengan Metode Waterfall”, 29 December 2020. [Online]. Available: https://www.sekawanmedia.co.id/blog/metode-waterfall/. [2 October 2022]

  • [5]    A. Kesrasetda, “Memahami Makna Pentingnya Sarana Upacara Agama Hindu ( Banten )”,

06 February 2019. [Online]. Available:

https://kesrasetda.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/memahami-makna-pentingnya-

sarana-upacara-agama-hindu-banten-19. [1 October 2022]

724