p-ISSN: 2301-5373

e-ISSN: 2654-5101

Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana

Volume 9, No 1. Agustus 2020

Sistem Jaringan Informasi Akademik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Negara Berbasis Web

Ni Made Krisna Mahayunia1, I Ketut Gede Suhartanaa2, I Dewa Made Bayu Atmaja Darmawan3

aProgram Studi Teknik Informatika, Jurusan Ilmu Komputer, aFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Email : [email protected]1 , [email protected]2 , [email protected]3

Abstrak

Sistem Jaringan Informasi Akademik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Negara berbasis Web merupakan sistem yang pada intinya menampilkan semua informasi mengenai kegiatan dan program-program sekolah termasuk informasi dalam penilaian belajar siswa dan siswa juga dapat menyampaikan saran ataupun permasalahan yang berhubungan dengan kegiatan belajar-mengajar kepada pihak sekolah ataupun guru yang dimaksud. Publik atau masyarakat umum juga dapat mengetahui informasi mengenai sekolah dan kegiatannya dengan adanya sistem informasi berbasis web ini. Ruang lingkup sistem yang meliputi data kelas, data pelajaran, wali kelas, info sekolah dan data lainnya semua telah ditentukan oleh bagian urusan sekolah, jadi administrator hanya bertugas untuk menginputkan data yang telah disusun sebelumnya. Pembuatan sistem informasi berbasis web ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database server MySQL. Kedua bahasa pemrograman tersebut sering digunakan untuk membentuk web dinamis, karena kelebihan-kelebihan yang dimilkinya. Dengan adanya sistem ini diharapkan akan memudahkan penyampaian informasi dengan efektif dan efisien dan dapat memberikan kemudahan dalam berkomunikasi antara instansi dalam hal ini pihak sekolah kepada para siswa, wali/orangtua siswa, guru dan masyarakat umum dimanapun dan kapanpun sepanjang masih terhubung dengan fasilitas internet.

Kata Kunci: sistem. informasi. akademik. PHP. MySQL.

Abstract

Academic Information System in State High School 1 State Based Web, is a system that basically displays all information about school activities and programs including information in student learning assessments and students can also submit suggestions or problems related to teaching and learning activities to the school or the teacher in question. The public or the general public can also find out information about the school and its activities with the existence of this web-based information system.

The scope of the system which includes class data, lesson data, homeroom teacher, school info and other data have all been determined by the school's affairs department, so the administrator only has the duty to input the data that has been compiled beforehand. Making this web-based information system using the PHP programming language with a MySQL database server. Both of these programming languages are often used to form a dynamic web, because of the advantages it has. With this system it is expected to facilitate the delivery of information effectively and efficiently and can provide convenience in communicating between agencies in this case the school to students, guardians / parents of students, teachers and the general public wherever and whenever as long as they are still connected to internet facilities.

Keywords: system. information.academic.PHP.MySQL

  • 1.    Pendahuluan

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini telah banyak membantu kita untuk memperoleh informasi di berbagai bidang, salah satunya adalah dalam bidang pendidikan. Salah satu media penyampaian informasi yang paling sering digunakan yaitu melalui situs web.

Adanya teknolgi informasi yang berbasis web sangat memungkinkan untuk mengubah sistem informasi konvensional menjadi lebih baik dan menarik sehingga informasi yang ingin disampaikan pihak sekolah akan lebih cepat diterima oleh pelajar, guru, wali/orangtua siswa bahkan masyarakat umum.

Penyampaian informasi dan komunikasi SMA Negeri 1 Negara, baik kepada siswa maupun masyarakat umum saat ini masih dilakukan dengan cara memberikan pengumuman lewat papan pengumuman, pengeras suara, selebaran atau surat menyurat.

Ketidak-efektifan dan efisiensinya informasi dan komunikasi yang disampaikan, maka cara penyampaian informasi dan komunikasi dapat diatasi dengan cara merancang sebuah sistem informasi akademik berbasis web.

Melihat keunggulan yang dimiliki sistem informasi berbasis web jika diterapkan pada dunia pendidikan, maka dalam hal ini penulis ingin mengembangkan aplikasi web tersebut untuk selanjutnya agar bisa diterapkan atas dasar berbagai pertimbangan-pertimbangan berbagai hal mengenai pengamanan pengguna informasi dan isi informasi itu sendiri, yang pada akhirnya dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunanya.

  • 2.    Landasan Teori

    2.1.    Profil SMA Negeri 1 Negara

SMA Negeri 1 Negara adalah lembaga pendidikan formal dan merupakan sekolah SMA tertua di kabupaten Jembrana, provinsi Bali. SMA Negeri 1 Negara memenuhi syarat dan ditunjuk oleh pemerintah pusat sebagai Sekolah Rujukan.

Proses penghitungan nilai pada SMA Negeri 1 Negara-Bali menggunakan rumus penilaian yang telah ditentukan. Proses perhitungan mulai dilakukan pada saat pembuatan hasil belajar siswa adalah sebagai berikut:

Nilai total untuk tiap mata pelajaran dengan menggunakan rumus:

(TNT+ TNH + TTS) /3 + TAS

NT= -----------------

2

Gambar 1. Rumus Penilaian SMAN 1 Negara

Keterangan:

TNT: Total nilai tugas

TNH: Total nilai harian

TUS: Total nilai ujian tengah semester

TAS: Total nilai ujian akhir semester

NT : Nilai total untuk setiap mata pelajaran

  • 2.2.    Sistem Informasi

Pada dasarnya, sistem adalah sekumpulan elemen yang saling terkait dan saling berinteraksi atau terpadu yang dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan tertentu (Abdul Kadir, 2000). Elemen yang membentuk sebuah sistem adalah tujuan, masukan, keluaran, proses, mekanisme pengendalian dan umpan balik.

Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat yang tertentu, yaitu Komponen-komponen (Components), Batas sistem (Boundary), Lingkungan luar sistem (environments), Penghubung (interface), Masukan (input), Keluaran (output), Pengolah (process) dan Sasaran (objectives) atau Tujuan (goal).

Informasi adalah data yang telah di olah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang (Abdul Kadir, 2000). Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal datum atau data-item. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian-

kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu. Data merupakan bentuk yang masih mentah, belum dapat bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut. Data diolah melalui suatu model untuk dihasilkan informasi.

Dari defenisi sistem dan informasi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi mencakup sejumlah komponen (manusia, komputer, teknologi informasi, dan prosedur kerja), ada sesuatu yang diproses (data menjadi informasi), dan dimaksudkan untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan.

Sistem Informasi itu sendiri adalah serangkaian kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber daya (manusia dan komputer) untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (output) berupa informasi untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan tertentu.

  • 2.3.    Komponen Pendukung Internet

Pemakai internet dapat berkoneksi satu sama lain karena adanya komponen perangkat keras dan perangkat lunak tertentu, selain penyediaan pelayanan internet ISP (Internet Service Provider), seprti Modem (Modulation Demodulation) dan saluran komunikasi yaitu telepon.

Protokol komunikasi jaringan digunakan sebagai metode untuk melewatkan data keseluruh jaringan, dalam hal ini digunakan protokol TCP/IP dan protokol lain seperti Apllet Talk serta IPX.

Untuk menjalankan aplikasi internet seperti Electronic Mail (E-Mail), File Transfer Protocol, Web Browser dan lainnya diperlukan Internet Navigation Software, seperti Nescape Navigator atau Internet Explorer, membantu daya guna internet.

Internet Aplication Server berfungsi sebagai pengolah aplikasi internet sehingga dapat digunakan oleh user.

Pelayanan akses jaringan adalah layanan yang disediakan oleh Internet Service Provider untuk koneksi ke internet. Untuk perangkat keras, membutuhkan modem, router, DSU/CSU.

  • 2.4. PHP (Hypertext Preprocessor)

PHP merupakan bahasa pemrograman yang dirancang khusus untuk membentuk web dinamis, itu berarti PHP dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan tampilan terkini. Misalnya, kita dapat menampilkan isi database ke halaman web. Pada prinsipnya, PHP mempunyai fungsi yang sama dengan skrip-skrip seperti ASP (Active Server Page), Cold Fusion, ataupun Perl. Pada awalnya PHP dirancang untuk diintegerasikan dengan web server Apache. Namun belakangan dalam perkembangan selanjutnya PHP dapat juga bekerja dengan web server seperti PWS (Personal Web Server), IIS (Internet Information Server) dan Xitami.

Karena PHP merupakan pemrograman berbasis web, maka script-nya tidak terlepas dari tag HTML yang merupakan script dasar pembuatan halaman web. Script PHP dapat ditulis bersamaan dengan tag HTML atau dapat pula tanpa tag HTML.

  • 2.5.    Database (MySQL)

Database adalah kumpulan data yang terdiri dari beberapa tabel. Tabel adalah kumpulan data yang terdiri dari baris dan kolom. Database digunakan untuk menangani data yang banyak sehingga dalam penggunaannya memudahkan user untuk menambah data, mengedit, mencari data, menghapus data dan mem-backup data.

  • 2.6.    Web Server

Web Server yang digunakan dalam mengerjakan website menggunakan Apache server, berikut ini keterangan dari konfigurasi Apache server pada PHPTriad yang sering digunakan:

  • 1.    Server Name merupakan nama dari server yang akan digunakan. Defaultnya adalah localhost, kita dapat menggantinya sesuai dengan nama website kita.

  • 2.    Document Root merupakan direktori tempat untuk meletakkan file-file yang akan dieksekusi. Defaultnya adalah c:/apache/htdocs/.

  • 3.    Directory Index merupakan pengaturan nama file yang akan dianggap sebagai index, misalnya index.htm, index.html, default.php.

  • 4.    Addtype untuk mendukung ekstensi file yang ada. Misalnya untuk ekstensi file PHP3.

  • 3.    Metodelogi Penelitian

    3.1.    Perancangan Sistem

Arsitektur sistem menyediakan konteks darimana keputusan yang lebih rinci dilakukan pada tahap selanjutnya. Dengan membuat keputusan peringkat tinggi yang dapat diaplikasikan pada sistem secara terbatas, perancang/analisis sistem membagi-bagi permasalahan ke dalam subsistem-subsistem sehingga pekerjaan selanjutnya dapat dikerjakan oleh orang lain yang bekerja secara mandiri pada subsistem-subsistem yang berbeda.

2.4. System Development Life Cycle (SDLC)

System development life cycle dapat dianggap sebagai kerangka kerja formal tertua metodologi yang membangun system informasi. Ide utama dari SDLC adalah untuk “mengejar pengembangan system informasi dalam cara yang terstruktur dan metodis, yang mengharuskan tahap life cycle dari mulai ide awal sampai pada pengiriman tahap final system, untuk dilaksanakan secara beraturan”. Salah satu tipe SDLC yang paling awal dan paling banyak digunakan adalah metode Waterfall.

Waterfall method sering dianggap sebagai pendekatan klasik dengan siklus hidup pengembangan sistem. Pembangunan dengan metode Waterfall memiliki tujuan yang berbeda untuk setiap fase pembangunan. Setelah fase pembangunan selesai, hasil pembangunan ke tahap berikutnya dan tidak ada jalan kembali.

  • 3.2.    Perangkat Keras

Adapun perangkat keras yang digunakan sebagai pendukung dalam menjalankan sistem informasi akademik ini yaitu:

  • •    Processor Intel Pentium M 735 A (1,73 Ghz)

  • •    Monitor 14,1” WXGA TFT LCD

  • •    Memory 256 MB DDR2 SDRAM

  • •    Harddisk 60 GB

  • •    Modem 56 k

  • •    LAN 10/100 Base T

  • 3.3.    Perangkat Lunak

Perangkat lunak yang digunakan dalam sistem informasi akademik ini adalah PHP, Apache 2.0 dan MySQL adalah web application server yang menghasilkan HTML (HyperText Markup Language) berbasis script yang ditulis oleh para developer, PHP merupakan bahasa script serverside yang memperkenankan developer tingkat pemula maupun tingkat mahir membuat aplikasi lengkap untuk dijalankan melalui web. Apache 2.0 digunakan sebagai web server untuk menampung semua permintaan (request) terhadap halaman web yang mengandung script PHP. Sedangkan MySQL yaitu suatu aplikasi yang digunakan untuk merancang basis data.

  • 3.4.    Konteks Diagram (context diagram)

Diagram (context diagram) akan menggambarkan aliran data secara umum pada sistem di mana hanya ada satu proses pada level ini. Rancangan proses sistem pada Diagram Alir Data (DAD) level konteks digambarkan seperti gambar 1 di bawah ini:

Gambar 2. Diagram Konteks(context diagram)

Dari gambar di atas, terlihat bahwa dalam level ini hanya ada satu proses yaitu sistem informasi akademik di SMA N 1 Negara dengan menggunakan PHP dan MySQL. Ada 4 entitas utama yang terlibat yaitu Bidang urusan sekolah yang memberikan data pelajaran, kelas, wali siswa, agenda, berita dan info sekolah, Guru yang memberikan data guru, saran siswa dan nilai siswa, Siswa yang memberikan data siswa dan saran siswa selanjutnya Wali siswa yang memberikan data wali/orangtua siswa.

  • 3.5.    Diagram Alir Data Level 0

DAD level konteks akan dikembangkan lebih dalam lagi untuk memperjelas dan menambah detail aliran data dan proses pada sistem. Pengembangan tersebut menghasilkan Diagram Alir Data (DAD) level berikutnya yaitu DAD level 0. Proses ini kita analisis dan pecah menjadi beberapa bagian yang merupakan sub-proses dari proses utama.

Penjelasan Gambar:

  • 1.    Proses pertama merupakan proses pemasukkan data pelajaran yang akan disimpan ke dalam tabel data_pelajaran.

  • 2.    Proses kedua adalah proses pemasukkan data kelas yang akan disimpan ke dalam tabel data_kelas.

  • 3.    Proses ketiga adalah proses pemasukkan data info sekolah yang akan disimpan ke dalam tabel info sekolah.

  • 4.    Proses keempat adalah proses pemasukkan data berita yang akan disimpan ke dalam tabel berita.

  • 5.    Proses kelima adalah proses pemasukkan data wali kelas, dimana data-datanya juga diambil dari tabel data_guru, data_kelas dan akan disimpan ke dalam tabel wali_siswa.

  • 6.    Proses keenam adalah proses pemasukkan data agenda yang akan disimpan ke dalam tabel agenda.

  • 7.    Proses ketujuh adalah proses pemasukkan data buku tamu yang akan disimpan ke dalam tabel berita.

  • 8.    proses kedelapan adalah proses pemasukkan data guru, dimana data-datanya juga diambil dari tabel data_pelajaran dan akan disimpan pada tabel data_guru.

  • 9.    Proses kesembilan adalah proses pemasukkan data test, dimana data-datanya juga akan diambil dari tabel data_guru, data_siswa, data_pelajaran dan data_kelas untuk selanjutnya akan disimpan pada tabel data_test.

  • 10.    Proses kesepuluh adalah proses pemasukkan data siswa yang akan disimpan ke dalam tabel data_siswa.

  • 11.    Proses kesebelas adalah proses pemasukkan data wali/orangtua siswa, dimana data-datanya juga akan diambil dari tabel data_siswa untuk selanjutnya akan disimpan pada tabel data_test.

  • 12.    Proses keduabelas adalah proses pemasukkan data saran siswa, dimana data-datanya juga akan diambil dari tabel data_guru dan data_siswa untuk selanjutnya akan disimpan pada tabel saran_siswa.

  • 13.    Proses ketigabelas adalah pembentukkan laporan atau informasi yang berfungsi untuk menampilkan semua informasi yang didapat dari tabel-tabel yang sesuai.

Gambar 3. Diagram Alir Data (DAD) Level 0

  • 3.6.    Perancangan Basis Data

Perancangan database dilakukan supaya isi web dapat diorganisir dan dirawat dengan baik. Dalam pembuatan Sistem Informasi Akademik di SMA N 1 Negara Bali Dengan Menggunakan PHP dan MySQL, menggunakan 13 tabel, yaitu:

  • 1.    Tabel admin

  • 2.    Tabel data_guru

  • 3.    Tabel data_siswa

  • 4.    Tabel data_pelajaran

  • 5.    Tabel data_kelas

  • 6.    Tabel data_test

  • 7.    Tabel wali_siswa

  • 8.    Tabel saran_siswa

  • 9.    Tabel info_sekolah

  • 10.    Tabel agenda

  • 11.    Tabel berita

  • 12.    Tabel buku_tamu

  • 13.    Tabel ortu_siswa

  • 3.7.    Relasi Antar Tabel

Dari hasil perancangan basis data yang ada, dibuat hubungan atau relasi tabel satu dengan yang lainnya

*

Primary Key

**        Foreign Key

-* One To One Relationship

One To Many Relationship

Gambar 4. Relasi Antar Tabel

  • 4.    Hasil dan Pembahasan

    4.1    Form Admin

  • 1.    Login Admin

Admin bertugas untuk menginputkan data serta memiliki username dan password yang melindungi menu admin agar tidak sembarang user bisa mengakses menu ini. Halaman yang akan ditemui pertama kali admin adalah halaman login.

Login Admln

Username

π

Password

1

[ Login ] [ Reset ]

Γ HOME ] r W-ALI SIS4WA ] [ GURU 1 [ SISWA ] [ GALLERY 1

Gambar 5. Halaman Login Admin

  • 2.    Input Data Guru

Penginputan data guru adalah hal pertama yang dilakukan oleh admin. Data guru ini nantinya akan diakses juga untuk data nilai, data wali dan data guru bidang studi.

  • 3.    Lihat Data Guru

Pada form ini admin dapat melihat semua data guru yang telah diinputkan ke dalam tabel data_guru.

  • 4.    Edit Data Guru

Pengubahan dan penghapusan data guru dapat dilakukan pada menu ini.

  • 5.    Input Data Siswa

Setelah menginputkan data guru, maka proses pemasukkan data selanjutnya yang dilakukan admin adalah pemasukkan data siswa.

  • 6.    Lihat Data Siswa

Pada form ini admin dapat melihat semua data siswa yang telah diinputkan sebelumnya

  • 7.    Edit Data Siswa

Menu ini digunakan oleh admin untuk mengubah ataupun menghapus data siswa yang ada pada tabel data_siswa.

  • 8.    Mengisi Wali Kelas

Pada halaman ini admin dapat menginputkan data wali kelas untuk tiap-tiap tahun ajaran. Pada proses ini data guru yang telah diinputkan terlebih dahulu akan diakses untuk pengisian data wali kelas.

  • 9.    Lihat Wali Kelas

Menu ini ini digunakan admin untuk melihat data wali kelas yang telah diinputkan pada tabel wali_siswa.

  • 10.    Edit Wali Kelas

Pada menu ini admin dapat mengubah ataupun menghapus data wali kelas yang ada pada tabel wali_siswa.

  • 11.    Isi Data Orangtua Siswa

Pada halaman ini admin dapat menginputkan data orangtua siswa. Wali/orangtua siswa adalah salah satu user yang dapat mengakses data nilai.

  • 12.    Edit Data Orangtua siswa

Admin pada halaman ini dapat melakukan pengubahan dan penghapusan data wali/orangtua siswa.

  • 13.    Isi Data Pelajaran

Admin dapat mengisikan data pelajaran yang diambil siswa pada form ini. Data yang dimasukkan adalah kode pelajaran dan nama pelajaran.

  • 14.    Edit Data Pelajaran

Pengeditan dilakukan jika terjadi kesalahan pengisian data. Pada menu ini admin dapat melakukan pengubahan atau penghapusan data.

  • 15.    Isi Info Sekolah

Pada form ini admin dapat mengisikan data info sekolah. Tampilan Info sekolah berfungsi untuk memperkenalkan kepada user semua hal mengenai sekolah dan fasilitas yang ada didalamnya.

  • 16.    Edit Info Sekolah

Proses edit data dilakukan jika terdapat kesalahan pengisian data atau ada data yang tidak digunakan lagi dan harus dihapus. Pada form ini admin juga dapat meng-upload gambar untuk melengkapi teks.

  • 17.    Tambah Data Kelas

Penambahan data kelas dapat dilakukan oleh admin pada menu ini. Data kelas akan diakses pada penginputan data nilai.

  • 18.    Edit Kelas

Pengeditan data dapat dilakukan admin pada menu ini, pengeditan data dilakukan jika ada kesalahan pengisian data.

  • 19.    Isi Nilai

Pada form ini admin hanya akan menginputkan data siswa yang yang akan diinputkan nilainya, data guru pengajar, data kelas, nama mata pelajaran dan tahun ajaran. Sedangkan untuk nilai siswa penginputan data dilakukan oleh guru pengajar yang telah ditentukan sebelumnya.

  • 20.    Lihat Nilai

Admin dapat melihat semua data nilai siswa yang telah disimpan pada tabel data_test pada form ini, termasuk data yang nilainya sudah diinputkan atau yang belum.

  • 21.    Edit Nilai

Form ini digunakan admin untuk mengedit nilai siswa. Namun form ini hanya sebagai pelengkap pada menu ini. Karena pengeditan nilai hanya dilakukan oleh guru pengajar yang berhak. Admin bisa mengedit nilai siswa jika guru pengajar yang bersangkutan tidak dapat menjalankan tugasnya.

  • 22.    Lihat Artikel

Pada form ini admin dapat melihat data artikel sekolah yang telah diinputkan kedalam tabel berita.

  • 23.    Edit Artikel

Form ini digunakan oleh admin untuk menambahkan, mengubah dan menghapus data artikel sekolah.

  • 24.    Isi Agenda

Form ini digunakan oleh admin untuk memasukkan data agenda sekolah.

  • 25.    Edit Agenda

Pengeditan data dilakukan jika terjadi kesalahan pada pengisian data.

  • 26.    Edit Buku Tamu

Pada form ini admin hanya dapat melakukan proses pengeditan data karena buku tamu adalah hak semua user dan bersifat publik.

  • 4.2 . Form Guru

  • 1.    Login Guru

Guru adalah salah satu user pada Sistem Informasi Akademik Berbasis Web di SMAN 1 Negara. Selain itu guru juga bertugas untuk menginputkan nilai siswa dan menjawab pertanyaan siswa yang ditujukan guru yang dimaksud.

  • 2.    Isi Nilai Siswa

Pada form ini guru dapat menginputkan nilai siswa sesuai dengan kelas dan, tahun ajaran dan bidang studi yang telah ditentukan sebelumnya.

  • 3.    Lihat Nilai Siswa

Pada form ini guru dapat melihat semua nilai siswa yang disimpan pada tabel data_test.

  • 4.    Jawab Pertanyaan Siswa

Pada form ini guru dapat menjawab pertanyaan siswa yang ditujukan kepada guru tersebut. Selain menjawab, pertanyaan siswa juga dapat dihapus. Penghapusan dilakukan jika terdapat kesalahan pengisian data, atau terdapat kalimat yang tidak sepantasnya.

Jawab PeiJanvaan Siswa

NIS1 Nama             Pertanyaan NIP Tanggapan Pioses

107 Sekar Ayu             pak nilai saya belum keluar 201 cek lagi, mbak, ρiye to? JawabZHapus

109 I Putu Gede Astci Juliartha pak nilai saya belum keluar 201 coba cek lagi JawabZHapus

[MenuTJtamal [Isil⅞u Siswaj [LiliatNilai Siswa] [GantiPasswordI [Keluar]

Gambar 6. Halaman Jawab Pertanyaan Siswa

  • 5.    Ganti Password

Form ini akan digunakan oleh guru untuk mengganti data passwordnya. Penggantian password terkadang perlu dilakukan jika password lama telah diketahui oleh orang lain dan untuk menjaga data poses ini perlu dilakukan.

  • 6.    Logout Guru

Menu ini digunakan jika guru ingin keluar dari menu guru.

  • 4.3    Form Siswa

  • 1.    Login Siswa

Untuk mengakses menu siswa, siswa harus memasukkan username dan password terlebih dahulu.

  • 2.    Lihat Nilai

Pada halaman ini siswa dapat mengetahui nilainya untuk setiap mata pelajaran dan kelas pada masing-asing semester. Ada dua tampilan nilai yang disediakan, yaitu tampilan nilai permata pelajaran dan tampilan nilai perkelas.

Nilai Siswa Perkelas

Naina             I Putu Gede Asta Juliartha

NIS            109

Jenis Kelaituu     Laki

Mata Pelajaran ini ditempuh siswa pada:

Kelas                Ic

T ahun Aj aran       2003/2004

Naina Pelajaran

Semester 1

Semester 2

Nilai

Haiiau

lugas

Nilai Tengah Semester

NilaiAHih

Semester

Nilai Total

Nflai Haiiau

Nilai Tugas

Nilai Tengah Semester

NilaiAHiii Semester

Nilai

Total

Akuntansi

0

87

89

0

29.33

0

0

0

0

0.00

Bhs Inggns

100

inn

100

99

99 50

77

78

90

89

85.33

Bhs Daerah Bali

87

n

76

75

77.67

92

65

81

0

39.6?

Bhs Indonesia

66

SS

78

79

78.17

78

75

76

84

80.17

Penjaskes

80

74

88

82.50

86

0

87

SS

72.83

[Kembali] [GantiPassword] [Keluar]

Gambar 7. Tampilan Nilai Siswa Perkelas

  • 3.    Kirim Pesan

Pada form ini siswa dapat menyampaikan pertanyaan pada guru yang dipilih. Pertanyaan tersebut dapat berupa masalah nilai ataupun pelajaran. Nomor induk siswa dan nama siswa secara otomatis akan muncul pada form isian. Hal ini untuk mengantisipasi adanya pemalsuan identitas siswa.

  • 4.    Lihat Pesan

Pada form ini siswa dapat melihat pertanyaan yang telah diinputkan beserta jawaban dari guru.

  • 5.    Ganti Password

Password yang diinputkan pertamakali oleh admin dapat siswa ganti pada menu ini.

  • 6.    Logout Siswa

Menu ini berfungsi untuk mengkahiri data sessi siswa pada menu siswa.

  • 4.4    Form Wali/Orangtua Siswa

  • 1.    Login Wali/Orangtua Siswa

Wali/Orangtua siswa merupakan salah satu user pada sistem web ini. Data wali/orangtua siswa akan diinputkan oleh admin dan harus di cocokkkan dengan data siswa.

Data Siswa

NIS

109

Nama

I Putu Gede Asta Juliaitlia

JK

Laki

Tempat Lahir

Yelieinbang

Tanggal Lahir

24 0 7-1984

Alamat

Gg.Kaιιtil.

B antul. Yo gy ak ai t a

Kota

Bantul

Angkatan

2002

Nama Orang Tua

W ayan Astawa

UserID

wayan

Password

astawa

[Nilai Siswa

[Ganti Password! [Keluar!

Gambar 8. Halaman Menu Utama Wali/orangtua Siswa

  • 2.    Lihat Nilai Siswa

Untuk mengetahui prestasi anaknya disekolah wali/orangtua siswa dapat mengakses nilai siswa. Data nilai yang dapat diakses hanya data nilai siswa anak. Halaman nilai ini hanya akan ditampilkan perkelas.

  • 3.    Ganti Password

Pada form wali/orangtua siswa dapat mengganti password lamanya. Penggantian password dilakukan jika password lama telah diketahui oleh orang lain sehingga untuk menjaga kerahasiaan data proses penggantian perlu dilakukan.

  • 4.    Logout Wali/Orangtua Siswa

Menu ini berfungsi untuk mengkahiri data sessi wali/orangtua siswa pada menu wali/orangtua siswa.

  • 5.    Kesimpulan Dan Saran

    5.1.    Kesimpulan

Dari penjelasan yang telah dilakukan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan yaitu dapat dirancangnya sistem jaringan informasi akademik di sekolah menengah atas negeri 1 negara berbasis web dengan meggunakan PHP dan Mysql dengan menggunakan metode System Development Life Cycle

  • 5.2.    Saran

  • 1.    Dalam pengembangan web ini nantinya diharapkan dapat menampilkan nilai raport siswa termasuk juga untuk menentukan ranking kelas.

  • 2.    Untuk kedepannya guru dapat meng-upload bahan kajian/materi pelajaran, sehingga siswa yang memerlukan dapat men-download materi pelajaran tersebut dengan mudah.

  • 3.    Tampilan menu dan interface pada tiap halaman lebih dikembangkan lagi sehingga memudahkan user dalam penggunaannya. Akhirnya penulis berharap semoga laporan skripsi ataupun aplikasinya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh pihak-pihak yang membutuhkan.

  • 6.    Daftar Pustaka

  • [1]    Abdul Kadir, Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP, 2002, Penerbit ANDI, Yogyakarta

  • [2]    Hakim S. Rachmad, 2002, Tips dan Trik Adobe Photoshop 7.0, Elex Media Komputindo, Jakarta

  • [3]    Jogiyanto, HM.,1989, Analisis dan Desian Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

  • [4]    M. Syafii, 2004, Membangun Aplikasi Berbasis PHP dan MySQL, Penerbit ANDI, Yogyakarta

  • [5]    Wahyono, Teguh, PHP TRIAD Fundamental(Memahami Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL dalam 24 Jam), Penerbit GAVA MEDIA, Yogyakarta

11