Vol. 7, No.1, April 2014

ISSN 1979-5661

Jurnal Ilmiah Ilmukomputcr Universitas Udayana

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS OBYEK WISATA BALI BERBASIS APLIKASI MOBILE DENGAN REPRESENTASI DATA SPASIAL MENGGUNAKAN XML SVG

Ida Bagus Gede Dwidasmara

Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Email : [email protected]

ABSTRAK

Penelitian ini dikosentrasikan pada pembuatan sebuah sistem yang mengintegrasikan teknologi aplikasi mobile dengan Sistem Informasi Geografis menggunakan SVG dan SVG Tiny sebagai representasi data spasial peta dengan model data vektor, sehingga sistem yang dihasilkan diharapkan dapat dipergunakan sebagai pusat informasi pariwisata dengan dukungan pemetaan digital lokasi wisata. Sistem yang dibangun dapat dipergunakan pada aplikasi internet seperti web dan mobile device, sehingga pengguna mendapatkan informasi secara real-time dari server Web-GIS.

Kata kunci : Sistem Informasi Geografis, Garfik 2D XML SVG, Aplikasi Mobile, Perjalanan Wisata

ABSTRACT

Research would be concentrating on creating a system which will integrating mobile application to the Geographic Information System using SVG and SVG Tiny as the map spatial data representation with vector data model, in the hope that the resulting system would be able to be used as the main tourism information, with the use of digital mapping. The already built system can then be applied on the internet such as web and mobile device, so that all the users can gather a real time information from the Web-GIS server.

Keyword : Geographic Information System, 2D Graphic XML SVG, Mobile Application, Tourism Trip

PENDAHULUAN

Melihat perkembangan teknologi mobile dan internet, dimana hampir sebagian orang sudah memanfaatkan teknologi ini, dan kemampuan sebuah handphone yang sudah mampu mengakses layanan internet, sehingga memungkinkan data dan informasi dapat diakses dengan cepat dan kapan saja. Data dan informasi yang dipublikasikan di internet tidak hanya data tekstual melainkan data visual seperti Sistem Informasi Geografis (SIG). Perkembangan SIG sangat pesat hingga tahun 90-an, arsitektur GIS difokuskan pada lingkungan standalone (statis). Arsitektur ini telah diubah agar aplikasi GIS pada workstation berubah menjadi aplikasi GIS pada mobile device (Solyman, 2006). Untuk mempresentasikan data spasial pada SIG ke dalam format web yang mampu dibaca oleh

mobile divice diperlukan beberapa cara, salah satunya adalah dengan cara mempresentasikan data spasial tersebut ke dalam bentuk XML, yang disebut dengan SVG (Scalable Vector Graphics).

SVG (Scalable Vector Graphics) merupakan format file baru untuk menampilkan gambar dalam pengembangan web yang berbasis XML (eXtensible Markup Language). SVG berfungsi untuk menampilkan gambar 2 dimensi ke dalam kode XML (w3c, 2009). Kemampuan SVG tidak hanya terbatas pada lingkup web, tetapi bisa diimplementasikan pada mobile device dengan nama SVG Tiny (SVGT). Selama ini informasi wisata yang dipublikasikan di dunia internet dan aplikasi mobile lebih banyak berupa informasi tekstual, informasi spasial seperti peta digital yang mampu menunjukan posisi suatu lokasi dan informasi obyek wisata

belum banyak dipublikasikan dan diterapkan pada aplikasi mobile. Melihat hal tersebut maka akan dibangun sebuah Sistem Informasi Geografis yang mampu memberikan informasi secara lengkap obyek wisata yang akan atau sudah dikunjungi, letak dan posisi objek wisata. Tetapi bukan hanya itu saja, mengingat kemampuan yang dimiliki SVG dan SVG Tiny yang mampu diimplementasiakan pada mobile device dan dapat mempresentasikan data vector pada sebuah peta, maka sistem yang akan dibangun akan dapat digunakan pada aplikasi mobile (smart phone) yang mendukung koneksi via internet untuk dapat dipakai oleh wisatawan untuk mengetahui obyek-obyek wisata dan informasi tentang pariwisata tersebut dapat dilalui secara real-time.

TINJAUAN PUSTAKA

Sistem Informasi Geografis

Geografi adalah informasi mengenai permukaan bumi dan semua obyek yang berada diatasnya, yang menjadi kerangka bagi pengaturan dan pengorganisasian bagi semua tindakan selanjutnya. GIS adalah teknologi untuk mengelola, menganalisis dan menyebarkan informasi geografis. GIS (Geographic Information System) adalah sistem yang berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan data dan memanipulasi informasi geografis. GIS tersusun atas konsep beberapa lapisan (layer) dan relasi (Azis dan Pujiono, 2006).

Sistem Informasi Geografis memiliki beberapa definisi, seperti : Sistem Informasi Geografis adalah sebuah tool yang untuk memproses data spasial ke dalam sebuah informasi, dimana informasi terikat secara eksplisit, dan digunakan untuk membuat suatu keputusan (Demers, 1997). Diambil dalam arti luas, sebuah Sistem Informasi Geografis adalah pengaturan atau procedure berbasis komputer atau manual yang digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi data referensi geografis (Aronoff, 1989).

Model Data SIG

SIG juga memiliki model data spasial, data spasial merupakan data mengenai objek-objek atau unsur geografis (baik di bawah, di atas dan dipermukaan bumi) yang dapat diidentifikasi dan mempunyai acuan lokasi berdasarkan sistem koordinat tertentu atau bergeoreferensi (Yousman, 2004). Dalam Sistem Informasi Geografis terdapat dua model data spasial (Gambar 1), yaitu :

  • 1.    Model data vektor, model data ini mewakili setiap fitur sebagai baris dalamsebuah tabel, fitur dan bentuk ditetapkan oleh lokasi x,y dalam sebuah ruang.

  • 2.    Model data raster, model data yang mewakili fitur sebagai matriks sel pada sebuah ruang. Setiap lapisan merupakan satu atribut. Biasanya data raster ini dinyatakan dengan grid atau sel (baris, kolom).

    Gambar 1. Perbandingan Model Data Vektor dengan Raster (Harmon dan Anderson, 2003)


Scalable Vector Graphics (SVG)

SVG adalah sebuah bahasa untuk menggambarkan grafik dua dimensi dan berbagai aplikasi grafis dalam bentuk XML. SVG adalah platform untuk grafik dua dimensi. SVG memiliki dua bagian : format file XML-based dan pemrograman API untuk aplikasi grafis. Fitur utama berisikan shapes, teks, dan grafik raster, dengan berbagai gaya penggambaran. SVG mendukung bahasa script seperti ECMAScript dan juga komperhensif mendukung untuk animasi (W3C, 2004).

SVG merupakan produk bebas royalti, vendor netral yang dikembangkan di bawah standar W3C. Telah didukung industri yang kuat dapat dilihat dari hasil survey spesifikasi SVG yaitu termasuk Adobe, Agfa, Apple, Canon, Corel, Ericsson, HP, IBM, Kodak, Macromedia, Microsoft, Nokia, Sharp dan Sun Microsystems. SVG Viewers telah disebarkan ke lebih dari 100 juta desktop, dan terdapat berbagai dukungan banyak authoring tool (W3C, 2004).

Seperti bahasa pemrograman yang ada, SVG yang merupakan turunan dari XML juga memiliki standar struktur dokumen. Untuk mendeklarasikan sebuah dokumen SVG, pertama-tama yang harus dilakukan adalah penulisan header XML dan deklarasi DOCTYPE. Contoh dari struktur dokumen SVG, seperti gambar 2.

1 <?xml Version=rrI. O "?>

2  <!DOCTYPE svcf PUBLIC "-//U3C//DTD SVG 1.0∕∕EN"

3 "http://www.w3.org/TR/2001/REC-SVG-20010904/DTD/svgl0.dtd"> 4 <≡vg width="140" height="170">

5 <title>Cat<∕title>

6 <de≡c>Stick Ficrure of a Cat<∕de≡c>

8    .

  • 9 <∕svg>

Gambar 2. Struktur Dokumen SVG

SVG Mobile

SVG mobile dibuat untuk memenuhi permintaan dari komunitas pengembang SVG, agar bentuk SVG dapat menampilkan grafik vektor pada perangkat mini. Selain itu, misi dari SVG 1.0 diperuntukan khusus untuk perangkat mini sebagai area target untuk tampilan grafik vektor. Sehingga untuk memenuhi permintaan ini, kelompok kerja SVG telah berkomitmen dan berupaya untuk membuat spesifikasi SVG untuk perangkat mobile. Tetapi mengingat perangkat mobile memiliki karakteristik yang berbeda dalam

hal kecepatan CPU, memori ukuran, dan warna yang mendukung, maka dikeluarkan dua jenis turunan SVG untuk mobile, pertama SVG Tiny (SVGT) cocok untuk perangkat mobile yang sangat terbatas, kedua SVG Basic (SVGB) ditujukan untuk tingkat yang lebih tinggi untuk perangkat mobile (W3C, 2003).

PostGIS

PostGIS merupakan salah satu ekstensi PostgreSQL untuk spasial database. PostGIS dikembangkan oleh Refactions Research Inc, sebagai proyek penelitian teknologi database spasial. PostGIS dibuat untuk mendukung fungsionalitas penting GIS, termasuk berisikan dukungan penuh OpenGIS, konstruktur topologi lanjutan (jangkauan, permukaan, dan jaringan), tool antarmuka pengguna berbasis desktop untuk menampilkan dan merubah data GIS, dan tool berbasis web (Ramsey, 2008).

Spesifikasi             OpenGIS

mendefinisikan dua standar untuk mengekspresikan objek spasial, diantaranya Well-Known Text (WKT) dan Well-Known Binary (WKB), baik WKT dan WKB berisikan informasi tentang tipe dari objek dan koordinatnya, adapun contoh WKT, seperti di bawah ini :

  •    POINT(0 0)

  •    LINESTRING(0 0,1 1,1 2)

  •    POLYGON((0 0,4 0,4 4,0 4,0 0),(1

  • 1,    2 1, 2 2, 1 2,1 1))

  • •  MULTIPOINT(0 0,1 2)

  •    MULTILINESTRING((0 0,1  1,1

2),(2 3,3 2,5 4))

  •    MULTIPOLYGON(((0 0,4 0,4 4,0 4,0 0),(1 1,2 1,2 2,1 2,1 1)), ((-1 -1,1 -2,-2 -2,-2 -1,-1 -1)))

GEOMETRYCOLLECTION(POIN

T(2 3),LINESTRING((2 3,3 4))) Data WKT di atas bisa dimanipulasi menjadi data WKB dengan menggunakan :

  • •   bytea WKB = asBinary(geometry);

  • •   text WKT = asText(geometry);

  • •  geometry = GeomFromWKB(bytea

WKB, SRID);

  • •   geometry                      =

GeometryFromText(text WKT, SRID);

Untuk  memanipulasi data dari WKT

menjadi WKB diperlukan SRID (spatial referencing system identifier). OpenGIS juga memerlukan format penyimpanan internal

untuk objek spasial termasuk Spatial Referencing System Identifier (SRID). SRID ini diperlukan ketika membuat objek spasial untuk dimasukkan dalam database

(Ramsey, 2008).

Gambaran Umum Sistem yang Dibangun

Secara garis besar sistem yang dibangun merupakan SIG berbasiskan clientserver terdiri dari tiga sistem, satu aplikasi server berbasiskan web dan dua aplikasi client yang berbasiskan web dan aplikasi mobile. Gambar 2 menunjukan arsitektur SIG yang dibangun. Pada sisi server, sistem akan melakukan manipulasi data spasial dan nonspasial beserta perhitungan pencarian jalur terpendek dengan Algoritma Dijkstra dan analisis jarak lokasi pariwisata dengan jalan. Data spasial

disimpan dalam database PostgreSQL berupa data Well-Known Binary (WKB) yang nantinya akan diolah menjadi tampilan visual berupa peta oleh aplikasi server dalam format XML SVG dan SVGT untuk mobile. Format SVG digunakan karena mampu mendukung representasi data spasial vektor dan dapat diakses melalui aplikasi berbasiskan web dan mobile. Pada sisi client, aplikasi dibagi menjadi dua, sistem yang berbasiskan web dengan dukungan AJAX untuk mengirim request ke server secara asynchronous dan aplikasi mobile dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman JAVA (J2ME) configuration CLDC, profile MIDP dengan dukungan JSR 226 untuk dukungan grafik 2D SVG, serta menggunakan kXML sebagai parser response XML dari server (Gambar 3).

Gambar 3. Arsitektur Sistem yang Dibangun


Diagram Use Case Server

Gambar 4. menggambarkan bahwa aplikasi ServerMap memiliki tiga entitas aktor (pengguna), yaitu Administrator merupakan pengguna level tertinggi yang memiliki akses penuh terhadap aplikasi yang berinteraksi dengan uses case : menambah peta, mengubah peta, menghapus peta, mengubah lokasi wisata, upload photo wisata, menampilkan detail wisata, mencari

lokasi wisata, mengubah jalan, mencari jalan, menentukan jalan satu arah, mengubah layer administrasi, mencari layer administrasi. Sedangkan dua entitas aktor yang lain merupakan client dari ServerWeb yang akan mengakses data dari piranti client ke server. Aktor ini hanya dapat menampilkan informasi peta, pencarian rute terpendek dan informasi wisata.

Mengubah Jalan

Mor.-,a-∣ J* a -

MM i U

• "Jl I t I Jt Ji.

Mf-zan

IΠΠWM

CnenlLMan Ja an



Gambar 4. Diagaram Use Case Server

Diagram Basis Data Sistem

Dalam Sistem Informasi Geografis adanya data merupakan satu hal yang sangat penting, data yang digunakan dibagi menjadi dua jenis, yaitu data spasial dan non-spasial. Data spasial berupa data geometri yang diperlukan sistem untuk merepresentasikan sebuah peta digital. Sedangkan data nonspasial merupakan data pendukung berupa tekstual atau gambar bukan peta yang dapat menjelaskan objek atau layer-layer pada peta. Melihat dari kebutuhan fungsional dari sistem yang dibangun, maka diperlukan beberapa data baik spasial maupun nonspasial, seperti :

  • 1.    Data Spasial, sistem yang dibangun akan menampilkan peta dengan layer

administrasi, jalan dan lokasi wisata. Peta yang digunakan dalam sistem tidak hanya satu melainkan lebih dari satu.

  • 2.    Data Non-Spasial, selain data spasial sistem juga membutuhkan beberapa informasi tambahan yang dapat memberikan informasi kepada pengguna, informasi yang dibutuhkan adalah informasi lokasi wisata baik berupa deskripsi dari lokasi maupun koleksi photo-photo lokasi wisata.

Dari data-data yang diperlukan tersebut, dapat dirancang sebuah rancangan basis data yang menggambarkan atribut dan relasi antar tabel, adapun rancangan basis data dapat dilihat pada Gambar 5.

MapRef

PK

map id

map_name map_scale


Data Spasial (Geometri)

Administrasi

PK

gid

FK1

label ttιe-geom nιapjd


Jalan

PK

gid

FK1

label forbid the_geom map_id


LokasiWisata

PK

gid

FK1

label description the_geom mapjd


MatriksKetetanggaan

PK

id

FK1

n αdeA node0 distance mapJd


User

PK

username

passward datejogin cookie


PhotoObjekWisata

PK

photo id

FK1

photo_file description

gid


  • Gambar 5. Diagram Basis Data Sistem

Aplikasi Server Map

Aplikasi Server digunakan untuk memenejemen data spasial dan non-spasial, baik menambah, mengubah maupun menampilkan atau merepresentasikan data spasial dalam database menjadi tampilan peta digital, serta melakukan perhitungan jalur terpendek dari data spasial jalan yang ada pada peta. Aplikasi Server hanya dapat di akses oleh pengguna administrator yang memiliki hak akses masuk ke dalam aplikasi. Penguna ini dapat menambahkan dan menghapus peta, menambahkan layerlayer peta dan informasi non-spasial lainnya.

Aplikasi Web Client (Client Map)

Aplikasi Web Client (WebMap) merupakan aplikasi client yang berbasis web untuk mengakses data dan informasi baik data spasial berupa layer-layer peta dan data non-spasial dari Server Sistem Informasi Geografis (ServerMap). Hampir sebagian besar script pembentuk aplikasi web ini menggunakan JavaScript dengan teknologi AJAX, yang hanya melakukan request dan menerima response dari server, jadi aplikasi ini tidak melakukan proses pembuatan peta ataupun pembacaan langsung dari database server. Aplikasi ini hanya sebatas

menampilkan response dari aplikasi server, semua manipulasi data spasial dan nonspasial dilakukan sepenuhnya oleh server (Gambar 6).

Gambar 6. Aplikasi Web Client

Aplikasi Mobile Client (Mobile Map)

Aplikasi Mobile Client (MobileMap) merupakan aplikasi pada sisi client untuk me-request data dan informasi dari server, hampir sama dengan aplikasi Web Client tetapi aplikasi ini berjalan di perangkat mobile seperti ponsel. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pengguna mengakses peta dimana saja dan kapan saja secara real-time, dan digunakan sebagai sistem pendukung keputusan untuk menentukan jalur-jalur yang harus dilalui untuk menuju lokasi wisata (Gambar 7).

Gambar 7. Aplikasi Mobile Client

Kesimpulan

Sistem Informasi Geografis berbasis SVG untuk wisata di Bali dengan dukungan aplikasi mobile telah berhasil dirancang dan diimplementasikan. SIG yang dibangun merupakan sistem client-server, terdiri dari satu Web Server (ServerMap) dan dua aplikasi client : Web Client (WeMap) dan Mobile Client (MobileMap). Sistem yang dibangun berhasil melakukan konversi data spasial Well-Known Binary (WKB) pada database PostgreSQL menjadi gambar peta digital dengan format XML SVG dan SVG Tiny pada sisi server. Pada sisi aplikasi Web Client diterapkan teknologi AJAX untuk melakukan request data ke server dan menerima response dari server. Sedangkan pada aplikasi Mobile Client, digunakan Java Spesification Request (JSR) 226 untuk menampilkan peta 2D SVG Tiny pada layar piranti mobile, Generic Connection Framework (GCF) untuk melakukan koneksi ke server, MIDlet untuk membuat tampilkan antarmuka pengguna, kXML untuk melakukan parsing response XML dari server dan melakukan penyimpanan data dengan MIDP RMS API.

Daftar Pustaka

Aronoff, S., 1989, Geographic Information System : a Management perspective, WDL Publications.

Buckey, D.J., 2009, Bgis Introduction to GIS, Bio Diversity GIS, http://bgis.sanbi.org/gis-primer/page_16.htm <Diakses 08 Mei 2009>.

Cho, I., 2006, Web-tier Programming Codecamp II, Sun Microsystems. Inc.

Demers, M.N, 1997, Fundamentals of Geographic Information Systems. John Wiley and Sons.

Eisenberg, J. D., 2002, SVG Essentials, O’Reilly.

ESRI, 2009, Data Types anda Models, http://www.gis.com/implementing_gi s/data/data_types_and_model.html <Diakses 08 Mei 2009>.

Harmon, J. E., dan Anderson, S. J., 2003, The Design and Implementation of Geographic Information Systems, John Wiley & Son, Inc., Hoboken, New Jersey.

Hui, L., 2006, Design and Implement a Cartographic Client Application For Mobile Devices using SVG Tiny and J2ME, Stuttgart.

Januar, M.A, 2008, Pengantar Scalable Vector Graphics (SVG), IlmuKomputer.com.

Kemp, K. K., 2008, Encyclopedia of geographic information science, SAGE Publications, Inc, California.

Laurini, R., dan Thompson, D., 1992, Fundamentals of Spatial Information Systems, Academic Press, San Diego.

Liu, J., 2002, Mobile Map: A Case Study in the Design & Implementation of a Mobile Application, Carleton University, Canada.

PostgreSQL, 2008, PostgreSQL 8.3.7 Documentation, PostgreSQL Global Development Group, University of California.

Powers, M., 2005, Getting Started with Mobile 2D Graphics for J2ME, Sun Microsystems, Inc, http://developers.sun.com/mobility/m idp/articles/s2dvg/ <Diakses 06 Mei 2009>

Prahasta, E., 2005, Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis, Informatika, Bandung. Ramsey, P., 2008, PostGIS 1.3.5 Manual, Refactions Research, Inc.

Riesterer, J., 2007, Introduction to Topographic Maps, GeoSTAC, http://geology.isu.edu/geostac/Field_ Exercise/topomaps/grid_assign.htm <Diakses 08 Mei 2008>.

Solyman, A. A., 2006, Mobile map -Technology for Application, Deutsch Gesellschaft Fuer Technische Zusammenarbeit (GTZ), http http://www.gisdevelopment.net/techn ology/mobilemapping/solypf.htm <Diakses : 28 November 2008>.

Sunjaya, H., 2008, Sistem Informasi Geografis Wisata Kuliner, Tesis Program Magister Ilmu Komputer

Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sun Microsystems, 2009, Java ME Tecnology - Mobile Services Architecture, http://java.sun.com/javame/technolog y/index.jsp <Diakses 06 Mei 2009>

W3C, 2003, Mobile SVG Profile : SVG Tiny and SVG Basic, http://www.w3.org/TR/2003/REC-SVGMobile-20030114/ <Diakses 26 April

W3C, 2009, Scalable Vector Graphics (SVG), http://www.w3.org/Graphics/SVG/ <Diakses 26 April 2009>

Yousman, Y., 2004, Sistem Informasi Geografis dengan MapInfo Professional, Andi Offset, Yogyakarta.

Yuan, M. J., dan Sharp, K., 2004, Developing Scalable Series 40 Applications : A Guide for Java Developers, Addison Wesley Professional.