Authors:

Ni Putu Diah Antari Suwawi

Abstract:

“Artikel ini berjudul “Analisis Setting pada Kuroshitsuji “. Penelitian ini menganalisis intrinsik elemen dalam sebuah manga (komik Jepang). Manga dewasa ini sudah sangat terkenal di seluruh penjuru dunia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan urutan setting (latar) yang terjadi dalam Noah Ark Circus di Kuroshitsuji, serta menemukan detil pada setiap urutan setting dalam Noah Ark Circus. Data yang berjudul Kuroshitsuji diambil dari www.kuroshitsuji.org dalam bentuk gambar (jpg file). Penelitian ini menerapkan metode penelitian perpustakaan dan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori yang diusulkan oleh Kenney (1966) dalam bukunya How to analyze Fiction, serta didukung oleh teori Diyanni (2001) dalam bukunya Literature: Reading Fiction, Poetry and Drama. Dalam Noah Ark Circus terdapat 9 setting yang dikunjunggi secara berurutan oleh tokoh utama, dimulai dari (1) Scotland Yard’s File Room, (2) Undertaker’s Shop, (3) The Show of the Noah Ark Circus, (4) Town House, (5) The Backstage Area of the Circus, (6) Baron Kelvin’s Mansion, (7) Train Station, (8) Workhouse, and (9) Phantomhive Mansion. Tipe setting pada semua urutan di Noah Ark Circus adalah tipe setting Neutral. Seting yang digambarkan paling detil adalah Baron Kelvin’s Mansion, sedangkan seting yang tak memiliki banyak detil adalah Phantomhive Mansion.”

Keywords

Keyword Not Available

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/sastra/full-29297

Published

2021-11-09

How To Cite

ANTARI SUWAWI, Ni Putu Diah. The Analysis of Setting in Kuroshitsuji.Humanis, [S.l.], v. 19, n. 1, mar. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: https://jurnal.harianregional.com/sastra/id-29297. Date accessed: 12 Apr. 2024.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

Vol 19 No 1 (2017)

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License