Estimasi Model Seemingly Unrelated Regression (SUR) dengan Metode Generalized Least Square (GLS)

Avatar of jurnal

Analisis regresi adalah suatu metode yang digunakan untuk menentukan hubungan sebab-akibat antara variabel satu dengan variabel lainnya. Analisis regresi berkenaan dengan studi ketergantungan satu variabel yaitu variabel terikat, pada satu atau lebih variabel bebas. Selain untuk melihat hubungan antara variabel bebas (independent variable) dengan variabel terikat (dependent variable), analisis regresi juga bertujuan untuk melihat kontribusi relatif dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat dan melakukan prediksi terhadap nilai dari variabel terikat dengan variabel bebas yang diketahui.

Model Seemingly Unrelated Regression (SUR) berisi G persamaan yang berhubungan karena adanya galat di antara persamaan yang berbeda. 2. Korelasi kesebayaan (contemporaneous correlation) adalah ukuran hubungan antara galat dari G persamaan yang berbeda pada waktu yang sama. 3. Penduga Generalized Least Square (GLS) adalah sebagai berikut: 4. Metode Penelitian Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yaitu data mengenai permintaan bensin dunia dari beberapa negara yang tergabung dalam OECD. Parameter model SUR dapat diestimasi dengan

Metode Kuadrat Terkecil (MKT) digunakan untuk mengestimasi masing-masing persamaan secara terpisah. 2. Galat yang diperoleh dari MKT digunakan untuk mengestimasi varians-kovarians. 3. Matriks varians-kovarians digunakan untuk mengestimasi parameter model SUR. 4. Uji Lagrange Multiplier digunakan untuk mengetahui korelasi kesebayaan.

Model SUR digunakan untuk mengestimasi varians dan kovarians dari data. -Model SUR metode GLS akan menghasilkan galat yang lebih kecil daripada penggunaan MKT apabila terdapat korelasi antara galat pada persamaan yang berbeda.

Download
Full Article

Last Updated on 23 Januari 2023

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Previous Post

GROWTH AND YIELD OF BENGGALA GRASS (Panicum maximum cv. Trichoglume) PLANTED WITH THE LEGUM OF Alysicarpus vaginalis IN DIFFERENT N, P AND K FERTILIZERS DOSAGE

Next Post

Eksistensi Pasar Tradisional Beringharjo terhadap Perkembangan Pariwisata Yogyakarta