Authors:

Ika Yulia Darma, Silvi Zaimy

Abstract:

“Latar Belakang : .Menjelang persalinan, ibu hamil akan merasakan nyeri akibat kontraksi rahim yang semakin lama semakin kuat. Sebagian ibu ada yang bisa tahan dengan nyeri persalinan, namun ada pula ibu bersalin yang merasa sangat kesakitan saat persalinan. Masasse effluerage dan deep back masasse salah satu alternatif non farmakologi yang yang dapat digunakan dalam intervensi manajemen nyeri ibu bersalin yang mudah diaplikasikan. Tujuan :memaparkan efektifitas kombinasi masasse effluerage dan deep back masasse terhadap penurunan nyeri persalinan. Metode Penelitian :Jenis penelitian Quasy Experimental dengan rancangan one group pretest and posttest design. Sebanyak 24 ibu bersalin kala I fase aktif dengantingkat nyeri sedang - berat dipilih dengan metode purposive sample untuk studi ini, dikelompokan sebagai berikut kelompok kombinasi, kelompok dengan masasse effluerage dan kelompok deep back masasse. Penelitian ini dilakukan di PMB Sariguti, PMB Harti candra dan PMB Nurhaida. Hasil : Setelah dilakukan intervensi kelompok kombinasi terbukti efektif terhadap nyeri persalinan dengan nilai rerata lebih tinggi dibandingkan kelompok masasse efluerage dan kelompok deep back masasse, secara statistik deskriptif diperoleh rerata penurunan nyeri sebesar 3,66 ± 0,516 dengan signifikansi p value 0,000 ( p < 0,05). Kesimpulan : kombinasi metode masasse effluerage dan kelompok deep back masasse efektif terhadap penurunan nyeri ibu bersalin. Intervensi ini dapat digunakan sebagai penatalaksanaan manajemen nyeri ibu bersalin di praktik bidan mandiri maupun di klinik bersalin. Kata kunci : Masasse Effluerage , Deep Back Masasse, Nyeri Persalinan”

Keywords

: Masasse Effluerage, Deep Back Masasse, Nyeri Persalinan

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/eum/full-92394

Published

2022-11-23

How To Cite

DARMA, Ika Yulia; ZAIMY, Silvi. Efektivitas Kombinasi Masasse Effluerage dan Deep Back Masasse Terhadap Penurunan Nyeri Persalinan Kala I Fase Aktif.E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 11, n. 11, p. 46-49, nov. 2022. ISSN 2303-1395. Available at: https://jurnal.harianregional.com/eum/id-92394. Date accessed: 26 Apr. 2024. doi:https://doi.org/10.24843/MU.2022.V11.i11.P08.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

Vol 11 No 11 (2022): E-Jurnal Medika Udayana

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License