Authors:

Yoseph Yos Sudarso Anastasio Rany, Gerianta Wirawan Yasa

Abstract:

“ABSTRAK Pada masa sekarang ini isu tentang penerapan good corporate governance merupakan suatu hal yang penting bagi perusahaan karena diharapkan dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tentang pengaruh penerapan corporate governance terhadap kinerja operasional perusahaan. Variabel penerapan corporate governance menggunakan hasil survei yang dilakukan oleh IICG (The Indonesian Institute of Corporate Governance) berupa CGPI (Corporate Governance Perception Index). Variabel kinerja operasional perusahaan menggunakan ROE (Return On Equity). Selain itu, penelitian ini juga menggunakan komposisi aktiva perusahaan, kesempatan pertumbuhan dan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. Penentuan sampel penelitian berdasarkan metode purposive sampling dan terdapat 77 perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang mengikuti survei IICG pada tahun 2007-2011 yang menjadi sampel penelitian. Analisis data menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,951 jauh diatas tingkat signifikansi yang ditentukan yaitu 0,05, hal ini menyimpulkan bahwa penerapan corporate governance yakni CGPI tidak berpengaruh signifikan terhadap ROE. Kata kunci: corporate governance, corporate governance perception index (CGPI) dan return on equity (ROE)”

Keywords

corporate governance, corporate governance perception index (CGPI) dan return on equity (ROE)

Downloads:

Download data is not yet available.

References

References Not Available

PDF:

https://jurnal.harianregional.com/akuntansi/full-1981

Published

2012-11-09

How To Cite

YOS SUDARSO ANASTASIO RANY, Yoseph; WIRAWAN YASA, Gerianta. PENGARUH PENERAPAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP RETURN ON EQUITY (ROE).E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 1, n. 1, nov. 2012. ISSN 2302-8556. Available at: https://jurnal.harianregional.com/akuntansi/id-1981. Date accessed: 20 Apr. 2024.

Citation Format

ABNT, APA, BibTeX, CBE, EndNote - EndNote format (Macintosh & Windows), MLA, ProCite - RIS format (Macintosh & Windows), RefWorks, Reference Manager - RIS format (Windows only), Turabian

Issue

Vol 1 No 1 (2012)

Section

Articles

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License